PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TABLET FE

Munayarokh Munayarokh, Tati Herawati, Ribkha Itha Idhayanti, Nuril Nikmawati

Abstract


Pendidikan kesehatan sangat penting terutama pada ibu hamil di masa kehamilan persalinan dan nifas. Pemahaman tentang pentingnya tablet fe sangat diperlukan, dampak kejadian karena kurangnya tablet Fe ialah anemi, menurunnya daya tahan tubuh, infeksi dan perdarahan. Pengetahuan  merupakan faktor yang sangat penting bagaimana seharusnya tablet fe  diminum sesuai anjuran yang benar. Promosi kesehatan yang dilakukan puskesmas dengan cara penyuluhan langsung tanpa menggunakan media audio visual (video).

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap peningkatan pengetahuan ibu  hamil mengenai  tablet fe di Puskesmas Puring  Kabupaten Kebumen

Penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperiment  dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil di Puskesmas Puring  sejumlah 767 ibu hamil.  Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Sampel pada penelitian ini sejumlah 88 ibu hamil. 

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui  media video terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil mengenai tablet Fe di Puskesmas Puring Kabupaten Kebumen tahun 2020 (p value 0,0001).

Diharapkan kegiatan promosi kesehatan/penyuluhan kesehatan yang dilakukan kepada masyaraakat digunakan media video. Puskesmas meningkatkan kegiatan promosi kesehatan bekerja sama dengan linta sektoral yang lain (pihak kecamatan, dinas yang ada di kecamatan)  TP PKK maupun lembaga masyarakat (UKBM) yang lain.    

 

Kata Kunci: video, pengetahuan ,ibu hamil, tablet Fe     

 


Full Text:

PDF

References


T. Wartonah, Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 2010.

I. G. B. Manuaba, Ilmu Kebidanan, Penyakit. Kandungan, dan KB. 2 ed. Jakarta: EGC, 2nd ed. Jakarta: EGC, 2014.

Saiffudin, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Kementrian Kesehatan RI, Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Kemenkes RI, 2018.

Kentrian Kesehatan Republik Indonesia, Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Badan Litbangkes kementrian Kesehatan RI, 2018.

Waryana, Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rahima, 2010.

C. M. D. Damelya Patricksia Dampang, Lilik Kustiyah, “School Based Intervention sebagai Upaya Perbaikan Konsumsi Buah dan Sayur Siswa Sekolah Dasar,” Media Kesehat. Masyaraat Indones., vol. 4, no. 3, 2018.

Wiradyani, “Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu Mengkonsumsi. Tablet Besi-Folat Selama Kehamilan,” J. Gizi dan Pangan, vol. 8, no. 1, 2013.

Daryanto, Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011.

L. Rizkiana Masnar, Pengaruh Media Video Petis (pencegahan gastritis) Terhadap Perubahan Pengetahuan Remaja Tentang Gastritis di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Bengkulu: Poltekes Bengkulu, 2020.

Soekidjo Notoatmojo, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Adnani, Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika, 2011.

Amin Subargus, Promosi Kesehatan Melalui Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2011.

R. I. Idhayanti, S. Rofiah, and A. Setyowati, “Media Gambar Flashcard Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun,” Jendela Inov. Drh., vol. 1, no. 2, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v2i1.8787

Article Metrics

Abstract view : 1134
Download PDF : 843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN

e-ISSN 2809-5197

Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah 
Email: jururawattegal@gmail.com

Lokasi: