Edukasi Gizi Melalui Media Flashcard Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Overweight

Mardiana Mardiana, Rina Yuspita, Nathasa Weisdania Sihite, Nurul Salasa Nilawati, Yulianto Yulianto

Abstract


Latar belakang: Overweight atau kegemukan ialah suatu penyakit yang dicirikan oleh akumulasi lemak tubuh yang berlebihan. Anak yang menderita kelebihan berat badan akan mempunyai risiko tinggi terjadinya obesitas. Analisis data Riskesdas (2018) mengenai status gizi anak usia 5-12 tahun mengungkapkan prevalensi overweight sebesar 10,8% dan obesitas sebesar 9,2% secara nasional. Di tingkat provinsi, Sumatera Selatan mencatat angka overweight 10,2% dan obesitas 9,1%. Lebih spesifik lagi, di Kota Palembang ditemukan prevalensi overweight 8,12% dan obesitas mencapai 11,59%.

Tujuan: Studi ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan flashcard tentang pencegahan obesitas anak dapat memperbaiki pemahaman dan perilaku siswa overweight.

Metode penelitian: Penelitian ini mengadopsi pendekatan quasi-eksperimental dengan memberikan tes awal dan akhir pada satu kelompok sampel. Penelitian dilakukan sepanjang tahun 2024, mulai dari bulan kedua hingga bulan kelima. Analisis data dilakukan dengan uji statistik non-parametrik Wilcoxon.

Hasil: Nilai p yang diperoleh dari uji Wilcoxon lebih kecil dari 0.05, mengindikasikan adanya perbedaan yang bermakna antara kedua kelompok pada kedua variabel yang diukur.

Kesimpulan: Adanya pengaruh edukasi media flashcard “Pencegahan Overweight pada Anak” terhadap pengetahuan dan sikap siswa overweight di SD Negeri 126 Palembang.


Keywords


edukasi gizi; media flashcard; overweight; pengetahuan sikap

Full Text:

PDF

References


Supu, L., Florensia, W., & Paramita, I. S. (2022). Edukasi Gizi pada Remaja Obesitas. Penerbit NEM.

Wahono, B. S., Febriani, A. R., & Heza, F. N. (2019). Fun Water Activity Sebagai Upaya Pencegahan Overweight pada Anak. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 61-68. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2003

Permenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 2 tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. Jakarta : Menteri Kesehatan RI. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf

Hita. I. P. A. D (2020). Efektivitas Metode Latihan Aerobik dan Anaerobik untuk Menurunkan Tingkat Overweight dan Obesitas. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 7(2), 135-142. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27375

Seo, Y. M. Y., & Ellina, A. D. (2022). Kajian Literatur Pengaruh Konsumsi Makanan Jajan dan Obesitas pada Anak Usia Sekolah. Journal of Health Science Community, 3(1), 34-40. https://thejhsc.org/index.php/jhsc

Al Rahmad, A. H., Fadjri, T. K., Fitri, Y., & Muliyani, N. S. (2021). Sosialisasi pola makan dan sedentari dalam mencegah masalah obesitas pada anak sekolah dasar di Kota Banda Aceh. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 3(2), 62-66. http://dx.doi.org/10.30867/pade.v1i2.708

Fandinata, S. S., & Ernawati, I. (2020). Management terapi pada penyakit degeneratif (diabetes mellitus dan hipertensi): mengenal, mencegah dan mengatasi penyakit degeneratif (diabates mellitus dan hipertensi). Penerbit Graniti.

Mardiana, M., Yusuf, M., & Sriwiyanti, S. (2022). Hubungan Beberapa Faktor Dengan Kejadian Obesitas Remaja Di Palembang. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 17(1), 63–70. https://doi.org/10.36086/jpp.v17i1.1169

Kemenkes RI (2018). Laporan Provinsi Sumatera Selatan Riskesdas 2018. Jakarta : Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2019. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3877/1/LAPORAN%20RISKESDAS%20SUMSEL%202018.pdf

Nufaisah, A., Yuliantini, E., & Darwis, D. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Dengan Permainan Kartu Bergambar Dan Puzzle Terhadap Pengetahuan Anak Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun 2019. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.29300/ja.v3i1.2279

Yuningsih, R., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Bergambar Dan Permainan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Hearty, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.32832/hearty.v10i1.4786

Aussie, F. M., Aroni, H., Pudjirahaju, A., (2023). Pengaruh Penyuluhan Pedoman Gizi Seimbang Dengan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 12(2), 127-136. https://doi.org/10.31290/jpk.v12i2.3823

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/

Rahmani, T. F. (2023). Pengaruh Edukasi Media Flashcard terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di SD Negeri Karakan, Godean, Sleman . (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/13842

Putri Milenia, E., & Herdhianta, D. (2022). Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039

Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2018). Wong’s nursing care of infants and children-E-book. Elsevier Health Sciences. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000798091696000

Mardiana, M., Nilawati, N. S., & Eliza, E. (2012). Pengaruh Penyuluhan Gizi Metode Ceramah dan Leaflet terhadap Prilaku Memilih Makanan Jajanan Murid Di SD Negeri Kelurahan Sako Palembang 2012 . JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 1(11), 17–23. https://ojs.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/view/113

Eliza, E., Abresa, P., Susyani, S,. & Sumarman. S. (2023). Asupan Zat Gizi Makro, Makanan Jajanan, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Anak SD. Jurnal Pustaka Padi, 2(1), 1-7. https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakapadi/article/view/392

Milenia, E. P., & Herdhianta, D. (2022). Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19-26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039

Rahmawati, S., Saraswati, D., & Lina, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Pencegahan Stunting. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1). https://doi.org/10.37058/jkki.v18i1.4727

Indraswari, S. H. (2019). Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Poster dan Kartu Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Anak tentang Gizi Seimbang di SDN Ploso I-172 surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, 14(2), 216-227. https://doi.org/10.20473/ijph.vl14il.2019.216-227

Milenia, E. P., & Herdhianta, D. (2022). Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19-26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039




DOI: https://doi.org/10.31983/jrg.v13i1.11864

Article Metrics

Abstract view : 8
Download PDF : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Pengindeksan :

      

   

 Lisensi Creative Commons

Jurnal Riset Gizi oleh http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jrg disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats