KEPUASAN STAKEHOLDER TERHADAP KINERJA PRAKTIKAN JURUSAN REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Sri Lestari, Marsum Marsum

Abstract


Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan merupakan jurusan baru pada Poltekkes Kemenkes Semarang yang menerima peserta didik mulai tahun akademik 2013/2014. Untuk mengetahui kualitas peserta didik antara lain perlu dilakukan evaluasi kompetensi dan kinerja peserta didik pada saat melakukan praktek.  Praktikan yang memiliki kompetensi dan kinerja yang baik akan memuaskan  pengguna (stakeholder) karena dapat membantu meningkatkan pelayanan. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan stakeholder adalah pengguna jasa praktikan Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan seperti rumah sakit.
Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian kuesioner dan wawancara dengan pembimbing klinik pada beberapa rumah sakit yang telah digunakan sebagai lahan praktek Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Dalam penelitian ini, pengumpulan dan analisis data kuantitatif. Lokasi penelitian akan dilaksanakan  di rumah milik pemerintah daerah di wilayah kota dan kabupaten Semarang, yaitu RSUD Kota Semarang, RSUD Tugurejo, RSUD Ungaran dan RSUD Ambarawa.
Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan oleh responden RSUD Ungaran diperoleh hasil yang sangat memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 4 dan tertinggi 4,9. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Ungaran adalah 4,5 (sangat memuaskan). Di RSUD Kota Semarang diperoleh hasil yang sangat memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 4,3 dan tertinggi 4,9. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Kota Semarang adalah 4,7 (sangat memuaskan). Di RSUD Tugurejo diperoleh hasil yang memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 3,2 dan tertinggi 4,3. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Tugurejo adalah 3,8 (memuaskan). Sedangkan di RSUD Ambarawa diperoleh hasil yang memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 3 dan tertinggi 4,7. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Ambarawa adalah 3,8 (memuaskan).

Keywords


Kepuasan, Stakeholder, Kinerja, Praktikan, Rekam Medis

Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Rajawali Press, Jakarta.

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Astini, Y., & Kodri, K. (2016). Kepuasan User terhadap Kinerja Perawat Lulusan Politeknik Kesehatan. Jurnal Keperawatan, 8(2), 107-113.

Belash, Olga, et al. 2015. Research on University Education Quality Assurance: Methodology and Results of Stakeholders’ Satisfaction Monitoring. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 214, 344-358.

Creswell, J.W. 2008. Educational Research : Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Pearson International Edition. New Jersey : Pearcon Education Inc.

Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung : Pustaka Setia

Irawan, Hadi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media Komputindo

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, 11th Edition. New Jersey : Prentice Hall Int’l.

Poltekkes Semarang. 2015. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan dan Praktik Kerja Nyata. Semarang : tidak dipublikasi

Permenkes. 2007. Pedoman Organisasi dan Tata Laksana Politeknik Kesehatan. Jakarta

Permenkes. 2012. Penggunaan Lahan Praktek bagi Diploma III RMIK. Jakarta

Sujarweni, Wiranata. 2014. Metodologi PenelitianI. Yogyakarta : Pustaka Baru

Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta : Grafindo.

Zeithaml, Valarie A. Dan Bitner, Mary Jo. 2003. Service Marketing. New York : McGraw Hill Int’l.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v13i1.2135

Article Metrics

Abstract view : 731
Download PDF : 631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License