Efektifitas Edukasi Hidrasi dan Asupan Cairan terhadap Status Hidrasi Atlet Remaja
Abstract
Latar belakang: Hidrasi merupakan keseimbangan cairan dalam tubuh dan merupakan syarat penting untuk menjamin fungsi metabolisme sel dalam tubuh. Dehidrasi merupakan salah satu indikasi status hidrasi seseorang yang berarti kurangnya cairan di dalam tubuh karena jumlah yang keluar lebih besar dari jumlah yang masuk. Faktor utama yang mempengaruhi status hidrasi adalah banyaknya cairan yang dikonsumsi dan kebutuhan cairan. Atlet remaja SSB UNDIP usia 12-15 tahun memiliki status hidrasi yang kurang baik.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas edukasi tentang hidrasi dan asupan cairan terhadap peningkatan status hidrasi atlet remaja.
Metode: Penelitian ekperimen rancangan pretest postest ini dengan subjek penelitian 28 orang atlet remaja. Subjek penelitian diberi edukasi berupa video dan slide PPT tentang hidrasi dan asupan cairan terhadap status hidrasi atlet, lalu diukur pengetahuan, asupan cairan serta status hidrasi. Uji statistik yang digunakan adalah Mc-Nemmar dengan tingkat kemaknaan 5%.
Hasil : Terjadi peningkatan persentase pengetahuan subjek penelitian (100%) , asupan cairan subjek penelitian (89,3%) serta status hidrasi subjek penelitian (92,9%). Ada perbedaan pengetahuan, asupan cairan dan status hidrasi subjek penelitian yang signifikan sebelum dan setelah mendapat edukasi (p = 0,000)
Kesimpulan Edukasi hidrasi dan asupan cairan efektif meningkatkan status hidrasi atlet remaja di Sekolah Sepak Bola Universitas Diponegoro.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31983/jrg.v4i2.3269
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pengindeksan :
Jurnal Riset Gizi oleh http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jrg disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.