Implementasi Keperawatan Breast Care Pada Ibu Post Partum Dengan Masalah Menyusui Tidak Efektif di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.

Maslahatul Inayah, Afiyah Sri Harnany, Hartati Hartati, Suryo Pratikwo

Abstract


Latar Belakang : Post Partum atau masa nifas merupakan masa yang dimulai setelah plasenta lahir dan berakhirnya setelah alat-alat kandungan kembali seperti sebelum hamil yang berlangsung sekitar 6 minggu atau 42 hari (Yuliana &Hakim, 2020). Saat masa nifas ibu mengalami perubahan pada organ reproduksinya yaitu rahim akan kembali seperti sebelum hamil (Nandia et all,2021). Perubahan lain yang terjadi adalah membesarnya payudara dan area disekitar puting susu menghitam yang menandakan bahwa ibu siap untuk menyusui bayinya (Sukmawati & Pasetyorini, 2022). Menyusui merupakan proses memberikan makan oleh ibu kepada bayi  melalui payudara secara langsung yang berupa air susu. Menyusui tidak efektif merupakan kondisi ibu dan atau bayi mengalami ketidakpuasan atau kesukaran pada proses menyusui. Menyusui tidak efektif dapat menghambat pemberian ASI eksklusif sehingga harus segera diatasi.

Tujuan : Menggambarkan hasil asuhan keperawatan menyusui tidak efektif dengan Tindakan breast care pada ibu post partum di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan.

Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu sebuah penelitian dengan tujuan untuk menggambarkan hasil asuhan keperawatan menyusui tidak efektif dengan tindakan breast care pada ibu post partum di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan subyek penelitian sejumlah 2 orang yang memenuhi kriteria inklusi.

Hasil : Pengkajian dilakukan pada 2 klien  yaitu Ny. L dan Ny. N dengan metode wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan pemeriksaan fisik. Data dari pengkajian tersebut  didapatkan masalah keperawatan menyusui tidak efektif. Tindakan keperawatan breast care diberikan selama 3 ( tiga ) hari pada waktu pagi dan sore hari. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa status menyusui membaik setelah diberikan tindakan breast care yang di tandai dengan pancaran ASI meningkat, suplai ASI meningkat dan perlekatan bayi pada payudara ibu meningkat.

Kesimpulan: Menyusui menjadi efektif setelah di lakukan Tindakan breast care baik pada klien Ny.L maupun Ny. N

Kata Kunci: Breast Care, Menyusui Tidak Efektif.

 

 


Full Text:

PDF

References


Anitasari, B., Anggraeni, & Santi. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Teknik Menyusui dengan Keefektifan Proses Menyusui. Jurnal Fenomena Kesehatan, 400-441.

Astuti, Y., & Anggarawati, T. (2020). Pendidikan Kesehatan Teknik Menyusui Terhadap Kemampuan Menyusui Ibu Primipara. aindonesian Journal of Nursing Research, 26-33.

Azizah, N., & Rosyidah, R. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Ekasari, T. D., & Adimayanti, E. (2022). Pengelolaan Menyusui Tidak Efektif pada Ibu Post Sectio Caesarea Di Desa Ngaglik Argomulyo salatiga. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, IV, 185-190.

Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

PPNI, (2016). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Jakarta: DPP PPNI.

PPNI, (2016). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta: DPP PPNI.

PPNI, (2016). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta: DPP PPNI.

Salamah, U., & Praetya, P. H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ibu dalam Kegagalan Mempengaruhi Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kebidanan, 199-204.

Vijayanti, N., Isro'in, l., & Munawaroh, S. (2022). Asuhan Keperawatan pada Pasien Post Partum dengan Masalah Keperawatan Menyusui Tidak Efektif Studi Kasus Di Ruang Melati RSUD Dr. Harjono Ponorogo. Health Sciences Journal, 134 142.

Zainiyah, H. (2019). Perbedaan Produksi ASI Pada Ibu Post Partum yang Dilakukan Tehnik Acupressure Points for Lactation dan Tehnik Breast Care. Penelitiann Ilmiah, 46-56




DOI: https://doi.org/10.31983/jlk.v4i2.10644

Article Metrics

Abstract view : 255
Download PDF : 168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Lintas Keperawatan (JLK) is published by Prodi Diploma III Keperawatan Pekalongan, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan Telp. (0285) 421642-429373, Fax. (0285) 421642 Email : d3keperawatan-pkl@poltekkes-smg.ac.id.

Jurnal Lintas Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats