Efektifitas Berbagai Bahan Larvitrap Terhadap Jumlah dan Densitas Larva Aedes sp. yang Terperangkap

Hany Pratiwi Hidayati, Arif Widyanto, Mela Firdaust

Abstract


Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia. Indonesia beriklim tropis sehingga cocok untuk pertumbuhan nyamuk Aedes sp. Oleh karena itu perlunya pengendalian vektor untuk menurunkan populasi vektor serendah mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas berbagai bahan larvitrap terhadap jumlah dan densitas larva Aedes sp. yang terperangkap. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan rancangan Post test dengan kelompok kontrol. Jumlah sampel sebanyak 58 rumah yang dipasang 3 bahan larvitrap per rumah. Penelitian dilaksanakan di Desa Pandak Kecamatan Baturraden dan Kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Tiga bahan larvitrap adalah paralon PVC, bambu dan gelas plastik.  Hasil penelitian menggunakan bahan larvitrap dengan uji statistik kruskall-wallis diperoleh nilai signifikan p = 0,000 < 0.05, uji u-mann whitney didapatkan rata-rata signifikan terbanyak adalah larvitrap paralon PVC. Hasil uji kruskall-wallis berdasarkan hari pengamatan nilai signifikan p = 0,000 < 0,05, uji u-mann whitney menjelaskan bahwa ada perbedaan jumlah larva yang terperangkap pada hari pengamatan dan waktu puncak untuk mendapatkan jumlah larva Aedes sp. yang terperangkap paling banyak pada hari ke-8 dan hari ke-10. Hasil larvitrap Indeks menunjukkan bahwa pada larvitrap paralon PVC sebesar 50,8%, larvitrap bambu sebesar 36,41% dan larvitrap gelas plastik sebesar 47,41%.  Presentase tertinggi pada larvitrap paralon PVC yang berhasil menjebak larva Aedes sp. Simpulan dari penelitian ini bahwa larvitrap paralon PVC memiliki daya tarik lebih kuat bagi larva, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengendalian larva Aedes sp. yang efektif. Bila rutin dilakukan pemasangan, maka jumlah nyamuk akan semakin berkurang dan mengurangi potensi nyamuk menjadi vektor.


Keywords


DBD; larva; Aedes sp.; larvitrap

Full Text:

PDF

References


Purnama GS. Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan. Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana,. 2017;1–161.

Dinkes Kabupaten Banyumas. Profil Kesehatan Kabupaten Banyumas Tahun 2018. 2018.

Puskesmas Purwokerto Timur. Data Kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur I. 2019.

Poetra RP. Analisis Hubungan Densitas Larva Aedes Aegypti Dan Perilaku Masyarakat Terhadap Tingkat Endemisitas Demam Berdarah Dengue Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. 2013.

Permenkes RI. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Untuk Vektor Dan Binatang Pembawa Penyakit Serta Pengendaliannya. Jakarta; 2017.

Roeberji. Teknologi Tepat Guna Larvitrap Sebagai Alternatif Pengendalian Aedes Aegypti Di Desa Plumbon Pulo, Kecamatan Indramayu. Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat; 2017.

Widjaja J. Survei Entomologi Aedes Spp Pra Dewasa Di Dusun Satu Kelurahan Minomartani Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. Loka Litbang P2B2 Ciamis. 2012;

Suyono. Pengaruh Modifikasi Ovitrap terhadap jumlah nyamuk aedes yang terperangkap. Tesis; 2008.

Santjaka A. Malaria pendekatan model kausalitas. Indonesia: Nuha medika; 2013.

Cahyono T. Penyehatan Udara. Yogyakarta: Penerbit ANDI; 2017.

Damayanti V. Eksplorasi Transovari di Daerah Endemis DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Skripsi; 2017. (sebagai indikator potensial KLB).

Nurjana MA. Preferensi Aedes aegypti Meletakkan Telurpada Berbagai Warna Ovitrapdi Laboratorium. BALABA; 2017.

Azzahro F. Pengaruh Berbagai Jenis Atraktan Dalam Ovitrap Terhadap Jumlah Telur Nyamuk Aedes sp. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jurusan Kesehatan Lingkungan; 2015.

Wijayanti SPM, Anandari D, Maqfiroch AFA. Pengukuran Ovitrap Index (Oi) Sebagai Gambaran Kepadatan Nyamuk Di Daerah Endemis Demam Berdarah Dengue (Dbd) Kabupaten Banyumas. Jurnal. 2016;

Fadilah I. Pengaruh berbagai Jenis Atraktan pada Lethal Ovitrap terhadap nyamuk yang terperangkap di Kelurahan Karanglesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun 2016. Skripsi; 2016.




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v41i4.5989

Article Metrics

Abstract view : 197
Download PDF : 108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License