PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA HENTI JANTUNG DI ALAM TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MAHASISWA PECINTA ALAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31983/j-sikep.v6i2.12559Abstrak
Pendidikan kesehatan adalah tindakan mandiri dalam keperawatan untuk membantu individu atau kelompok mengatasi masalah kesehatan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama pada henti jantung di alam terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pecinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Metode penelitian menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest. Responden penelitian berjumlah 21 mahasiswa, dipilih menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan menggunakan daftar cek untuk keterampilan. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam pengetahuan responden sebelum dan sesudah intervensi, dengan nilai rata-rata pretest 62,52 dan posttest 86,95. Keterampilan juga menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 90,14. P-value untuk pengetahuan dan keterampilan masing-masing adalah 0,000, menunjukkan hubungan yang signifikan antara pendidikan kesehatan dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan. Kesimpulannya, pendidikan kesehatan terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pecinta alam dalam menghadapi situasi darurat henti jantung di alam
Referensi
Aji, R., Marita, Z., Setyaningsih, W., Nulhakim, L., Giatamah, Z., & Anugrah, K. (2023). The Effect of First Aid Skills Training on Failed Students. Jurnal Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 33(3), 3–10.
Astuti, Z., & Jannah, M. N. (2022). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Orang Awam di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(2), 590–597. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i2.5521
Gasser, B. (2022). Stranded because of exhaustion while high-altitude mountaineering in the Swiss Alps: a retrospective nationwide study. Scientific Reports, 12(1), 8–13. https://doi.org/10.1038/s41598-022-12917-8
Prayitno, H., & Amrullah, J. F. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BANTUAN HIDUP DASAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PADA ANGGOTA TIMKES STIKES DHARMA HUSADA ANGKATAN XX SARJANA KEPERAWATAN.
Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Rineka Cipta (pp. 1–242).
Pusparani, P. W., Psikologi, J., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2020). PERBEDAAN ADVERSITY QUOTIENT DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA ANGGOTA HIMPUNAN PENCINTA ALAM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. 43–54.
Taufiq Abdullah, Ali Haedar, Suryanto, Fatah Abdul Yasir, Yuli Prastio, R. W. P., & Unggul Pribadi, IGA Indah Pradnyani, Muhammad Azis Zaelani, Insan Fitriyani, E. W. K. (2024). Efektivitas Pelatihan Resusitasi Jantung Paru Pada Pengetahuan Henti Jantung Murid SMP di Kabupaten Malang. 6, 278–285.