Efektifitas Pencucian Air Berozon Terhadap Jumlah Escherichia Coli Dan Tekstur Sayur Lalapan di Catering

Bekti Larasati, Arintina Rahayuni, Meiriana Dwi Larasati

Abstract


Latar Belakang : Sayuran segar merupakan sayuran yang proses minimal atau tidak melalui proses pemasakan dan siap disantap. Keracunan yang disebabkan oleh produk segar, siap saji dan minimal olahan menyumbang 20% dari total keracunan makanan. Teknik atau cara mencuci sayuran merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum sayuran disajikan sebagai lalapan agar terhindar dari kontaminasi mikroorganisme. Teknik atau cara mencuci sayuran merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum sayuran disajikan sebagai lalapan agar terhindar dari kontaminasi mikroba. Tujuan : Mengetahui efektivitas pencucian air ozon terhadap jumlah Escherichia coli dan tekstur sayuran kubis dan tomat segar di Bonasari Catering Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment Design dengan rancangan Randomized Block Design (RBD). Pengambilan sampel sayuran kubis dan tomat segar dengan cara random sampling. Data yang dikumpulkan adalah jumlah Escherichia coli dengan metode MPN yang dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis. Tekstur sayuran kubis dan tomat segar diuji dengan texture analizer dan dianalisis dengan uji AnovaHasil : Terdapat rata-rata penurunan jumlah Escherichia coli pada kubis segar yang dicuci dengan air ozon dengan nilai APM <3/g pada saat dicuci dengan air 30,5/g. Secara statistik tidak menunjukkan hasil yang signifikan baik dari jumlah bakteri Escherichia coli maupun teksturnya. Kesimpulan : Pencucian dengan air ozon selama 20 menit dapat menurunkan jumlah Escherichia coli pada kubis segar.


Keywords


sayuran segar; kubis; tomat; ozon

Full Text:

PDF

References


Setiasih IS, Kastaman R, Asgar A. Aplikasi Ozon Dan Teknik Pengemasan Kubis Bunga Diolah Minimal Dengan Resiko Kerusakan Maksimum 10% Selama 50 Hari Penyimpanan Suhu Rendah (O-15°C). 2010;(3):226–7.

Rahal A, Mamiha, Verma AK, Kumar A, Tiwari R, Kapoor S, et al. Phytonutrients and nutraceuticals in vegetables and their multi-dimensional medicinal and health benefits for humans and their companion animals: A Review. 2014;14(1):1–19.

World Health Organization. WHO’s first ever global estimates of foodborne diseases find children under 5 account for almost one third of deaths [Internet]. 2015 [cited 2019 Jan 16]. Available from: https://www.who.int/news-room/detail/03-12-2015-who-s-first-ever-global-estimates-of-foodborne-diseases-find-children-under-5-account-for-almost-one-third-of-deaths

Suryani D. Hubungan perilaku mencuci dengan kontaminasi telur nematode usus pada sayuran kubis (Brassica oleracea) pedagang pecel lele di kelurahan warungboto kota Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2012;6(7):162–232.

Haifan M. Review Kajian Aplikasi Teknologi Ozon untuk Penanganan Buah , Sayuran dan Hasil Perikanan. Jurnal IPTEK. 2017;1(1):15–21.

Asgar A, Musaddad D, Sutarya R, Sutarya R. Pengaruh Ozonisasi dan Kemasan untuk Mereduksi Residu Pestisida dan Mempertahankan Karakteristik Kesegaran Cabai Merah dalam Penyimpanan. Jurnal Hortikultura.2017;27(2):241.

Bakri A, Suryaningsih W, Hariono B, Hartatik S. Perbaikan Kualitas dan Dekontaminasi Mikroba Kedelai Edamame Dengan Teknik Ozonated Water. Jurnal Ilmu Inovasi. 2018;18(1):48–52.

Ma’ruf A, Dewi SS, Wardoyo FA. Waktu Paparan Gas Ozon Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli. 2012;1–5.

Kartasapoetra. Teknologi Penanganan Pasca Panen. Jakarta: PT Rineka Cipta; 1994. 13 p.

Purwadi A, Usada W, Isyuniarto. Pengaruh lama waktu ozonisasi terhadap umur simpan buah tomat (Lycopersicum esculentum Mill). Pros PPI-PDIPTN. 2007;234–42.

Hutama DW. Pengaruh Teknik Pencucian Sayuran terhadap Kontaminasi Soil Transmitted Helminths. Jurnal Medula. 2017;7(4):15–9.

Eryando T, Susanna D, Kusuma A, Pratiwi D. Hubungan Pemilihan dan Pengolahan Bahan Makanan terhadap Kontaminasi Escherichia coli pada Penyajian Makanan Jajanan. Jurnal Health Reserch. 2014;18(1):41–50.

Purba SF, Chahaya I, Marsaulina I. Pemeriksaan Escherichia coli dan Larva Cacing Pada Sayuran Lalapan Kemangi (Ocinum basilicum), Kol (Brassica oleracea L. var. capitata. L.), Selada (Lactuca sativa L.), Terong (Solanum melongena) Yang Dijual Di Pasar Tradisonal, Supermarket Dan Restoran D. 2012;1–7.

Swastika D. Analisa Kualitas Dan Kelayakan Air PDAM Pada Beberapa Usaha Katering Di Kota Semarang. Unika Soegijapranata Semarang; 2017.

Hasria Alang. Deteksi Coliform Air PDAM di Beberapa Kecamatan Kota Makassar. Pros Semin Nas Mikrobiol Kesehat dan Lingkung. 2015;16–20.

Wani S, Maker JK, Thompson JR, Barnes J, Singleton I. Effect of Ozone Treatment on Inactivation of Escherichia coli and Listeria sp. on Spinach. Agriculture. 2015;(5):155–69.

Nurjanah S. Kajian Laju Respirasi Dan Produksi Etilena Sebagai Dasar Penentuan Waktu Simpan Sayuran Dan Buah-Buahan. Jurnal Bionatura. 2002;4(3):148–56.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrg.v10i2.10745

Article Metrics

Abstract view : 57
Download PDF : 62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Abstracted/Indexed by :

      

   

 Lisensi Creative Commons

Jurnal Riset Gizi oleh http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/jrg disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats