Identifikasi Potensi Bahaya dan Upaya Pengendalian pada Proses Coal Hauling dan Coal Loading di Indonesia

Eka Fitria Novita Sainyakit, Zulkifli Djunaidi

Abstract


Batubara (coal) menjadi sumber energi yang banyak digunakan oleh power plant dan industry kertas. Beberapa proses dalam bisnins batubara di Indonesia menurut EITI (Extractive Industries Transparency Initiative) ialah pengangkutan (coal hauling) menggunakan unit dump truck ke area stockpile dan pemuatan (coal loading) dari stockpile ke area pelabuhan atau terminal. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa coal barging dan crushing memiliki tingkat kecelakaan tertinggi sebesar 31% dan coal hauling memiliki persentase 31% tingkat kecelakaan pada PT. X.Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada perusahaan diharapkan dapat menghilangkan risiko yang ada pada pekerjaan salah satunya dengan melakukan identifikasi terhadapt potensi bahaya dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui potensi bahaya pada proses coal hauling dan coal loading serta melakukan critical analysis untuk upaya pengendalian pada potensi bahaya tersebut. dalam rangka meminimalisir persentase kecelekaan kerja pada proses tersebut. Berdasarkan hasil literature review, potensi bahaya pada proses coal hauling meliputi kelelahan akibat overshift, kondisi hauling road yang licin, kurangnya perawatan pada dump truck, dan terpapar debu batubara. Pada proses coal loading, potensi bahaya yang diidentifikasi kondisi operator yang tidak menggunakan APD, berdiri di lokasi yang tidak aman, kurang memahami SOP pemuatan hingga terpapar debu batubara. Adapun pengendalian yang dapat direkomendasikan yakni meningkatkan fungi kontrol pada pekerja, penggunaan APD, komunikasi yang baik antar pekerja, adanya pelatihan K3 dan perawatan rutin terhadap alat yang digunakan. Bahaya K3 yang diidentifikasi dan rekomendasi upaya pengendalian ini diharapkan dapat meminimalisir atau menghilangkan risiko pada proses coal hauling dan coal loading.


Keywords


Batubara; Pengangkutan Batubara; Pemuatan Batubara; Potensi Bahaya

Full Text:

PDF

References


Arif M, mardiah Syahri I. Analisa Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) Pada Proses Coal Chain Di Pertambangan Batubara x Tahun 2014. Lingkungan dan Keselamatan Kerja. 2014;3(3):14528.

Puspitasari W, Saismana U, Riswan R. Evaluasi Produktivitas Pemuatan Batubara Pada Kegiatan Pengapalan Pt Asmin Bara Bronang. Jurnal GEOSAPTA. 2017;3(2):93-97.

Saleh S, Sulistianto J, Aryanto A. Optimalisasi Pelaksanaan Pemuatan Batu Bara pada Kapal MV Amethyst di Kaliorang. Jurnal Marine Inside. 2022;48–57.

Pattiasina P. Analisis Faktor Muatan Batu Bara terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja Anak Buah Kapal (Abk) di Kapal Spb. Lurus. Jurnal ILTEK. 2017;12(2).

Mahawati E, Fitriyatinur Q, Yanti CA, Rahayu PP, Aprilliani C, Chaerul M, et al. Keselamatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan Industri. Yayasan Kita Menulis; 2021.

Wardani HK, Nursanto E, Amri NA. Identifikasi Hazard Potential Pada Area Penambangan Dengan Metode JSA. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. 2022;7(6).

Bawang J, Kawatu PAT, Wowor R. Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis Di Bagian Pengapalan Site Pakal PT. Aneka Tambang Tbk. UBPN Maluku Utara. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. 2018;7(5).

Choudhar S, Solanki P, Gidwani G. Job safety analysis (JSA) applied in the construction industry. IJSTE-International Journal of Science Technology & Engineering. 2018;4(9):1–9.

Sudiyanto J, Susilowati IH. Causes of fatal accidents involving coal hauling trucks at a coal mining company in Indonesia. KnE Life Sciences. 2018;59–70.

Creswell JW, Creswell JD. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications; 2017.

Manurung RS, Probowati ID, Nurkhamin N. Identifikasi, Penilaian, Dan Pengendalian Risiko Terhadap Proses Penambangan Batubara Di PT. Pengembangan Investasi Riau, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Jurnal Teknologi Pertambangan. 2022;8(1):10–6.

Fajri RD, Saldy TG. Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Job Safety Analysis Dan Standar Operational Procedure Pada Tambang Batubara Bawah Tanah Cv. Tahiti Coal, Sangkar Puyuh, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Bina Tambang. 2021;6(5):107–13.

Bangalino AB, Triantoro A, Mustofa A. Pengaruh Supply Batubara E4900 Terhadap Ketercapaian Target Barging Pada Jetty Kelanis 1 Dan Kelanis 3 PT Adaro Indonesia Desa Kelanis Kecamatan Mengkatip. Jurnal Himasapta. 2021;5(3):67–72.

Hariyono W, Rochim S. Penilaian Risiko Keselamatan Pada Unit Kerja Coal Crushing dan Barging di PT Kaltim Jaya Bara.

Rachmawati, A., & Sugiarto, D. W. (2023). Tinjauan Sistematis: Efek Kontaminasi dari Tailing Pertambangan terhadap Kesehatan Masyarakat. Buletin Keslingmas, 42(1), 40-51




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v42i2.9634

Article Metrics

Abstract view : 608
Download PDF : 381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License