Booklet To Brush Tooth In The Promotion Of Dental Health Towards School Children's Knowledge

Etty Yuniarly, Wiworo Haryani, Eldarita Eldarita

Abstract


Latar belakang: Kesadaran anak akan pentingnya kesehatan gigi dapat dilihat dari pengetahuan yang dimiliki. Ketika anak memiliki tingkat pengetahuan tinggi maka perhatian untuk menjaga kesehatan giginya juga tinggi. Media promosi adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan bahan, materi atau pesan kesehatan untuk mempermudah menyampaikan informasi. Salah satu bentuk media yang digunakan adalah booklet yaitu suatu media untuk menyampaikan pesan-pesan dalam bentuk buku. Tujuan penelitian diketahuinya pengaruh booklet cara menyikat gigi dalam promosi kesehatan gigi terhadap pengetahuan anak sekolah.

Metode penelitian: Jenis penelitian Quasi experiment dengan rancangan Pretest-Posttest with Control Group Design. Lokasi penelitian di SD Negeri Kanoman dan SD Negeri Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Sleman. Waktu penelitian bulan Maret – Agustus 2021. Sampel penelitian anak sekolah usia 8 – 11 tahun, teknik pengambilan sample purposive sampling. Kelompok intervensi diberi promosi dengan booklet cara menyikat gigi, kelompok kontrol dengan ceramah cara menyikat gigi. Variabel pengaruh booklet cara menyikat gigi, variabel terpengaruh pengetahuan anak sekolah. Analisis data dengan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney Test

Hasil penelitian: Tingkat pengetahuan sebelum diberikan promosi kesehatan gigi menggunakan booklet cara menyikat gigi dengan kriteria sedang 60 % dan sesudah diberikan promosi meningkat menjadi kriteria baik     90 %. Rata-rata tingkat pengetahuan sebelum diberikan promosi sebesar 8,96 dan sesudah diberikan promosi rata-rata sebesar 13,16. Peningkatan pengetahuan sesudah diberikan promosi dengan skor N-Gain (g=0,695) kategori sedang. Analisis uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan yang signifikan tingkat pengetahuan (p=0,000) sebelum dan sesudah diberikan promosi, sedangkan  analisis Mann-Whitney test menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (p=0,000) promosi menggunakan media booklet terhadap tingkat pengetahuan anak sekolah.

Kesimpulan: Promosi kesehatan gigi menggunakan booklet cara menyikat gigi dapat meningkatkan tingkat pengetahuan pada anak sekolah.

 



Keywords


booklet cara menyikat gigi, promosi kesehatan gigi, pengetahuan, anak sekolah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Rahtyanti, G.C.S, Hadnyanawati, H. dan Wulandari, E. 2018. Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Karies Gigi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Tahun Akademik 2016/2017. Pustaka Kesehatan 6 (1): 167.

Riyanti, E & Saptarini R. 2010. Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Melalui Perubahan Perilaku Anak. MIKGI Vol 11 No1

Prasada, IDGBD. 2016. Gambaran Perilaku Menggosok Gigi Pada Siswa SD Kelas Satu Dengan Karies Gigi Di Wilayah Kerja Puskesmas Rendang Karangasem Bali Oktober 2014. Intisari Sains Medis.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Pintauli, S. 2016. Menuju Gigi Dan Mulut Sehat : Pencegahan Dan Memeliharanya. Medan: USU Press.

Kusumawardani, E. 2011. Buruknya Kesehatan Gigi Dan Mulut. Yogyakarta: Hanggar Kreator.

Wiradona, I., Widjanarko, b., dan Syamsulhuda, B M. 2016. Pengaruh Perilaku Menggosok Gigi Terhadap Plak Gigi Pada Siswa Kelas IV Dan V Di SDN Wilayah Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 8 (1): 59–68.

Abadi, N. dan Suparno. 2019. Perspektif Orang Tua Pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi.PAUD. UNY 3 (1): 161 – 169.

Aritonang I. 2012. Hubungan Karakteristik (Umur, Pendidikan, Pendapatan) Dan Tindakan Ibu Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dengan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Di SD Kecamatan Medan Tuntungan. Tesis Universitas Sumatera Utara.

Notoatmodjo, S. 2010. Buku Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi Edisi Revisi 2010.

Agustin, M. 2013. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Ooklet Dibandingkan Audiovisual Terhadap Engetahuan Orang Tua Tentang Karies Gigi Pada Anak Usia 5-9 Tahun Di Desa Makamhaji. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Suiraoka, I, P dan Supariasa I.D.N. 2012. Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, S. dan Suryani, D. 2013. Pengaruh Promosi Kesehtan Metode Audiovisual Dan Metode Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Booklet Dibandingkan Dengan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Orangtua Tentang Karies Gigi Pada Anak Usia 5- 9 Tahun Di Desa Makamhaji (Maria Agustin) Buku Saku 7.

Gemilang, R., dan Christiana, E. 2016. Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA 6 (3): 3–9.

Sanaky, H. A. H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara




DOI: https://doi.org/10.31983/jkg.v10i1.8895

Article Metrics

Abstract view : 354
Download PDF : 1634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Gigi (p-ISSN: 2407-0866 e-ISSN: 2621-3664), is published by Jurusan Kesehatan Gigi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50268 Telp./Fax: (024) 7471276.

Find us on : Instagram, Facebook

Abstracted/Indexed by:

 

View My Stats