Pengetahuan dan Sikap Kepala Keluarga tentang Pengelolaan Sampah melalui Pemberdayaan di Daerah Aliran Sungai Sekanak Kota Palembang

Khairil Anwar, Sukarjo Sukarjo, Diah Navianti

Abstract


Persampahan di kota Palembang masih menjadi masalah yang kompleks dan rumit serta akan berdampak besar terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungannya. Pertambahan jumlah sampah dapat menyebabkan terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan. Sungai Sekanak, anak Sungai Musi yang berada di Kota Palembang, telah mengalami pencemaran yang terlihat pada perubahan fisik air sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Pengetahuan dan Sikap kepala keluarga tentang pengelolaan sampah melalui Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Aliran Sungai Sekanak Kelurahan 26 Ilir Kota Palembang Jenis penelitian ini adalah eksprimen semu dengan design one group pre dan post test design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap sedangkan yang menjadi variabel bebas adalah model pemberdayaan masyarakat berupa penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Sampel penelitian ini adalah 30  Kepala keluarga diwilayah Kelurahan 26 Ilir Kota Palembang.Analisis ststistik untuk uji beda digunakan indepnden T test pada taraf signifikasi 5%. Hasil peneitian menunjukkan bahwa Pengetahuan kepala keluarga  tentang pengelolaan sampah sebelum dan sesudah pemberdayaan masyarakat terdapat perbedaan yang bermakna Sikap kepala keluarga tentang pengelolaan sampah sebelum dan sesudah pemberdayaan masyarakat terdapat perbedaan sikap yang bermakna antara sebelum dan sesudah pemberdayaan masyarakat. Kesimpulan: pemberdayaan masyarakat mampu meningkatkan secara signifikan pengetahuan dan sikap kepala keluarga dalam pengelolaan sampah.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat; pengetahuan dan sikap; pengelolaan sampah

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Undang-Undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. J Chem Inf Model. 2010;53(9):287.

Menlhk. No Title. 2023.

Ruhmawati T. Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Kepala Keluarga tentang Pengelolaan Sampah Melalui Pemberdayaan Keluarga di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA. 2017 Mar;1.

Redaksi Viral sumsel. No Title. https://www.viralsumsel.com/. 2021 Apr;

Kospa HSD, Rahmadi R. Pengaruh Perilaku Masyarakat Terhadap Kualitas Air di Sungai Sekanak Kota Palembang. J Ilmu Lingkung. 2019;17(2):212.

Solihin MM, - PM, - DS. Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah di Desa Ragajaya, Bojonggede-Bogor Jawa Barat. J Ilmu Lingkung. 2019;17(3):388.

Soetjipto HA dan HP. Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Terhadap Perilaku Minimisasi Sampah Pada Masyarakat Terban, Yogyakarta (The Role Of Attitude To Mediate The Effect Of Knowledge On People’s Waste Minimization Behaviour In Terban, Yogyakarta). J People Environ. 2015;21(3):386–92.

Of E, Counseling H, Increasing O, About K, Waste H, The I, et al. Jurnal kesehatan mahardika.

Amalia IS, Ropii A, Juitasari R. Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Dan Pelatihan Pemanfaatan Sampah Anorganik Dengan Metode Recycle Terhadap Pengurangan Sampah Di Desa Cikaduwetan Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan 2020. J Public Heal Innov. 2020;1(1):37–47.

Indarwati S, Masra F, Barus L, Murwanto B, Prianto N. Pemberdayaan Masyarakat Melaluai Penyuluhan Pengelolaan Sampah Menjadi Kerajinan Bagi Siswa SDN 12 Way Ratai Pesawaran. Sinar Sang Surya (Jurnal Pus Pengabdi Kpd Masyarakat). 2023;7(2):330–40.

Saipullah, Muzaffar, Yusran M. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Ibu dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. J Promot Prev. 2023;6(4):547–51.

Maghfiroh SA, Puji H, Ariefin M. Pengaruh Penyuluhan Tentang Sampah Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga (Anggota PKK) Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Pada Permukiman Tradisional dan Permukiman Modern di Kelurahan Pudak Payung. Edu Geogr. 2018;6(2):118–28.




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v43i2.11513

Article Metrics

Abstract view : 1
Download PDF : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License