EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA TENTANG TB PARU PADA ANAK DI KABUPATEN BANYUMAS

Sumiyati Sumiyati, Puji Hastuti, Anita Widiastuti

Abstract


Angka kematian balita memperlihatkan perbandingan terbalik antara tingkat  pendidikan ibu dengan kematian anak. Anak-anak dari ibu dengan tingkat pendidikan rendah pada umumnya mempunyai tingkat kematian lebih tinggi dibandingkan anak-anak dari ibu berpendidikan lebih tinggi.  Seorang anak yang menderita penyakit kronis akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan. Salah satu penyakit kronis yang dapat menghambat pertumbuhan anak yaitu Tuberkulosis atau TB. Pedoman penanggulangan  TB  mempunyai tujuan utama pengobatan pasien TB adalah menurunkan angka kematian dan kesakitan serta mencegah penularan dengan cara menyembuhkan pasien.

Tujuan penelitian ini mengetahui efektifitas penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita terhadap TB paru pada anak. Jenis penelitian quasi eksperiment design dengan rancangan penelitian pre test - post test control group design. Sampel penelitian ini terdiri  30 responden ibu yang memiliki anak balita usia 1-5 tahun yang mengalami TB Paru, yaitu satu kelompok perlakuan 15 responden dan satu kelompok kontrol 15 responden.

Hasil penelitian menunjukkan penyuluhan kesehatan dengan metode bimbingan dan konseling melalui media lembar balik dan leaflet secara signifikan  meningkatkan pengetahuan ibu balita tentang TB Paru pada anak (p-value=0,0001), juga secara signifikan dapat meningkatkan sikap ibu balita tentang TB Paru pada anak (p-value=0,0001).

Disarankan penelitian ini sebagai sumber informasi manfaat penyuluhan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang TB Paru pada anak, diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan metode dan media lain yang digunakan dalam penyuluhan kesehatan bagi masyarakat.

 


Keywords


penyuluhan kesehatan, pengetahuan, sikap, TB Paru pada anak

Full Text:

PDF

References


Buang, M.S., Rahmalia S., Arneliwati, (2015), Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Perilaku Hidup Sehat Keluarga tentang Pencegahan Penularan Tuberkulosis Paru, Jurnal JOM Vol 2, No. 2

Emilia, O. (2008) Promosi Kesehatan dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi, Yogyakarta:Pustaka Cendekia

Fitriani, F.K., (2015), Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Media Lembar Balik Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang di Puskesmas Pamulang Tangerang Selatan Tahun 2015, Skripsi, Prodi Kesmas UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hamidi, H. (2010) Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu tentang Pencegahan Penyakit TB Paru dengan Kejadian TB Paru Anak Usia 0-14 Tahun di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4)Kota Salatiga Tahun 2010. Fakultas Ilmu Keolahragaan-Kesehatan Masyarakat, Sarjana, Universitas Negeri Semarang.

Juliantara, (2009), Media Audio Visual, Jakarta: EGC

Kemenkes RI (2009) Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 364/Menkes/SK/V/2009 tentang Pedoman Penanggulangan Tuberkulosis (TB). Jakarta: Kemenkes RI.

Maulana, H.D.J, (2009), Promosi Kesehatan, Jakarta: EGC

Notoatmodjo, S. (2003) Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta:PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2005) Metodologi Penelitian Kesehatan, (3thed), Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010) Ilmu Perilaku Kesehatan Jakarta:Rineka Cipta.

Purbowati, N., (2016), Pengaruh Konseling Menggunakan Lembar Balik dan Leaflet terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Besi, Jurnal Tunas-Tunas Riset Kesehatan Volume VI No. 2, Jakarta diakses dari http://2trik.jurnalelektronik.com/index.php/2TRIK.

Rompas,S., Karundeng, M., Mamonto, S.F., (2014), Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Penegtahuan dan Sikap Remaja tentang Penyakit Menular Seksual Di SMK Fajar Bolaang Mongondow Timur, Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sitepu, A., Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Ceramah disertai VCD dan Tanpa Pemutaran VCD dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Penyakit Pneumonia pada Balita Di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Wawan, A. & Dewi, M. (2011) Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Yogyakarta:Nuha Medika.

Yunita, L., (2016) Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Dalam Penanganan Diare Balita di sekitar UPT TPA Cipayung Depok, FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v14i1.2934

Article Metrics

Abstract view : 3220
Download PDF : 2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License