GAMBARAN KETERAMPILAN PSIKOSOSIAL REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK

Yuniske Penyami, Moh.Projo Angkasa, Norma Nofianto

Abstract


Latar belakang: Jumlah remaja yang berhadapan dengan hukum meningkat setiap tahunnya dan
kasus yang terjadi berkaitan erat dengan perkembangan psikososial. Kurangnya keterampilan
psikososial merupakan faktor risiko terjadinya masalah psikososial remaja. Salah satu upaya
promotif dan preventif masalah psikososial remaja adalah pendidikan kesehatan. Secara umum,
keterampilan psikososial yang baik akan berdampak pada kompetensi sosial yang baik dalam
subskala perilaku, emosional dan motivasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran
pengetahuan, efikasi diri dan keterampilan psikososial remaja yang mengalami masalah sosial dan
berhadapan dengan hukum.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan survei. Rentang
usia remaja dalam penelitian ini adalah 14-19 tahun yang 33 anak. Instrumen penelitian berbentuk
kuesioner pengetahuan, kuesioner efikasi diri dan lembar observasi yang dinilai oleh diri sendiri,
teman sebaya serta petugas LPKA.
Hasil: Rerata skor keterampilan psikososial baik dinilai oleh diri sendiri, petugas dan teman dekat
adalah 31, 27. Remaja paling banyak tidak melakukan keterampilan mengontrol emosi dan berpikir
kreatif. Remaja dapat melakukan keterampilan psikososial dengan bantuan orang lain paling
banyak yaitu keterampilan pengendalian emosi, pemecahan masalah, dan kesadaran diri. Remaja
paling banyak dapat melakukan secara mandiri dalam keterampilan empati dan komunikasi efektif.
Kesimpulan: Keterampilan psikososial remaja di LPKA memiliki tantangan dalam mengontrol
emosi dan masalah berpikir kreatif dan paling bisa melakukan keterampilan sosial dengan baik.
Kata kunci: keterampilan psikososial, remaja berhadapan dengan hukum, masalah sosial remaja


Full Text:

PDF

References


Giannotta, F., & Weichold, K. (2016).

Evaluation of a Life Skills Program to

Prevent Adolescent Alcohol Use in Two

European Countries: One-Year Follow-

Up. Child and Youth Care Forum, 45(4),

–624. https://doi.org/

1007/s10566-016-9349-y

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2015).

Wong’s nursing care of infants and

children. Elsevier Mosby.

Aebi, M., Giger, J., Plattner, B., Metzke, C.

W., & Steinhausen, H. C. (2014).

Problem coping skills, psychosocial

adversities and mental health problems

in children and adolescents as predictors

of criminal outcomes in young

adulthood. European Child and Adolescent Psychiatry, 23(5), 283–293.

https://doi.org/10.1007/s00787-013-

-y

Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N.

(2018). Tingkat Kecemasan pada

Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang

Bebas di Lembaga Pembinaan Khusus

Anak Kelas II Description of Anxiety

Disorder among Inmate 14 – 18 Years

Old Pre Release at Lembaga Pembinaan

Khusus Anak Class II, 1(February).

Bista, B., Thapa, P., Sapkota, D., Singh, S.

B., & Pokharel, P. K. (2016).

Psychosocial Problems among

Adolescent Students: An Exploratory

Study in the Central Region of Nepal.

Frontiers in Public Health, 4(August),

–7.

https://doi.org/10.3389/fpubh.2016.001

Jamali, S., Sabokdast, S., Nia, H. S.,

Goudarzian, A. H., Beik, S., & Allen,

K. A. (2016). The effect of life skills

training on mental health of Iranian

middle school students: A preliminary

study. Iranian Journal of Psychiatry,

(4), 269–273.

Subasree, R., & Nair, a R. (2014). The Life

Skills Assessment Scale : the

construction and validation of a new

comprehensive scale for measuring Life

Skills . IOSR Journal of Humanities and

Social Science, 19(1), 50–58.

https://doi.org/10.1007/s11738-009-

-y

Umbach, R., Raine, A., & Leonard, N. R.

(2018). Cognitive Decline as a Result of

Incarceration and the Effects of a

CBT/MT Intervention: A Cluster-

Randomized Controlled Trial. Criminal

Justice and Behavior, 45(1), 31–55.

https://doi.org/10.1177/0093854817736

WHO.2017. http://www.who.int/en/news-

room/detail/16-05-2017-more-than-1-2-

million-adolescents-die-every-year-

nearly-all-preventable diakses tanggal 8

Oktober 2018

WHO. 2018. http://www.who.int/news-

room/fact-sheets/detail/adolescent-

mental-health diakses tanggal 8 Oktober

Zilanawala, A., Sacker, A., & Kelly, Y.

(2017). Longitudinal Latent Cognitive

Profiles and Psychosocial Well-being in

Early Adolescence. Journal of

Adolescent Health, 61(4), 493–500.

https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.201

05.008




DOI: https://doi.org/10.31983/jlk.v4i1.9801

Article Metrics

Abstract view : 344
Download PDF : 221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Lintas Keperawatan (JLK) is published by Prodi Diploma III Keperawatan Pekalongan, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan Telp. (0285) 421642-429373, Fax. (0285) 421642 Email : d3keperawatan-pkl@poltekkes-smg.ac.id.

Jurnal Lintas Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats