Analisis Perbandingan Jumlah Pasien Sebelum dan Setelah Pandemi Covid-19 UPT Puskesmas Tahun 2019-2020

Aflahul Tsaqif

Abstract


Rekam medis adalah rekaman mengenai siapa, apa, mengapa bilamana, dan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pasien selama masa perawatan, yang memuat pengetahuan mengenai  pasien dan pelayanan yang diperoleh serta memuat informasi yang cukup untuk mengidentifikasi pasien, membenarkan diagnosis dan pengobatan serta merekam hasilnya. Informasi didalam rekam medis juga memuat jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini dimaksud untuk membandingkan jumlah kunjungan pasien sebelum  dan setelah adanya Pandemi Covid-19. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan menggambarkan dan menjelaskan berapa jumlah pasien, dan pedekatan dalam penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menunjukan perbandingan jumlah pasien. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder di UPT Puskesmas Data primer dalam penelitian ini adalah peneliti mewawancarai secara langsung pasien yang pernah berkunjungan sebelum dan setelah adanya Pandemi Covid-19 sedangkan data sekundernya adalah peneliti menggunakan data dari Unit Rekam Medis berupa jumlah kunjungan pasien dari bulan Maret – Desember 2019 dan Maret – Desember 2020. Hasil analisis dari penelitian ini adalah terdapat penurunan jumlah pasien sebanyak 1401 pasien. Dan faktor yang mempengaruhi kunjungan pasien adalah tingkat kepercayaan pasien terhadap Pandemi Covid-19, pasien merasa khawatir apabila berkunjung ke Puskesmas maka akan tertular Covid-19.

Keywords


Rekam Medis, Penelitian Deskriptif, Pendekatan Kuantitatif, Pandemi Covid-19, UPT Puskesmas

References


Rosalina. (2017). Pengujian Kepuasan Sistem Informasi Menggunakan End User Computing Satisfaction. Studi Kasus Sistem Informasi Akademik. Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah,

Firdaus, Sunny Ummul. (2008) Rekam Medik dalam Sorotan Hukum dan Etik. Surakarta. Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan dan Percetkan UNS..

WHO. (2010). International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problem, Ten Revision, Volume 2 Instruction Manua. Geneva : WHO.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta. Kementerian Kesehatan RI .

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19). Jakarta.

Sutopo, HB. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta. UNS.Press.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrmik.v4i2.7679

Article Metrics

Abstract view : 948
Download PDF (Bahasa Indonesia) : 538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (p-ISSN: 2622-1863 e-ISSN: 2622-7614), is published by Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)76479188 Public Services : e-mail: jurnalrmik2018@gmail.com

Creative Commons License


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats