STUDI PENGELOLAAN SAMPAH PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT “ADIPATI MERSI” KABUPATEN BANYUMAS

Irfan Septia Kurniawan, Nur Hilal, Tri Cahyono

Abstract


Masalah sampah di Indonesia merupakan masalah yang rumit karena kurangnya pengertian masyarakat terhadap akibat-akibat yang dapat ditimbulkan oleh sampah. Faktor yang menyebabkan permasalahan sampah di Indonesia semakin rumit adalah meningkatnya taraf hidup masyarakat yang tidak disertai dengan keselarasan pengetahuan tentang persampahan dan juga partisipasi masyarakat yang kurang untuk memelihara kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya .Metode yang digunakan peneliti yaitu observasi dan pengukuran. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dimana penulis ingin mendapatkan informasi mengenai pengelolaan sampah p ada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Adipati Mersi di Kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas.Hasil penelitian diperoleh bahwa pengelolaan sampah di KSM Adipati Mersi Kelurahan Mersi pada variabel penimbulan sampah skor 56 %, variabel pewadahan mendapat skor 84%, pengumpulan sampah mendapat skor 57,1%, pengangkutansampah  dengan skor total 100%, pengolahan dan pemanfaatan sampah dengan skor  100%, dan variabel pembuangan akhir sampah mendapat skor 85,7%.Kesimpulan dan saran yang dapat penulis berikan tentang studi pengelolaan sampah di KSM Adipati Kelurahan Mersi Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas tahun 2018 mendapat kriteria baik. Saran kepada KSM Adipati Kelurahan Mersi adalah hendaknya  sarana dan prasarana serta penerapan peraturan tentang pengelolaan sampah  yang tegas sangat diperlukan.


Keywords


Sampah rumah tangga; KSM Adipati Mersi Kelurahan Mersi; Kesehatan Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Bahar, H. 1986. Teknologi Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta: PT Waca Utama Pramesti.

Damanhuri, Enri & Tri Padmi, (2005), Diktat Kuliah TL-3150 Pengelolaan Sampah. Bandung. Program Studi Teknik Lingkungan, FTSL, ITB.

Departemen Kesehatan, 1999, Pedoman pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Dampak Sampah (aspek kesling), Jakarta: Penerbit Depkes RI direktorat Jenderal PPM dan PLP.

Departemen Kesehatan, 1987, Pembuangan Sampah, 1987, Jakarta: Penerbit Depkes RI direktorat Jenderal PPM dan PLP.

Departemen PU, Dirjen Cipta Karya, 1986, Materi Training untuk Tingkat Staf Teknis Proyek PLP Sektor Persampahan, Jakarta: Direktorat Penyehatan Lingkungan Pemukiman.

Departemen PU, Dirjen Cipta Karya, 1986, Sampah, Jakarta: Direktorat Penyehatan Lingkungan Pemukiman.

Didik Sarudji, 1982, Pengelolahan Sampah, Surabaya: Instalasi Penerbitan Akademi Penilik Kesehatan Teknologi Sanitasi Surabaya.

Https://www.anzdoc.com, Strategi Pengelolaan Sampah Pada Tempat Pembuangan Akhir, Tanggal akses 29 Januari 2019 pukul 22.40.

Http://www.researchgat.net, Departemen Pekerjaan Umum RI (1994) dalam Pandebesie (2005), Tanggal akses 29 Januari 2019 pukul 20.05.

Http://www.tempointeraktif.com, Belajar dari Masalah Sampah, Tanggal akses 15 Januari 2018 pukul 11.47.

Martin Darmasetiawan, 2004, Perencanaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Jakarta: Penerbit Engineering.

Naatonis, S, Sistem Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kampung Nelayan Oesapa Kupang Tahun 2010. Tesis. Magister Tekhnik Pembangunan Wilayah dan Kota. Universitas Diponegoro : 2010.

Slamet, Juli Soemirat.2009. Kesehatan Lingkungan. Cetakan Kedelapan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Publishing.

Soewedo Hadiwiyoto, 1983, Penanganan dan Pemanfaatan Sampah, Jakarta: Yayasan Idayu.

Sudarsono, 1985, Pembuangan Sampah, Surabaya: DEPKES Proyek Pengembangan Pendidikan tenaga Sanitasi Pusat.

Susanawati, Niken.2004. Evaluasi Pengelolaan Sampah Pasar Johar Berdasarkan Persepsi Pengelolaa dan Pedagang serta arahan Pengelolaanya. Skripsi. Semarang.

Tri Cahyono, 2018, Panduan Penulisan Tugas Akhir, Purwokerto: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v38i4.5496

Article Metrics

Abstract view : 1085
Download PDF : 1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License