KEPUASAN STAKEHOLDER TERHADAP KINERJA PRAKTIKAN JURUSAN REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
Abstract
Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian kuesioner dan wawancara dengan pembimbing klinik pada beberapa rumah sakit yang telah digunakan sebagai lahan praktek Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Dalam penelitian ini, pengumpulan dan analisis data kuantitatif. Lokasi penelitian akan dilaksanakan di rumah milik pemerintah daerah di wilayah kota dan kabupaten Semarang, yaitu RSUD Kota Semarang, RSUD Tugurejo, RSUD Ungaran dan RSUD Ambarawa.
Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan oleh responden RSUD Ungaran diperoleh hasil yang sangat memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 4 dan tertinggi 4,9. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Ungaran adalah 4,5 (sangat memuaskan). Di RSUD Kota Semarang diperoleh hasil yang sangat memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 4,3 dan tertinggi 4,9. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Kota Semarang adalah 4,7 (sangat memuaskan). Di RSUD Tugurejo diperoleh hasil yang memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 3,2 dan tertinggi 4,3. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Tugurejo adalah 3,8 (memuaskan). Sedangkan di RSUD Ambarawa diperoleh hasil yang memuaskan, dimana rata-rata skor terendah 3 dan tertinggi 4,7. Rata-rata score tingkat kepuasan stakeholder terhadap kinerja praktikan di RSUD Ambarawa adalah 3,8 (memuaskan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Rajawali Press, Jakarta.
Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Astini, Y., & Kodri, K. (2016). Kepuasan User terhadap Kinerja Perawat Lulusan Politeknik Kesehatan. Jurnal Keperawatan, 8(2), 107-113.
Belash, Olga, et al. 2015. Research on University Education Quality Assurance: Methodology and Results of Stakeholders’ Satisfaction Monitoring. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 214, 344-358.
Creswell, J.W. 2008. Educational Research : Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Pearson International Edition. New Jersey : Pearcon Education Inc.
Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung : Pustaka Setia
Irawan, Hadi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media Komputindo
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management, 11th Edition. New Jersey : Prentice Hall Int’l.
Poltekkes Semarang. 2015. Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan dan Praktik Kerja Nyata. Semarang : tidak dipublikasi
Permenkes. 2007. Pedoman Organisasi dan Tata Laksana Politeknik Kesehatan. Jakarta
Permenkes. 2012. Penggunaan Lahan Praktek bagi Diploma III RMIK. Jakarta
Sujarweni, Wiranata. 2014. Metodologi PenelitianI. Yogyakarta : Pustaka Baru
Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Yin, Robert K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta : Grafindo.
Zeithaml, Valarie A. Dan Bitner, Mary Jo. 2003. Service Marketing. New York : McGraw Hill Int’l.
DOI: https://doi.org/10.31983/link.v13i1.2135
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274
Public Services :
E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id
LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License