HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DAN PARITAS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU POSTPARTUM

Siti Ulfatul Nadiroh, Masini Masini, Christin Hiyana Tungga Dewi

Abstract


Ibu nifas rentan mengalami masa-masa kecemasan akibat perubahan kondisi barunya. Hal ini ditandai dengan kecemasan, mengkhawatirkan kondisi ibu dan bayi, mengalami gangguan tidur, gangguan konsentrasi, merasa takut sendirian. Faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan pada masa nifas adalah konstitusional (paritas), fisik, psikologis, dan sosial (dukungan). Cara mengatasi kecemasan selama periode ini adalah dengan menggunakan pendekatan komunikasi terapeutik dengan melihat paritas dan meningkatkan dukungan mental berupa dukungan dari pasangan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan suami dan paritas terhadap tingkat kecemasan postpartum di Puskesmas Jumo Temanggung pada hari 1-10 di Wilayah Kerja pada bulan April-Mei 2020 sebanyak 40 ibu. Hasil penelitian menggunakan Spiearman Rankmaternal tingkat kecemasan ibu nifas dengan p-value 0,00 dan hubungan erat kedua variabel dikategorikan kuat dengan nilai 0,756, terdapat hubungan paritas dengan postpartum dengan p-value sebesar 0,00 dan hubungan erat antara kedua variabel tersebut dikategorikan kuat dengan nilai 0,756. Kecemasan pascapersalinan dipengaruhi oleh status paritas dan dukungan suami, sehingga diharapkan ibu mendapatkan dukungan penuh dari pasangannya agar ibu lebih terbuka untuk menceritakan kesulitan yang dialaminya terkait dengan status paritasnya.

 

Kata kunci: Dukungan suami, paritas, tingkat kecemasan


Full Text:

PDF

References


Marmi, Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas “Peuperineum Care.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

D. Hawari, Manajemen Stres Cemas Dan Depresi. Jakarta, 2nd ed. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2011.

Y. Purwati and Kustiningsih, Bagaimana Menghadapi Gangguan Mood Masa Nifas? yogyakarta: Deepublish, 2017.

H. Jaya and Syokumawena, “HUBUNGAN STATUS PARITAS DENGAN KECEMASAN IBU PRE OPERASI SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG TAHUN 2017,” vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2019.

D. Pezani, “Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Puskesmas Gamping 1 Sleman,” Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2017.

S. Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

S. Rini and F. Kumala, Panduan Asuhan Nifas & Evidence Based Practice. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

M. Y. C. Mage, S. Prapunoto, and A. I. Kristijanto, “Dinamika dukungan suami pada kecemasan ibu nifas dalam Rumah Bulat,” J. Psikol. Ulayat, vol. 7, no. 1, pp. 69–86, 2020.

Friedman, M. M., and V. R.Bowden, Buku Ajar : Keperawatan Keluarga Riset, Teori, Praktik. Jakarta: EGC, 2014.

Marmi and Margiyati, Pengantar Psikologi Kebidanan : Buku Ajar Psikologi Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

A. K. Fitrah, S. Helina, and Hamidah, “Postpartum Blues di wilayah kerja puskesmas payung sekaki kota pekanbaru Tahun 2017,” J. Prot. Kesehat., vol. 7, no. 1, pp. 45–52, 2018.

L. M. Winarni, E. Winarni, and M. Ikhlasiah, “Pengaruh Dukungan Suami Dan Bounding Attachment Dengan Kondisi Psikologis Ibu Postpartum Di Rsud Kabupaten Tangerang Tahun 2017,” J. Ilm. Bidan, vol. 3, no. 2, pp. 1–11, 2018.

N. Rosdiana, “Hubungan antara Dukungan Suami dengan Kecemasan Ibu Postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

N. L. Lubis, Psikologi Kespro : Wanita & Perkembangan Reproduksinya" ditinjau dari aspek fisik dan psikologi. Jakarta: Kencana Prenda Media Group, 2013.

F. E. M. Bentelu, R. Kundre, and Y. B. Bataha, “PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM PROSES MENYUSUI ANTARA IBU PRIMIPARA DAN MULTIPARA DI RS PANCARAN KASIH GMIM MANADO,” e-journal Keperawatan (e-Kp), vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2015.

A. Wibisono, “HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERSONAL DENGAN KECEMASAN PADA IBU POSTPARTUM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GATAK SUKOHARJO,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

E. Lestari, “Hubungan Antara Paritas Dengan Tingkat Kecemasan Yang Dialami Ibu Pada Masa Post Partum Di Rs Pku Muhammadiyah Yogyakarta,” Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2017.

I. Rahmaningtyas, S. Winarni, A. Mawarni, and Dharminto., “Hubungan Beberapa Faktor Dengan Kecemasan Ibu Nifas Di Wilayah Kota Semarang,” J. Kesehat. Masy., 2019.




DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v2i1.8803

Article Metrics

Abstract view : 554
Download PDF : 461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN

e-ISSN 2809-5197

Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah 
Email: jururawattegal@gmail.com

Lokasi: