PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) MENJADI ORANG TUA CERDAS DENGAN PARENTING EDUCATION

Suparni Suparni, Nina Zuhana

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang diperuntukkan bagi anak sejak lahir sampai dengan enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan melalui pendidikan untuk mempengaruhi perkembangan jasmani maupun rohani agar anak bisa menyesuaikan diri untuk dapat melalui pendidikan lebih lanjut. Tujuan dari PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan orang tua/wali mengenai golden periode pada anak, cara mendidik anak di era digital, stimulasi dan nutrisi untuk kecerdasan anak dan komunikasi untuk optimalisasi tumbuh kembang anak agar dapat melaksanakan. Kegiatan ini merangsang partisipasi dan keterlibatan orang tua/wali siswa untuk mengikuti kegiatan parenting yang dilaksanakan oleh sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan/edukasi dengan menggunakan metode partisipatif (bercerita dengan bertukar pengalaman dari masing-masing orang tua/wali). Hasil dari PKM ini untuk pengetahuan orang tua/wali adalah adanya peningkatan nilai rata-rata pre test nya 65,7 dan nilai rata-rata post test adalah 93,4.  Simpulan dari PKM ini adalah kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan orang tua/wali serta merangsang partisipasi dan keterlibatan orang tua/wali siswa untuk mengikuti kegiatan parenting yang dilaksanakan oleh sekolah.


Keywords


Orang tua cerdas, Parenting Education

Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2015). PROFIL KETERLIBATAN ORANG TUA PROFILE OF PARENTS INVOLVEMENT IN THE EDUCATION. In Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI Vol. 10, Issue 1).

Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang (Thesis, Vol. 22). Universitas Diponegoro.

Asfandiyar, A. Y. (2012). Creative Parenting Today. KAIF.

Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. SCHOLARIA : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol 6 No 3, 264–272.

Chandrawaty. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen PAUD Perguruan tinggi Muhammadiyah.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Setijaningsih, T. (2014). The Effect of Parenting Program Towards Knowledge and Attitude of Parents for Giving Fundamental Needs of Children in Early Age. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(2), 129–134. https://doi.org/10.26699/jnk.v1i2.art.p129-134

Wirawan, S. (2014). PENYULUHAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN KONVENSIONAL TER- HADAP PENGETAHUAN IBU ANAK BALITA Susilo. Wirawan, 80–87.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v16i2.6384

Article Metrics

Abstract view : 628
Download PDF : 349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License