Hubungan Asupan Energi Protein dan Kepatuhan Minum Obat dengan Status Gizi Pasien TB Paru di Klinik DOTS RSUD. Dr. R. Soeprapto Cepu

Sri Sulistyowati, Yuniarti Yuniarti, Enik Sulistyowati

Abstract


Latar Belakang: Penyakit tuberkulosis paru merupakan masalah kesehatan yang perlu ditangani dengan baik karena tingkat kematian dan morbiditas yang tinggi. Salah satu upaya untuk mencegah tuberkulosis paru adalah pengobatan yang teratur dan meningkatkan status gizi yang optimal.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dari kepatuhan gizi dan asupan obat dengan status gizi pasien TB paru, karena berdasarkan survey pendahuluan pada 10 pasien dengan TB paru di klinik DOTS RSUD. dr. R. Soeprapto Cepu memiliki status malnutrisi dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) 16,075 kg / m2.

Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode recall 3x24 jam pada 70 pasien dengan TB paru di klinik DOTS sebagai subyek penelitian.

Hasil: Hasil analisis dengan uji chi-square antara asupan energi, asupan protein, dan kepatuhan obat dengan status gizi menunjukkan nilaip <0,05 sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara variabel.

Kesimpulan : Ada hubungan antara asupan protein energi dan kepatuhan obat dengan status gizi pasien TB paru.




Keywords


DOTS, status gizi pasien TB paru, kepatuhan minum obat, asupan energi dan protein.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31983/jrg.v4i2.3270

Article Metrics

Abstract view : 682
Download PDF : 1420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Abstracted/Indexed by :

      

   

 Lisensi Creative Commons

Jurnal Riset Gizi oleh http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jrg disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats