SKRINING ANEMIA DENGAN PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN PADA PENGENDARA OJEK MOTOR ONLINE KOTA SEMARANG

Lilik Setyowatiningsih, Widodo Widodo, Devi Purlinda, Rasyid Rasyid

Abstract


Alat transportasi kendaraan bermotor sangat memudahkan manusia dalam melaksanakan suatu pekerjaan, tetapi di sisi lain penggunaan kendaraan bermotor menyebabkan akibat buruk bagi kesehatan yang disebabkan oleh gas buang dari hasil pembakaran bahan bakar yang tidak terurai dengan sempurna. Salah satu zat pencemar udara yaitu Timbal (Pb) yang dihasilkan dari pembakaran yang kurang sempurna pada mesin kendaraan. Pesatnya perkembangan kendaraan di Kota Semarang berpotensi terhadap pencemaran udara yang dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan masyarakat pengguna jalan. Pengendara ojek motor online yang berada di stasiun Tawang merupakan salah satu pekerjaan yang beresiko tinggi terpapar polutan karena mereka bekerja di jalan raya yang banyak dilewati kendaraan bermotor. Tingginya kadar Pb dalam darah dapat menghambat proses pembentukan hemoglobin (Hb) dan menyebabkan penyakit anemia. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa seluruh responden sejumlah 52 orang (100%) tidak terindikasi penurunan kadar Hb dan penyakit anemia


Keywords


Anemia, pengendara ojek motor online

Full Text:

PDF

References


Adiwijayanti, B. R. (2015) Hubungan Karakterisik Individu Terhadap Kadar Timbul dalam Darah dan Dampaknya pada Kadar Hemoglobin Pekerja Percetakan di Kawasan Megamall Ciputat. Susp Universitas Negeri Islam.

BPS (2017) Kota Semarang Dalam Angka, http://semarangkota.bps.go.id.

Evelyn, C. (2009) Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia.

Farikha, D. A. (2015) Gambaran Kadar Hemoglobin, Kadar Timbal Darah dan Asupan Sengan pada Anak Usia 9-12 Tahun. Universitas Diponegoro Semarang.

Gunadi, V. I. R., Mewo, Y. M. and Tiho, M. (2016) ‘Gambaran Kadar Hemoglobin pada Pekerja Bangunan’, Jurnal e-biomedik, 4(2).

Gusnita, D. (2012) ‘Pencemaran Logam Berat Timbal (Pb) di Udara dan Upaya Penghapusan Bensin Bertimbal’, Berita Dirgantara, 13(3).

Harianja, S. H., Nurhayati and Dani, H. (2020) ‘Upaya Pencegahan Anemia Melalui Pemeriksaan Laboratorium dan Penyuluhan di Kelurahaan Talang Jambe Palembang Tahun 2019’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 2(1).

Hastuti, P. et al. (2018) ‘Hubungan Timbal dan Krom pada Pemakaian Pewarna Batik dengan Kadar Hemoglobin di Kecamatan Lendah Kulon Progo’, Journal Of Community Empowerment For Health, 1(1).

Irawati, L., Julizar and Irahmah, M. (2011) ‘Hubungan Jumlah dan Lamanya Merokok dengan Viskositas Darah’, Majalah Kedokteran Andalas, 35(2).

Kee, L. (2006) Buku Saku Penelitian Pemeriksaan Laboratorium dan Diagnostik Edisi 2. Jakarta: EGC.

Mifbakhuddin, W, N. E. and Suhartono (2007) ‘Hubungan Kadar Pb dalam Darah dengan Profil Darah pada Petugas Operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Kota Semarang Timur’, Indonesia, Jurnal Kesehatan Lingkungan, 6(1).

Mirza, J. (2013) Perbedaan Kadar Hemoglobin Antara Mahasiswa yang Rutin Berolahraga Futsal pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesenian IKIP dengan Mahasiswa yang Jarang Berolahraga pada Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan IKIP Periode Januari 2013 oktober 2013. Universitas Ikip Mataram.

Palar (2008) Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rizkiawati, A. (2012) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kadar Hemoglobin (Hb) dalam Darah pada Tukang Becak di Pasar Mranggen Demak’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2).

Rosita, B. and Widiarti, L. (2018) ‘Hubungan Toksisitas Timbal (Pb) dalam Darah dengan Hemoglobin Pekerja Pengecatan Motor Pekanbaru’, Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 1(1).

Safitri, A. et al. (2019) ‘Hubungan Antara Penguasaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Etika Lingkungan Siswa SMA’, Jurnal Bioterdidik, 7(5).

Saputro, D. A. and Junaidi, S. (2015) ‘Pemberian Vitamin C pada Latihan Fisik Maksimal dan Perubahan Kadar Hemoglobin dan Jumlah Eritrosit’, Journal of Sport Sciences and Fitness, 4(3).

Suciani, S. (2007) Kadar Timbal dalam Darah Polisi Lalu Lintas dan Hubungannya dengan Kadar Hemoglobin. Universitas Diponegoro Semarang




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v17i1.5820

Article Metrics

Abstract view : 1010
Download PDF : 1340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License