WRITING THERAPY TERHADAP PENURUNAN CEMAS PADA REMAJA KORBAN BULLYING

Galih Mahendra Wekoadi, Moh. Ridwan, Angga Sugiarto

Abstract


Bullying merupakan salah satu fenomena sosial yang sering terjadi di masyarakat, baik pada anak-anak, remaja, bahkan usia dewasa sekalipun. Kejadian bullying sangat bermacam-macam seperti pukulan fisik, pelecehan verbal, penyebaran gosip, pengucilan maupun penggunaan sosial media untuk mengirimkan berita buruk. Salah satu permasalahan pada korban bullying adalah cemas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas writing therapy terhadap penurunan cemas pada remaja korban bullying di SMP Negeri 2 Kledung Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design dengan metode Non Equivalent Control Grup Design pre-test post-test. Responden dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang diambil dengan metode purposive sampling dan dibagi menjadi 2 yaitu kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Pengukuran kecemasan dalam penelitian ini menggunakan skala ukur cemas HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Intervensi writing therapy dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan selama 4 pekan. Setiap pertemuan membutuhkan waktu 35 menit yang terbagi atas 4 sesi.  Hasil penelitian menunjukan writing therapy efektif dalam menurunkan cemas p = 0.001 (p less than 0.05).

 



Keywords


Remaja; Bullying; Cemas; Writing Therapy

Full Text:

PDF

References


Adhani, A. (2012). Menulis Sebagai Salah Satu Upaya Terapis : Studi Kasus Penanganan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Widya Warta (1). ISSN 0854 – 1981.

Balary, A. C. (2014). The Impact of Direct and Indirect Bullying on The Mental and Physical of Health of Italian Youngsters. Aggressive Behavior. 30 : 343 – 355.

Darmawati, Z. R. (2017). Pengaruh Terapi Psikoedukasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Hemodialisa di Rumah Sakit Tentara dr Soedjono Magelang. Skripsi tidak dipublikasi. Magelang : Prodi D IV Keperawatan Magelang.

Dewi, C. C. & Budiono. (2013). Pengaruh Terapi Menulis Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien Kanker Servis Stadium Lanjut. Midwifery Science Journal. 1 (1) : 172 -182.

Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. (2017). Data Dasar Kesehatan Anak. (http://www. Sipt. Temanggungkab.go.id diakses 11 Januari 2018 pukul 15. 45)

Hidayati, T. N. (2014). Efektifitas Metode Pembelajaran Terapi Picture Exchange Communication System (PECS) Terhadap Komunikasi Verbal Ada Anak Autis. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya : Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negri Sunan Ampel.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2017). Data Kekerasan Anak di Sekolah, (http:// www.Kpai.go.id, diakses 9 Januari 2018 pukul 15.30).

Melathy, C.E. & Astuti, T. P. (2014). Pengaruh Menulis Ekspresif Terhadap Kecemasan Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II. Jurnal Empati. 3 (4) : 106 – 118.

Papacosta, E. S, Paradeisioti, A & Lazarou ,Ch. (2014). Bullying Phenomena and Preventive Programs in Cyprus’s School System. International Journal of Mental Health Promotion, 16 (1), 67 – 80.

Parawangsa, K. I. (22 Juli 2017). 117 Laporan Bullying Diterima Tepas Kemensos RI Hingga Juli 2017. Tribun Jogja.

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia. (2016). Kekerasan Anak, (http://www.pkbijateng.or.id diakses 11 Januari 2018 pukul 15.38)

Prasetyono, D. S. (2012). Bedah Lengkap Grafologi. Yogyakarta : Diva Press.

Purnamarini, D. P. A, Setiawan, T. I.& Hidayat, D. R. (2016). Pengaruh Terapi Expressive Writing Terhadap Penurunan Kecemasan saat Ujian Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1) ; 36 – 42.

Putri, H. N, Nauli, F. A & Novayelinda, R. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying pada Remaja. JUM. 2(2) : 1149 – 1159.

Putri, D. S., Kristiyawati, S. P., & Arif, S. (2014). Pengaruh Terapi Humor Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Pre Oprasi dengan General Anestesi di RS Tegalrejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 1 (6).

Rohmadani, Z. V. (2017). Relaksasi dan Terapi Menulis Ekspresif Sebagai Penanganan Kecemasan pada Difabel Daksa. Journal Of Health Studies 1 (1) : 18 – 27.

Saifudin, M. & Kholidin, M. N. (2015). Pengaruh Terapi Menulis Ekspresif Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa Kelas XII MA Ruhul Amin Yayasan SPMMA (Sumber Pendidikan Mental Agama Allah) Turi di Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan. 7 (3) : ISSN 1979 – 9128.

Susanti, R. & Supriyantini, S (2013). Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. 9 (2) ;120 – 129.

Undang – undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 2013. Jakarta: Admin Komisi Perlindungan Anak

Wiyani, N. A. (2014). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrk.v7i1.3232

Article Metrics

Abstract view : 3476
Download PDF : 2827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Galih Mahendra Wekoadi, Moh. Ridwan, Angga Sugiarto

INDEXING

Logo Google Schoolar
Logo Sinta
Logo DOAJ
Logo Crossref
Logo Garuda
Logo Dimensions
RECOMMENDED TOOLS
Turnitin Logo
EndNote Logo
Mendeley Logo
Keep in touch with us!
Get notified
Logo Poltekkes Semarang Logo JRK
JURNAL
RISET
KESEHATAN

Mailing Address:

Jalan Tirto Agung, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah - 50268, Indonesia

Commitment to quality

Double-blind peer review. Immediate open access. Authors retain copyright. No author fees. Published biannually.

 
CC Brands CC BY Brands CC SA Brands

Journal Riset Kesehatan (JRK), its website, and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

WGA