HUBUNGAN SANITASI RUMAH TINGGAL DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT PADA ANAK 0-5 TAHUN DI DESA BABAKAN KECAMATAN PANGANDARAN KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2020

Aldi Septian, Khomsatun Khomsatun, Lagiono Lagiono

Abstract


Latar belakang kejadian ISPA merupakam salah satu penyebab kematian tersering pada anak di Negara berkembang, dengan gejala demam, batuk, pilek, infeksi telinga dan radang tenggorokan. . Kelompok yang paling berisiko adalah balita, anak-anak, dan orang lanjut usia, terutama di negara-negara dengan pendapatan per kapita rendah dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sanitasi rumah tinggal yang berhubungan dengan kejadian ISPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan case control (penelitian jenis analitik observasional yang dilakukan dengan cara membandingkan antara kelompok kasus sebanyak 30 (penderita ISPA) dan kelompok kontrol berdasarkan status paparannya sebanyak 30. Analisis yang di gunakan yaitu uji Chi-Square dan untuk menguji terhadap risiko dengan dihitung Odds Ratio (OR) dan uji Regresi Logistik. Hasil penelitian ini adalah luas ventilasi (p: 0,000 , OR: 9,036), kepadatan hunian (p: 0,020 , OR: 3,500), kepemilikan lubang asap dapur (p: 0,003 , OR: 5,231), jenis dinding (p: 1,000 , OR: 1,000) dan jenis lantai tidak dapat dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil uji analisis regresi logistik yang paling dominan  yaitu luas ventilasi dengan nilai B=2,662,  p=0,000 dan OR=9,036. Simpulan dari penelitian ini yaitu tidak ada hubungan antara jenis dinding dan jenis lantai, serta ada hubungan yang signifikan antara luas ventilasi, kepadatan hunian dan kepemilikan lubang asap dapur dengan kejadian ISPA. Disarankan bagi masyarakat untuk menigkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, Diharapkan masyarakat yang mempunyai balita dapat memperbaiki kondisi lingkungan fisik rumah, membuka ventilasi rumah agar ada pergantian udara, menyapu lantai setiap hari agar terhindar dari debu dan memisahkan kamar balita dengan orang tua agar tidak tertular penyakit ISPA.


Keywords


Sanitasi Rumah Tinggal; Dengan Kejadian ISPA pada Balita

Full Text:

PDF

References


Agustina, et al. 2013. “Hubungan Status Gizi dengan Infeksi Saluran Pernafasan akut di Desa Pelem Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Kediri”

Ardinasari, Eiyta. 2016. Buku Pintar Mencegah dan Mengobati Penyakit Bayi &Anak.Jakarta:Bestari.

Ditjen PPM dan PL (2002) Pedoman Teknis Penilaian Rumah sehat . Jakarta : Departemen Kesehatan R.I.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar 2010. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian RI: Jakarta.

Kemenkes, 2015. Kasus ISPA pada Tiga Tahun Terakhir Sebagai Penyebab Kematian Pada Balita. Jakarta 2015.

Kementerian Kesehatan RI. (2012). profil data kesehatan indonesia. Depkes RI, Jakarta.

Kepmenkes RI No. 829/Menkes/SK/VII/1999 tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan.

Mardiah, 2017. “pencegahan penularan ispa (infeksi saluran pernafasan akut) dan perawatannya pada balita dirumah di kabupaten pangandaran”.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat “Prinsip-prinsip dasar”, Rineka Cipta, Jakarta.

Noviyanti, Vovi. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian penyakit ISPA di sekitar wilayah tempat pembuangan akhir sampah tamangapa kota Makassar.

Organizatin, W. H. (2008). Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang Cenderung Menjadi Epidemi dan Pandemi. Pedoman Interim WHO

Sinuraya, BR Diana Lady. 2017. Faktor risiko yang mempengaruhi kejadian ISPA pada balita di desa Singgamanik Kecamatan Munte Kabupaten Karo.

Sulistyorini, 2005. “Determinan Sanitasi Rumah Dan Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Kejadian Ispa Pada Anak Balita Serta Manajemen Penanggulangannya Di Puskesmas”

Widodo, 2001. Rumah Sebagai Tempat Hunian Dan Sarana pembinaan Keluarga.

World Health Organization (WHO). 2007. Pencegahan dan pengendalian Infeksi saluran pernafasan Akut (ISPA) yang cenderung menjadi epidemic dan pandemic di fasilitasi pelayanan kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v40i2.6057

Article Metrics

Abstract view : 331
Download PDF : 212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License