KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BANJIR DI DESA KRANDON KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL

Ta'adi Ta'adi, Didi Hermawan, Rizki Bagus Satrio

Abstract


Kelurahan Krandon merupakan salah satu wilayah yang sering terjadi banjir atau dengan kata lain daerah langganan banjir di Kota Tegal setiap musim penghujan tiba sehingga mengakibatkan rusaknya sarana umum dan kerugian harta benda masyarakat yang terdampak banjir. Berdasar masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi banjir di Desa Krandon Kecamatan Margadan Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan dengan melalui tiga metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 5 informan utama (perangkat desa) dan 20 supporting informan sebagai sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan bahwa Kesiapsiagaan Masyarakat Krandon dalam menghadapi banjir, karena banjir ini setiap tahunnya terjadi, sehingga warga Kelurahan Krandon sudah siap. Ditambah lagi untuk kesiapsiagaan terdapat organnisasi BPBD, Satlinmas, dan Masyarakat yang mau bergotong-royong. Kendala kesiapsiagaan yang ada saat menghadapi banjir adalah permasalahan sarana prasarana yang dihadapi dalam pengendalian banjir di desa Krandon belum terdapat bangunan pengendalian banjir dan belum ada jalan evakuasi yang jelas serta belum adanya aturan / kebijakan dari kelurahan untuk mengurangi resiko banjir tersebut

 


Keywords


Kesiapsiagaan, Masyarakat, Banjir

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Longsor di Desa Tabbinjai Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa.

Burhan, B. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologi ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT Raja Gramindo Persada.

Damayanti, Wahyu, & Muhanni'ah. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Manajemen Bencana Dengan Prevention Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Gunung Meletus Pada Kepala Keluarga Di Rt 06/Rw 01 Dusun Puncu Desa Puncu Kecamatan Puncu-Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan., 1-8.

Henditciani W, Fajariah R A A, Fatonah A, Safriani E W, & Khoerunisa N. (2018). Analisis Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Erupsi Gunung Merapi di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Seminar Nasional Pembangunan Berkelanjutan., 147-165.

Jasad. (2011). Dakwah dan Komunikasi Transformative. Alaudin University, 117.

Nisa. (2022). Analisis Tingkat Kerentanan dan TIngkat Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap Bencana Banjir Rob di Kecamatan Tegal Barat.

Rustam, S., Sudirman, & Ta'adi. (2023). Edukasi Integrasi Kesiapsiagaan Untuk Meningkatkan Perilaku Masyarakat. Bengkulu: El Markazi.

Sembiring, & Nurmansayah. (2021). Keperawatan Bencana. Makasar: CV Toha Media.

Setiadi, T. (2020, November Rabu). 12 Kelurahan di Tegal Rawan Banjir dan Rob, Pemkot Siapkan Truk Tangki Penyedot Air. Retrieved from Kompas: https://regional.kompas.com/read/2020/11/10/22445871/12-kelurahan-di-tegal-rawan-banjir-dan-rob-pemkot-siapkan-truk-tangki

Setyadi. (2023, Januari 11). 3 Kelurahan di Margadana Tegal Langganan Banjir, Camat: Air Kiriman dari Kabupaten. Retrieved Agustus 15, 2023, from Panturapost: https://panturapost.com/3-kelurahan-di-margadana-tegal-langganan-banjir-camat-air-kiriman-dari-kabupaten/

Soehatman, R. (n.d.). Pedoman Praktis Manajemen Bencana,.

Suyanto, B. (2010). Metode Penelitian Sosial (5 ed.). Jakarta: Kencana Pradana Media Group.

Veenema, T. (2019). Disaster Nursing and Emergency Preparedness for Chemical, Biological and Radiological Terrorism and Other Hazard. pringer Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v3i2.10721

Article Metrics

Abstract view : 159
Download PDF : 97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN

e-ISSN 2809-5197

Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah 
Email: jururawattegal@gmail.com

Lokasi: