HUBUNGAN STANDAR PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) 10 T DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG

Kharisma Rakhmah, Hanifatur Rosyidah, Rr. Catur Leny Wulandari

Abstract


Kota Semarang jumlah Angka Kematian Ibu (AKI) sebanyak 88,3 per 100.000 Kelahiran Hidup (KH) di tahun 2017. Penyebab kasus AKI yaitu adanya keterlambatan dalam deteksi kehamilan dan pelaksanaan ANC belum sesuai standar. Kualitas pelayanan yang baik dilakukan oleh tenaga kesehatan pastinya akan meningkatkan kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui standar pelayanan ANC 10 T terhadap kepuasan ibu hamil di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Jenis penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan menggunakan accidental sampling didapatkan sebanyak 55 ibu hamil TM III. Metode analisis data menggunakan uji descriptive stastictics frequencies dan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa standar pelayanan ANC 10 T sebagian besar dilakukan secara lengkap sesuai standar 10 T yaitu 43 ibu hamil (78,2 %). Kepuasan ibu hamil pada waktu melakukan pemeriksaan ANC sebagian besar ibu hamil merasa puas  dengan pelayanan yang diberikan oleh bidan yaitu 44 ibu hamil (80%). Ada hubungan standar pelayanan ANC 10 T terhadap kepuasan ibu hamil. Kesimpulannya mayoritas pelayanan dilakukan sesuai standar dan ibu merasa puas.


Keywords


Angka kematian ibu, Standar pelayananan ANC 10 T, Kepuasan ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Amatiria, G. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 12(1), 106–111. Retrieved from https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKEP/article/view/366/338%0Ahttps://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKEP/article/view/366.

Bundarini, B., & Fitriahadi, E. (2019). Gambaran Kelengkapan Antenatal Care Terpadu Di Puskesmas Tepus II Gunungkidul. Jurnal SMART Kebidanan, 6(2), 70. https://doi.org/10.34310/sjkb.v6i2.272

Davina Amalia. (2018). No Title. Hubungan Indeks Kepuasan Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dimensi Kehandalan Dengan Minat Berobat Kembali Di RSD Kalisa Kabupaten Jember, 6.

Demny. (2013). No Title. Analisis Mutu Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Wonrely Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku Tahun 2012.

Dinkes Kota Semarang. (2017). Profil Kesehatan Kota Semarang. Semarang: Dinkes Kota Semarang.

Dissanayake. (2018). Satisfaction of pregnant mothers on institutional infrastructure facilities in primary health care centers in Nallur MOH area , Jaffna, (August), 2018.

Gapmelezy, E. (2018). Gambaran Kualitas Pelayanan Antenatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Sumber Sari Bantul Kota Metro, 3(2).

Jati, S., Sriatmi, A., & Kusumastuti, M. (2014). Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Antenatal Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 2(4), 276–282.

Kaparang, M. J., Widjanarko, B., & Purnami, C. T. (2015). Mutu Pelayanan Asuhan Antenatal Care oleh Bidan Pasca Pelatihan ANC Terpadu di Propinsi Sulawesi Tengah. Manajemen Kesehatan Indonesia, 03(02), 114–121.

Kemenkes RI. (2015). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Kemenkes RI. (2017). Optimalisasi Pemanfaatan Buku KIA. Retrieved from https://dinkes.bantenprov.go.id/read/berita/1004/OPTIMALISASI- PEMANFAATAN-BUKU-KIA.html. Diakses. 20 Mei 2019

Kementerian Kesehatan RI. (2010). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Mandias. (2013). No Title. Analisis Hubungan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado.

Marniyati, L. (2016). Pelayanan Antenatal Berkualitas dalam Meningkatkan Deteksi Risiko Tinggi pada Ibu Hamil oleh Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sako, Sosial, Sei Baung dan Sei Selincah di Kota Palembang. Januari, 3(1), 355–362.

Maulana. (2011). No Title. Penilaian Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Mutu Layanan Antenatal Dalam Kaitannya Dengan Kepatuhan Dan Karakteristik Bidan Di Puskesmas Se Kota Jambi Tahun 2011.

Mensah, G. A. (2018). Assessment of Quality of Care among Pregnant Women in the Achimota Hospital, (10332207), 1–115.

Mumu, L. J., Kandou, G. D., & Doda, D. V. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou Manado Clinic of Internal Medicine Department of RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou. Jurnal Unsrat, 1. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7460

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan. Jakarta. Jakarta: Salemba Medika.

Puskesmas Gending Kabupaten Gresik. (2012). Data Dokumentasi Asuhan Kebidanan . Gresik.

Rahayu, Y. P. (2013). Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Tentang Mutu Pelayanan Anc Di Puskesmas Jambu Burung Kabupaten Banjar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sari, N. (2017). No Title. Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Pada Pelayanan Antenatal Care Terintegrasi Di Puskesmas Temon II Kulon Progo Tahun 2017.

Siregar, M., Harianja, N. Y. F., Oleh, A. N. C., Di, B., Kerja, W., & Ngoresan, P. (2018). Di Klinik Pratama Niar Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018. Jurnal Ilmiah PANNMED, 13(1), 37–42.

Williams, et al. (2012). Mothers’ Views of Caseload Midwefer and the Value of Continuity of Care at an Australian Regional Hospital, 2, 615–621.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v17i1.6683

Article Metrics

Abstract view : 3127
Download PDF : 2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License