PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT ADVENT BANDAR LAMPUNG

Cia Putri Silaban, Mori Agustina br Perangin-angin

Abstract


Data Riskesdas penyebab kematian tertinggi ke-3 oleh penyakit tidak menular di Indonesia adalah penyakit gagal ginjal kronis (GGK), bagi pasien GGK yang harus menjalani terapi hemodialisa selama sisa hidupnya pasti sangat berat untuk dijalani dan seringkali merasakan kecemasan akibat penurunan aktivitas fisik dan kualitas hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap tingkat kecemasan pasien hemodialisa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasi dan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 81 responden yang merupakan pasien hemodialisa di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung (RSABL). Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari 2020. Instrumen untuk mengukur dukungan keluarga menggunakan Family Support Scale (FSS), sedangkan untuk mengukur tingkat kecemasan menggunakan Hospital Anxiety and Depression Scale (HADS). Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikan p 0.015 < 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap tingkat kecemasan pasien hemodialisa di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung

Keywords


Dukungan Keluarga; Kecemasan; Gagal Ginjal Kronis; Hemodialisa.

Full Text:

PDF

References


Anggeria, E., & Marsia, R. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis Di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Royal Prima Medan.

Aodina, S. S. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Yang Menjalani Hemodialisa Di Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember.

Argiyati, H. B. (2015). Peran Dukungan Keluarga Terhadap Manajemen Stres Pada Pasien Gagal Ginjal Di Yogyakarta.

Cherney, K. (2020). Effect Of Anxiety On The Body. Diakses September 08, 2020, dari http://healthline.com/health/anxiety/effect-on-body

Cipta, I. D. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Di Unit Hemodialisa RS PKU Muhammadiyah Unit II Gamping Sleman Yogjakarta.

Friedman, L. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.

IRR. (2017). Report Of Indonesian Renal Registry. Jakarta: Perkumpulan Nefrologi Indonesia (Pernefri).

Musa, W. L., Kundre, R., & Babakal, A. (2015). Hubungan Tindakan Hemodialisa Dengan Tingkat Kecemasan Klien Gagal Ginjal Di Ruangan Dahlia RSUP Prof Dr. R. Kandou Manado.

Muttaqin, A., & Sari, K. (2011). Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Perkemihan. Jakarta: Salemba Medika.

Pongsibidang, G. (2016). Resiko Hipertensi, Diabetes Melitus Dan Mengkonsumsi Obat Herbal Pada Kejadian Gagal Ginjal Kronis Di RSUP Dr Wahidin Sudiro Husodo Makasar.

Ratna, W. (2010). Sosiologi Dan Antropologi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Riskesdas. (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. Diakses Januari 22, 2020, dari http://www.depkes.go.id

Rochman, K. L. (2010). Kesehatan Mental. Purwokerto: Fajar Media Press.

Tanvir, S., Butt, G., & Taj, R. (2013). Prevalence Of Depression And Anxiety In Chronic Kidney Disease Patients On Hemodyalisis.

Tarwoto, W. (2011). Kebutuhan Dasar Manusia Dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wakhid, A., & Suwanti. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Yang Menjalani Hemodialisa.

WHO. (2018). Definition Of Palliative Care. Diakses Januari 20, 2020, dari http://www.who.int/cancer/palliative/definition/en/

Widayati, D., Nuari, N. A., & Setyono, J. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Penerimaan Keluarga Dalam Merawat Pasien GGK Dengan Terapi Hemodialisa Melalui Supportive Educative Group Therapy.

Wijayanti, D., Dinarwiyata, & Tumini. (2017). Self Care Management Pasien Hemodialisa Ditinjau Dari Dukungan Keluarga Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v16i2.6370

Article Metrics

Abstract view : 1657
Download PDF : 1489

Refbacks



LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License