PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMBIMBNG KLINIK MELALUI PELATIHAN METODE PRECEPTORSHIP DAN MENTORSHIP

Kurniati Puji Lestari, Muhamad Jauhar, Ike Puspitaningrum, Shobirun Shobirun, Iis Sriningsih, Mugi Hartoyo

Abstract


Preceptors bertugas mengajar, menasihati, menginspirasi, panutan, serta mendukung tumbuh kembang mahasiswa keperawatan. Model bimbingan preceptroship adalah proses pendelegasian wewenang dari pembimbing kepada mahasiswa. Metode Pelatihan Preceptorship memfasilitasi pembelajaran tentang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku preceptor. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan bekal bimbingan klinis dalam menerapkan pembelajaran klinik aktif. Metode kegiatan melalui pelatihan Preceptorship, dengan pre dan post test, ceramah, simulasi peran, evaluasi, dan pendampingan bimbingan klinis. Preceptor adalah 56,5% perempuan, dan 52,2% memiliki pengalaman pelatihan bimbingan klinis. Rerata pengetahuan sebelum pelatihan 27,74 dengan SD 12,638, dan rerata 52,74 dan SD 20,324 setelah pelatihan. Ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan dengan p-value = 0,000 (p <0,05). 31 CI (77,5%) menyatakan tema pelatihan sangat baik, 23 CI (57,5%) menyatakan ketepatan waktu sangat baik, 23 CI (53,5%) menyatakan bahwa layanan penyelenggara sangat baik. Pelatihan Metode Pembelajaran Preceptorship meningkatkan pengetahuan pembimbing klinik. Kegiatan ini dapat diintegrasikan dalam perencanaan pembelajaran klinik kerjasama antara pihak pendidikan dan pelayanan

Keywords


preceptorship method, training, clinical learning

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia, & (AIPNI). (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015 Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. www.aipni-ainec.com

Benny A. Pribadi. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE (Pertama). Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=m_pDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=y3m0B4A4wA&sig=R5IA2NISs2Ql7uSWOiM_A498QoE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Kathleen B. Gaberson; Marilyn H. Oermann. (2010). Clinical Teaching Strategies in Nursing. In Library of Congress Calatoging-in-Publication Data (Third Edit, Vol. 53, Issue 9). Spinger Publishing Company.

Koy, V. (2015). Perceptions of nursing students on effective clinical preceptors in Phnom Penh National Hospitals, Cambodia. International Journal of Research in Medical Sciences, 3(7), 1605–1610. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20150237

Kurniawan, M. H., & Bahtiar, B. (2018). Nurse Preceptor Experience in Preceptorship Program: A Systematic Literature Review of Qualitative Studies. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 1(1), 35–48. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v1i1.8

Lestari, K. P., Siswanto, J., Sriningsih, I., & Setyowati, S. E. (2019). Pelatihan Instruktur Klinik : Metode Perseptor Dalam Pembelajaran Klinik Di Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Link, 15(1), 7. https://doi.org/10.31983/link.v15i1.3923

Mamik Eko Supatmi. (2016). Pengaruh Pelatihan, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dan Kinerja Pegawai. Jurnal Profit, 7(1), 25–37.

Marcia Gardner, P. D. S. (2010). Handbook of Clinical Teaching in Nursing and Health Sciences. Jones & Bartlett Publishers.

Omer, T. Y., Suliman, W. A., Thomas, L., & Joseph, J. (2013). Perception of nursing students to two models of preceptorship in clinical training. Nurse Education in Practice, 13(3), 155–160. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2013.02.003

Renu, M., Boonchom, S. ard, & Apinya, J. (2015). Strengthening preceptors competency in Thai clinical nursing. Educational Research and Reviews, 10(20), 2653–2660. https://doi.org/10.5897/err2015.2468

Slameto. (2013). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sulung, N. (2016). Efektifitas Metode Preseptor dan Mentor dalam Meningkatkan Kompetensi Perawat Klinik. Jurnal IPTEKS Terapan, 9(3). https://doi.org/10.22216/jit.2015.v9i3.416

Suprati, S. (2019). Analisis Dampak Model Pelatihan Klasikal dan Preseptorsip terhadap Kompetensi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ), 5(2), 196–206.

Vecchia, E. Della, & Sparacino, L. (2015). High fidelity simulator experience for enhancing communication effectiveness: Applications to quality and safety education for nurses. Journal of Nursing Education and Practice, 5(9). https://doi.org/10.5430/jnep.v5n9p78

Yeni Rusyani. (2019). Pengaruh Pelatihan Quality and Safety Education for Nurses (QSEN) terhadap Kompetensi Patient Centered Care Preceptor di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan STIKes Duta Gama Klaten, 10(2), 93–106. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.5737/e-journal.v10i2.450




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v17i1.6632

Article Metrics

Abstract view : 844
Download PDF : 840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License