Asuhan Keperawatan pada Anak Pneumonia dengan Fokus Studi Pengelolaan Pemenuhan Kebutuhan Oksigenasi di Ruang Wijaya Kusuma RSUD Dr. R Soetijono Blora

Herina Estyorini, Sutarmi Sutarmi, Erni Nuryanti

Abstract


Latar belakang : Pneumonia merupakan infeksi saluran pernafasan akut yang sering terjadi pada balita usia < 4 tahun. Pneumonia adalah infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru dan menimbulkan peningkatan cairan pada alveoli atau parenkim paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae dari lingkungan sekitar. Pneumonia pada anak menjadi penyebab kematian kedua pada balita.

Tujuan : karya tulis ini bertujuan agar perawat dapat melaksanakan asuhan keperawatan pada anak pneumonia dengan gangguan pertukaran gas.

Metode : metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi keperawatan.

Hasil : pengkajian dilakukan dengan anamnesa dan pemeriksaan pada pasien hingga muncul masalah gangguan pertukaran gas. Intervensi yang digunakan berjumlah delapan. Implementasi dilakukan selama tiga hari sesuai dengan intervensi yang sudah dibuat, setelah itu dilakukan evaluasi dengan didapatkan hasil masalah teratasi.

 

Kata kunci : Pneumonia; oksigenasi; gangguan pertukaran gas


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. 2009. Pneumonia, Penyebab Kematian Utama Balita. (online),http://Www.Depkes.Go.Id/Article/Print/410/Pneumonia-Penyebab-Kematian-Utama-Balita.Html tanggal 25 November 2020.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.Riset kesehatan dasar, laporan akhir tahun 2010. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Reppublik Indonesia; 2010.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Penanggulangan dan Tatalaksana Pneumonia.

Kementerian Kesehatan RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan

Ngastiyah. (2014). Keperawatan Anak Sakit .Ed ke-2. Jakarta: EGC

Nugraha.(2013). Patofogi Pneumoniaisiol. Essay tidak dipublikasikan

Tamsuri.(2008).Klien Gangguan Pernapasan : Seri Asuhan Keperawatan. Jakarta: EGC.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. 2016. Standart Diagnosis Keperawatan Indonesia Edisi : 1. Jakarta Selatan : Dewan Pengurus Pusat.

WHO.2014. Media Center.Countries vow to combat malnutrition through firm policies and actions.Diakses tanggal 29 November 2020 pukul 20.00 WIB.

Wong L. (2004). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik. Terjemahan.Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.31983/j-sikep.v2i2.7738

Article Metrics

Abstract view : 2062
Download PDF : 615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Studi Keperawatan  (e-ISSN: 2722-9289), is published by Keperawatan Blora, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Gatot Subroto No.119, Kajangansawan, Sonorejo, Kec. Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58213


Flag Counter