TEKNIK FINGER PAINTING DAN PLAYDOUGH EFECTIVE MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH

Ribkha Itha Idhayanti, Humaira Tadzkiyyatus Shalihah Adz-Azahra, Masini Masini

Abstract


Anak pra sekolah sangat perlu dilatih motorik halusnya karena keterampilan tangan anak merupakan jendela pengetahuan bagi anak untuk mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik finger painting dan playdough terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK Griya Sinau Salsabila. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe Quasy Experimental dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A dan B di TK Griya Sinau Salsabila. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel diambil dari yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yaitu 36 responden. 18 responden untuk kelompok intervensi dan 18 responden untuk kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan uji univariat dan bivariat. Hasil analisis data uji wilcoxon pada kelompok finger painting yaitu p-value 0,005 (p<0,05), terdapat pengaruh yang signifikan intervensi finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah. Dan pada kelompok playdough diperoleh hasil sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan intervensi playdough terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah.

 

Kata kunci: finger painting, playdough, motorik halus


Full Text:

PDF

References


Suyadi, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung, 2014.

Masganti, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini,. Depok: Depok Kencana, 2017.

A. Yuningsih, Penggunaan Playdough Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok A Di Raudatul Athfal Ismaria Al-Qur’aniyah Rajabas BANDAR LAMPUNG. Lampung: Reprositori UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Z. Rufaida, I. Suhartanti, and W. Setyowati, Efektivitas Bermain Playdough Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah Di TK Negeri Pembina Jabon Mojokerto. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 2019.

I. Suhartanti, Z. Rufaida, W. Setyowati, and F. W. Ariyanti, “Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Pra Sekolah,” ejournal Stikes Majapahit, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/EBook/article/view/321.

P. Hayuningtyas, Wida, “Hayuningtyas, W.P. 2020. Finger Painting dan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah.,” J. Teras Kesehat., vol. 3, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.politeknikalislam.ac.id/index.php/jutek/article/view/36/31.

U. U. Farida Mayar, Desmila Desmila, Nurhamidah Nurhamidah, Rika Rahmawati, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/327.

Sugiyono, Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun di TK Siwi Peni 2 Madiun. Madiun: Reprositori STIKES BhakTi Husada Madiun, 2016.

Maghfiroh, Pengaruh Terapi Bermain Playdough Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah di TK Nurul Hidayah Wadung Pakisaji Malang. Malang: Reprositori ITSK RS dr Soepraoen Malang, 2019.

N. U. Rahmawati, Pengembangan Fisik Motorik Halus Melalui Permainan Playdough di Kelompok A RA Masyitoh Kalibening Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Salatiga: IAIN Salatiga, 2018.

Fitriyani, Pengaruh Terapi Permainan Media Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Praekolah. Makasar: UIN Alauddin Makasar, 2016.

P. Windya, Implementasi Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Playdough Dalam Meningkatkan Bermain Sensorimotor di TK Islam Bina Balita Bandar Lampung. Lampung: Reprository UIN Raden Intanr Lampung, 2019.

R. I. Idhayanti, S. Rofiah, and A. Setyowati, “Media Gambar Flashcard Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal,” Jendela Inov. Drh., vol. 2, no. 1, pp. 78–92, 2018.

R. I. Idhayanti, Komunikasi Dan Konseling Dalam Praktik Kebidanan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v2i1.8792

Article Metrics

Abstract view : 339
Download PDF : 283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN

e-ISSN 2809-5197

Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah 
Email: jururawattegal@gmail.com

Lokasi: