Prototipe Aplikasi Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Kuliah Konsep Dasar Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Tahun Akademik 2018/2019 Berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Dan Efektivitas Pengecoh

Authors

  • Sulur Joyo Sukendro Jurusan Keperawatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Tri Wiyatini Jurusan Keperawatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Rizal Ginanjar Jurusan Keperawatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Yodong Yodong Jurusan Keperawatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31983/jkg.v5i2.6583

Keywords:

Analisis, Butir, Soal

Abstract

Tujuan pendidikan adalah mengubah perilaku menjadi yang lebih baik. Dosen melaksanakan proses perkuliahan kepada peserta didik wajib menguasai evaluasi perkuliahan. Kegiatan perkuliahan di Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Semarang sudah berjalan dengan baik namun masih kurang dalam hal evaluasi terhadap butir-butir soal. Sudah ada e-lerning dengan alamat http://poltekkes-smg.ac.id/helti namun belum didayagunakan secara maksimal oleh para dosen termasuk pengelolaan soal dan diharapkan ada inegrasi dengan https://www.sims-nakes.org.

Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk melakukan proses identifikasi pada tahapan studi pendahuluan yang pada akhirnya terbentuk suatu rancangan Prototipe Aplikasi Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester. Populasi penelitian seluruh mahasiswa semester II Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang berjumlah 42 orang. Metode waterfall digunakan sebagai proses membangun sistem meliputi analisa kebutuhan, desain sistem, peni;isan kode program, pengujian program, penerapan program dan pemeliharaan. Rancangan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Java - Jquery dengan basis data menggunakan MySQL.

Telah dibuat Prototipe Aplikasi Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Kuliah Konsep Dasar Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Tahun Akademik 2018/2019  Berdasarkan Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Dan Efektivitas Pengecoh. Prototipe ini dibuat agar memudahkan dosen dalam melakukan analisis butir soal ujian pada mahasiswa. Dengan metode ini maka ujian dapat dilakukan berbasi komputer serta paper less. 

 

References

Arifin, Z., 2013, EvaluasiPembelajaran. Bandung: RemajaRosdakarya.

Arikunto, S., 2013, Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: BumiAksara.

Daryanto. 2012,Evaluasi Pendidikan, Jakarta: RinekaCipta.

Gultom, E., Laut, D.M., 2018, Konsep Dasar PelayananAsuhanKesehatan Gigi dan Mulut, BPPSDMKes, Kemenkes

Mardapi,D., 2008,Teknik PenyusunanInstrumen dan Nontes, Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Martono,N.2010,MetodePenelitianKuantitatif, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Purwanto. 2013,Evaluasi Hasil Belajar,Yogyakarta :PustakaPelajar

Sudaryono. 2012,Dasar-dasarEvaluasiPembelajaran, Yogyakarta: GrahaIlmu.

Sudijono,A., 2012,PengantarEvaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sudjana, N., 2013,Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar, Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Sukiman. 2012,PengembanganSistemEvaluasi, Yogyakarta: InsanMadani.

Supranata,S., 2005,Panduan PenulisanTesTertulisImplementasiKurikulum2004. Bandung : PT RemajaRosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20, Tahun 2003, tentang Pendidikan.

Downloads

Published

2018-12-01