THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND REPUTATION ON PATIENT LOYALTY AT POLY ORAL SURGERY

Winda Fratiwi

Abstract


Background : Hospital is one of the health service facilities. Hospitals need to maintain the quality of their services, this health service is always required to always improve. The higher the quality of service will affect patient loyalty. The purpose of the research : to determine the effect of service quality and reputation on the loyalty of oral surgery poly patients at the Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Research method : the method used in this study is explanatory survey. How to test the effect of health care quality and reputation on patient loyalty with statistical tests path a nalyysis. The sample in this study was 63 oral surgery poly patients in Rumah Sakit Umum Daerah dr.Soekardjo Kota Tasikmalaya City. The results of the study :  the calculation of the value of the variable path coefficients (X 1), and (X2) against (Y), P YX1 is 0.439 and P YX2 is 0.417. Conclusion : quality of service and reputation affect thequality of oral surgery poly patients in Rumah Sakit Umum Daerah dr.Soekardjo Kota Tasikmalaya.


Keywords


Quality of Service, Reputation, Patient Loyalty

Full Text:

PDF

References


Raharja IGYD, Kusumadewi S, Astiti DP. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kulaitas Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja. ODONTO Dental Journal. 2018;5(1).

Astuti S. Pengaruh Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Sentosa Baru Kota Medan. [Medan]: Institut Kesehatan Helvetia; 2020.

Sari RS, Tasri YD, Shakila R. Sosialisasi Manajemen Klinis untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan bagi Profesional Perekam Medis. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat. 2021;1(2):147–58.

Rizal A, Tandos R. Strategi Pemberdayaan Kader Posyandu Melalui Pendampingan Komunitas di Yayasan Kalyanamitra. Jurnal Kommunity Online [Internet]. 2021;1(2):1–10. Available from: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jko

Prana MMM. Kualitas Pelayanan Kesehatan Penerima Jamkesmas di RSUD Ibnu Sina Gresik. Kebijakan dan manajemen Publik [Internet]. 2013;1(1). Available from: www.dkrpapua.com/

Cordova M. Pengaruh Kualitas Pelayananan terhadap Kepuasan Pelanggan Polikinik Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik. [Malang]: Universitas Islam Negeri; 2017.

Irawan MN, Sefnedi. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pasien di RSUD Sungai Dereh Kabupaten Dharmasraya. JIM UPB. 2019;7(2).

Irawan. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Tingkat Kepuasaan dan Loyalitas Pasien di Puskesmas Tiumang Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Prosiding Simposium Nasional Magister. 2019;3(1).

Bunyarahma EI. Analisis Pengaruh Kualitas Peleyanan dan Tingkat Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Gigi di Puskesmas Ibrahim Adjie. [Bandung]: Universitas Pasundan Bandung ; 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta; 2013.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Sugiyono. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R& D). Bandung: Alfabeta; 2014.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara; 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta; 2018.

Puspitasari MG, Edris M. Pengaruh Kualitas Layanan terhadapa Loyalitas dengan Mediasi Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Keluarga Sehata Hospital Pati. Analisis Manajemen. 2011;5(2).

Akmal DZ, Heri H, Seswandi A. Kualitas Peleyanan Kesehatan Gigi terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Klinik Gigi Pekanbaru. Jurnal Komunitas Manajemen. 2022;1(3):231–40.

SKM RSUD dr.Soekardjo. Laporan Keuangan Survei Kepuasan Masyarakat. Tasikmalaya; 2021.

Anang. Kualitas Pelayanan Perawatan Gigi dan Kepuasan Pasien yang Berkunjung ke Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada; 2016.

Rahmilia Y. Pengaruh Reputasi Klinik Dokter Gigi terhadap Rekomendasi dan Loyalitas Pasien. Jurnal Majnajemen dan Pemasaran Jasa. 2015;8(1).

Naibaho ANL. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Gigi Puskesmas Gambir Baru Kecamatan Kota Kisaran Timur Kapubaten Asahan. [Medan]: Institut Kesehatan Helvita; 2018.

Satar, Yulisetiarini D. Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Loyalitas pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember. NurseLine Journal. 2016;1(1).




DOI: https://doi.org/10.31983/jahmt.v6i2.11626

Article Metrics

Abstract view : 37
Download PDF : 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Applied Health Management and Technology (p-ISSN: 2715-3061  e-ISSN: 2715-307X , Postgraduate Program, Poltekkes Kemenkes Semarang.
St. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang City, Central Java, Indonesia, Postal code 50268 Telp./Fax: (024)76479189

https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/gacor4d/https://htn.parahikma.ac.id/sbotop/https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/slotraffi/https://kemahasiswaan.mercubaktijaya.ac.id/sistem/