SINTESIS ASAP CAIR DARI TEMPURUNG BIJI PALA DAN KARAKTERISTIK KANDUNGAN KIMIA

Nizmawaty Amra, Nur M. Ali, Sitti Salmiyah A. Bahruddin

Abstract


Limbah produk tanaman perkebunan seperti tempurung, ranting dan kayu belum tersentuh teknologi sehingga memberikan peluang untuk pengembangan teknologinya. Salah satu alternatif pengolahan adalah pirolisis sehingga menghasilkan asap cair yang dapat berfungsi sebagai pengawet dan memberikan nilai tambahan bagi petani. Tujuan penelitian yaitu mensintesis asap cair dari tempurung biji pala dan mengetahui karakteristik kimianya sebagai bahan pengawet makanan alami. Metode pelaksanaannya adalah proses pembakaran tempurung biji pala dalam wadah pirolisa selanjutnya dilakukan proses kondensasi kemudian tampung asap cair dan tar yang dihasilkan, selanjutnya dilakukan destilasi dengan menggunakan arang aktif dan diuji kandungan kimia asap cair. Hasil proses pembakaran 10 kg tempurung biji pala adalah 180cc asap cair dan tergolong sangat kecil jika dibandingkan asap cair dari tempurung kelapa. Hal ini diduga karena peralatan yang masih perlu diperbaiki. Berdasarkan hasil uji kandungan kimia, diperoleh kandungan fenol pada asap cair tempurung biji pala sebanyak 0,69% dan kandungan asam 0,15%. senyawa fenol yang bersifat antioksidan dapat menghambat kerusakan pangan. Berdasarkan hasil uji kandungan benzopiren, tidak ditemukan dalam asap cair yang telah dilakukan destilasi, sehingga asap cair ini aman digunakan sebagai pengawet alami bahan pangan.

 


Keywords


Tempurung Biji Pala; Kimia; Asap Cair

Full Text:

PDF

References


Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau. 2015. Laporan perkembangan Pengkajian Bioindustri Kelapa Kabupaten Indragiri Hilir. BPTP Riau, Badan Litbang Pertanian.

Girard, J.P.(1992). Smoking in Technology of Meat and Meat Product. Ellis Horwood, New York.

ILO-PCdP2 UNDP 2014. Kajian biji pala dengan pendekatan rantai nilai dan Iklim usaha di Kabupaten Fak-Fak. Laporan Study.

Khairul Ihwan. 2015. Studi Kelayakan Investasi Pabrik Asap cair di Pulau Kijang. Skripsi Program Studi Teknik Industri, Fak Sains dan Teknologi, Univ Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Hidayat, T dan Komaruddin. 2015. Analisis Pengaruh Temperatur Pirolisis dan Bahan Biomassa terhadap kapasitas hasil pada alat pembuat asap cair.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v13i1.2119

Article Metrics

Abstract view : 1118
Download PDF : 1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License