Pengaruh Variasi Pengolahan Kangkung Air (Ipomea aquatica Forsk) Terhadap Penurunan Kadar Logam Timbal (Pb)

Elly Rahma Aminati, Zaeni Budiono, Ratih Lukmitarani

Abstract


Kangkung air menjadi sayuran yang digemari di Indonesia, namun kangkung air termasuk tanaman hiperakumulator yang dapat menyerap timbal sekaligus menjadi perantara penyebaran logam timbal (Pb) pada manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi pengolahan kangkung air terhadap penurunan kadar logam timbal (Pb). Penelitian yang digunakan pre-experiment dengan desain penelitian pretest-posttest design. Kangkung air diberikan berbagai perlakuan yaitu mentah, perebusan, penumisan, dan pengukusan selama 3 menit untuk mengetahui penurunan kadar logam timbal (Pb) pada kangkung air saat sebelum dan sesudah dilakukan pengolahan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan One Way Anova. Pengukuran rata-rata kadar logam timbal (Pb) pada kangkung air mentah sebesar 0.103 mg/kg, sesudah dilakukan pengolahan yaitu perebusan, penumisan, dan pengukusan masing-masing memiliki nilai rata-rata kadar timbal (Pb) sebesar 0.057 mg/kg, 0.05 mg/kg, dan 0.07 mg/kg. Penumisan menjadi metode pengolahan dengan persentase penurunan kadar timbal (Pb) tertinggi yaitu sebesar 48%. Analisis data yang diperoleh nilai sig 0.113 ˃ 0.05 menunjukkan tidak adanya pengaruh variasi pengolahan kangkung air terhadap penurunan kadar logam timbal (Pb). Hal ini dapat dipengaruhi dari waktu pemasakan dan kelarutan senyawa yang rendah sehingga menyebabkan kadar timbal (Pb) tidak sepenuhnya berkurang. Pada penelitian ini tidak terdapat pengaruh variasi pengolahan (perebusan, penumisan, pengukusan) terhadap penurunan kadar logam timbal (Pb) pada kangkung air. Sebaiknya sayuran yang akan dikonsumsi diolah terlebih dahulu dan dapat dilakukan penelitian lanjutan mengenai variasi waktu pengolahan yang efektif untuk menurunkan kadar logam timbal (Pb).


Keywords


Penyehatan makanan; Kangkung air; Logam timbal (Pb);

Full Text:

PDF

References


Layuk RT, Prihatmo G, Aditiyarini D. Studi Komparasi Kandungan Timbal pada Kangkung ( Ipomea aquatica Forsk .) dari Pasar Tradisional dan Supermarket di Yogyakarta. Biospecies. 2022;15(2):47–54.

Nuradi N. Analisa Kadar Timbal (Pb) pada Kangkung Air yang Diperjual Belikan di Pasar Tradisional Kota Makassar. J Media Anal Kesehat. 2018;1(1):39–46.

Yuliana D, Sujarwanta A. Pengaruh Pengolahan Daun Kangkung Darat ( Ipomoea reptans Poir ) Terpapar Polutan Kendaraan Bermotor Terhadap Kadar Logam Berat ( Pb ) Sebagai Bahan Pernyusunan LKPD Topik. 2021;6(1):46–59.

Kacholi DS, Sahu M. Levels and Health Risk Assessment of Heavy Metals in Soil, Water, and Vegetables of Dar es Salaam, Tanzania. J Chem. 2018;2018.

Erdayanti P, Hanifah TA, Anita S. Analisis Kandungan Logam Timbal Pada Sayur Kangkung dan Bayam di Jalan Kartama Pekanbaru Secara Spektrofotometri Serapan Atom. JOM FMIPA. 2015;2:75–82.

Anwar MC, Rudijanto I.W H, Cahyono T. Pajanan Logam Berat (Pb) pada Sedimen Aliran Sungai Tempat Pembuangan Akhir (TPA). J Ris Kesehat. 2019;8(1):60.

Sambo MM, Prihatmo G, Aditiyarini D. Studi Komparasi Kandungan Timbal pada Buah Apel (Malus domestica) Varietas Fuji dari Pasar Tradisional dan Swalayan di Yogyakarta. EduMatSains J Pendidikan, Mat dan Sains. 2022;6(2):245–56.

Trisna Budiari D, Lani Triani I, Hartiati A. Pengaruh Frekuensi Pencelupan dan Lama Perebusan Terhadap Kadar Logam Berat dan Mutu Sensoris Sawi Hijau (Brassica rapa I. Subsp. Perviridis Bayley). J Rekayasa Dan Manaj Agroindustri. 2016;4(1):52-61–61.

Pramudita T. Pengaruh Variasi Pengolahan Daun dan Buah Kacang Panjang Terhadap Kadar Logam Berat Pb dan Cd Serta Sosialisasi Penanganan Sayuran Tercemar Sebagai Sumber Belajar. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik Biol. 2019;10(1):45.

Triani IGAL, Gunam IBW, Arnata IW. Identifikasi dan Pengurangan Kandungan Pb dan Cd pada Kangkung. Penelit Masal Lingkung di Indones. 2012;

Aisyah Y, Rasdiansyah, Muhaimin. Effect of Heating on Antioxidant Activity of Some Vegetables. JTIP Indones [Internet]. 2015;06(02):28–32. Available from: http://jurnal.unsyiah.ac.id/TIPI

B. Dwiloka, U. Atmomarsono. Kandungan Logam Berat pada Daging Dada dan Paha Ayam Broiler yang Dipelihara dengan Sistem Kandang Panggung setelah Direbus dan Dikukus. Pros Simp dan Pameran Teknol Apl Isot dan Radiasi. 2018;235–42.

Widowati H, Sutanto A, Sulistiani WS. Potensi Nilai Gizi Terhadap Bahaya Logam Berat pada Keong Mas (Pomacea canaliculata) dan Kerang Kijing (Anodonta woodiana). Edubiotik J Pendidikan, Biol dan Terap. 2019;4(01):16–21.




DOI: https://doi.org/10.31983/keslingmas.v42i4.10716

Article Metrics

Abstract view : 61
Download PDF : 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Buletin Keslingmas (p-ISSN : 0215-742X, e-ISSN : 2655-8033 ), diterbitkan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jl Raya Baturaden Km. 12 Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia. Telp/Fax. 0281-681709

Email : buletinkeslingmas@poltekkes-smg.ac.id

Buletin Keslingmas is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License