KEGIATAN REVITALISASI KELAS IBU HAMIL (KERTAS BUMIL)
Abstract
Kelas ibu hamil adalah salah satu upaya untuk dapat memberikan pengetahuan yang cukup kepada ibu hamil dan keluarga. Kelas ibu hamil merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui sarana belajar kelompok tentang kesehatan ibu hamil melalui pemanfaatan buku KIA. Dukuh papagan adalah dukuh yang padat penduduk dengan tingkat pendidikan masyarakatnya yang rata-rata rendah yakni tamat sekolah dasar. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah revitalisasi kelas ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Hasil pengabdian ini adalah terbentuknya kembali kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil tetap berjalan dengan kerjasama warga, puskesmas, bidan, kader, dan ibu hamil. Kelas ibu hamil tetap berjalan sebulan sekali dengan dana iuran sendiri dari ibu hamil untuk snack karena kesadaran pentingnya pengetahuan selama kehamilan. Rencana Tindak Lanjut adala keberlangsungan kelas ibu amil dengan pemateri bisa dari bidan atau dari instititusi pendidikan kebidanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, & Fitriayani. (2016). Faktor - faktor internal dan Eksternal yang berhubungan dengan kejadian anemia di wilayah kabupaten pekalongan. Jurnal Motorik, 11, 41–49.
Aisyah, R. D., Suparni, S., & Fitriyani, F. (2019). Abstrac Abstrak. 08, 15–20.
Brixval, C. S., Axelsen, S. F., Lauemøller, S. G., Andersen, S. K., Due, P., & Koushede, V. (2015). The effect of antenatal education in small classes on obstetric and psycho-social outcomes - a systematic review. Systematic Reviews, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s13643-015-0010-x
Castrogiovanni, P., & Imbesi, R. (2017). The role of malnutrition during pregnancy and its effects on brain and skeletal muscle postnatal development. Journal of Functional Morphology and Kinesiology, 2(3). https://doi.org/10.3390/jfmk2030030
Fitriyani, F., Aisyah, R. D., & Prafitri, L. D. (2020). “Peduli Generasi Penerus Bangsa, Peduli Pada Awal Kehidupannya” Dengan Pendampingan Ibu Hamil Dan Balita Dua Tahun (Baduta). Link, 16(1), 6–11. https://doi.org/10.31983/link.v16i1.5570
Forbes, L. E., Graham, J. E., Berglund, C., & Bell, R. C. (2018). Dietary change during pregnancy and women’s reasons for change. Nutrients, 10(8), 1–10. https://doi.org/10.3390/nu10081032
Gluck, O., Hiaev, Z., Rubinstein, H., Bar, J., & Kovo, M. (2018). 761: The impact of childbirth education classes on delivery outcome. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 218(1), S456. https://doi.org/10.1016/j.ajog.2017.11.293
Koenig, M. D. (2017). Nutrient Intake During Pregnancy. JOGNN - Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing, 46(1), 120–122. https://doi.org/10.1016/j.jogn.2016.11.004
Koushede, V., Brixval, C. S., Thygesen, L. C., Axelsen, S. F., Winkel, P., Lindschou, J., Gluud, C., & Due, P. (2017). Antenatal small-class education versus auditorium-based lectures to promote positive transitioning to parenthood - A randomised trial. PLoS ONE, 12(5), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0176819
Mersal, F. A., Esmat, O. M., & Khalil, G. M. (2013). Effect of prenatal counselling on compliance and outcomes of teenage pregnancy. Eastern Mediterranean Health Journal, 19(1), 10–17. https://doi.org/10.26719/2013.19.1.10
Ontario, G. (2013). e Evidence for Prenatal Education. 1–7.
Rahfiludin, M. Z., & Dharmawan, Y. (2019). JOURNAL OF PUBLIC HEALTH FOR TROPICAL AND COASTAL Description of Daily Nutritional Intake of Pregnant Women in Temanggung District , Central Java , Indonesia . 1.
Svensson, J., Barclay, L., & Cooke, M. (2008). Effective Antenatal Education: Strategies Recommended by Expectant and New Parents. Journal of Perinatal Education, 17(4), 33–42. https://doi.org/10.1624/105812408x364152
DOI: https://doi.org/10.31983/link.v16i2.6343
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274
Public Services :
E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id
LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License