GAMBARAN KETERAMPILAN PSIKOSOSIAL REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK
Abstract
Latar belakang: Jumlah remaja yang berhadapan dengan hukum meningkat setiap tahunnya dan
kasus yang terjadi berkaitan erat dengan perkembangan psikososial. Kurangnya keterampilan
psikososial merupakan faktor risiko terjadinya masalah psikososial remaja. Salah satu upaya
promotif dan preventif masalah psikososial remaja adalah pendidikan kesehatan. Secara umum,
keterampilan psikososial yang baik akan berdampak pada kompetensi sosial yang baik dalam
subskala perilaku, emosional dan motivasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran
pengetahuan, efikasi diri dan keterampilan psikososial remaja yang mengalami masalah sosial dan
berhadapan dengan hukum.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan survei. Rentang
usia remaja dalam penelitian ini adalah 14-19 tahun yang 33 anak. Instrumen penelitian berbentuk
kuesioner pengetahuan, kuesioner efikasi diri dan lembar observasi yang dinilai oleh diri sendiri,
teman sebaya serta petugas LPKA.
Hasil: Rerata skor keterampilan psikososial baik dinilai oleh diri sendiri, petugas dan teman dekat
adalah 31, 27. Remaja paling banyak tidak melakukan keterampilan mengontrol emosi dan berpikir
kreatif. Remaja dapat melakukan keterampilan psikososial dengan bantuan orang lain paling
banyak yaitu keterampilan pengendalian emosi, pemecahan masalah, dan kesadaran diri. Remaja
paling banyak dapat melakukan secara mandiri dalam keterampilan empati dan komunikasi efektif.
Kesimpulan: Keterampilan psikososial remaja di LPKA memiliki tantangan dalam mengontrol
emosi dan masalah berpikir kreatif dan paling bisa melakukan keterampilan sosial dengan baik.
Kata kunci: keterampilan psikososial, remaja berhadapan dengan hukum, masalah sosial remaja
Full Text:
PDFReferences
Giannotta, F., & Weichold, K. (2016).
Evaluation of a Life Skills Program to
Prevent Adolescent Alcohol Use in Two
European Countries: One-Year Follow-
Up. Child and Youth Care Forum, 45(4),
–624. https://doi.org/
1007/s10566-016-9349-y
Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2015).
Wong’s nursing care of infants and
children. Elsevier Mosby.
Aebi, M., Giger, J., Plattner, B., Metzke, C.
W., & Steinhausen, H. C. (2014).
Problem coping skills, psychosocial
adversities and mental health problems
in children and adolescents as predictors
of criminal outcomes in young
adulthood. European Child and Adolescent Psychiatry, 23(5), 283–293.
https://doi.org/10.1007/s00787-013-
-y
Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N.
(2018). Tingkat Kecemasan pada
Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang
Bebas di Lembaga Pembinaan Khusus
Anak Kelas II Description of Anxiety
Disorder among Inmate 14 – 18 Years
Old Pre Release at Lembaga Pembinaan
Khusus Anak Class II, 1(February).
Bista, B., Thapa, P., Sapkota, D., Singh, S.
B., & Pokharel, P. K. (2016).
Psychosocial Problems among
Adolescent Students: An Exploratory
Study in the Central Region of Nepal.
Frontiers in Public Health, 4(August),
–7.
https://doi.org/10.3389/fpubh.2016.001
Jamali, S., Sabokdast, S., Nia, H. S.,
Goudarzian, A. H., Beik, S., & Allen,
K. A. (2016). The effect of life skills
training on mental health of Iranian
middle school students: A preliminary
study. Iranian Journal of Psychiatry,
(4), 269–273.
Subasree, R., & Nair, a R. (2014). The Life
Skills Assessment Scale : the
construction and validation of a new
comprehensive scale for measuring Life
Skills . IOSR Journal of Humanities and
Social Science, 19(1), 50–58.
https://doi.org/10.1007/s11738-009-
-y
Umbach, R., Raine, A., & Leonard, N. R.
(2018). Cognitive Decline as a Result of
Incarceration and the Effects of a
CBT/MT Intervention: A Cluster-
Randomized Controlled Trial. Criminal
Justice and Behavior, 45(1), 31–55.
https://doi.org/10.1177/0093854817736
WHO.2017. http://www.who.int/en/news-
room/detail/16-05-2017-more-than-1-2-
million-adolescents-die-every-year-
nearly-all-preventable diakses tanggal 8
Oktober 2018
WHO. 2018. http://www.who.int/news-
room/fact-sheets/detail/adolescent-
mental-health diakses tanggal 8 Oktober
Zilanawala, A., Sacker, A., & Kelly, Y.
(2017). Longitudinal Latent Cognitive
Profiles and Psychosocial Well-being in
Early Adolescence. Journal of
Adolescent Health, 61(4), 493–500.
https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.201
05.008
DOI: https://doi.org/10.31983/jlk.v4i1.9801
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Lintas Keperawatan (JLK) is published by Prodi Diploma III Keperawatan Pekalongan, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan Telp. (0285) 421642-429373, Fax. (0285) 421642 Email : d3keperawatan-pkl@poltekkes-smg.ac.id.
Jurnal Lintas Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
View My Stats