Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kuta Utara

Silvia Intan Wardani, Ni Luh Putu Suardini Yudhawati, Ivana Kusuma Widyawati

Abstract


Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam menilai kualitas layanan kesehatan yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan berdasarkan dimensi tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (kepedulian) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kuta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross-sectional, melibatkan 99 responden yang dipilih menggunakan metode accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa kurang puas terhadap aspek tangible (69,2%) dan empathy (69,7%), sementara dimensi reliability (60,6%) dan assurance (56,6%) dianggap baik. Analisis bivariat menunjukkan hubungan signifikan antara kepuasan pasien dengan dimensi responsiveness (p=0,024) dan empathy (p=0,034). Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan kualitas layanan dalam dimensi yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien.

Keywords


Kepuasan Pasien; Kualitas Pelayanan; Rawat Jalan

Full Text:

PDF

References


N. H. Ulumiyah, “Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas”, J. Adm. Kesehat. Indones., vol 6, no 2, bl 149, 2018, doi: 10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155.

A. A. Haryoso en D. Ayuningtyas, “Strategi Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di RSUD Kepulauan Seribu tahun 2019-2023”, J. Adm. Rumah Sakit Indones., vol 5, no 2, bll 115–127, 2019.

M. Sofiana, R. Wahyuni, en E. Supriyadi, “Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat”, Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol 1, no 2, bll 93–110, 2020, doi: 10.31334/abiwara.v1i2.797.

W. Yusuf en S. Suparta, “Analisis Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan”, JIKI J. Ilm. Kesehat. IQRA, vol 9, no 1, bll 1–9, 2021.

K. I. Wahyuni, N. M. Son, en P. R. Anindita, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rs X Sidoarjo”, Parapemikir J. Ilm. Farm., vol 10, no 1, bll 51–59, 2021, doi: 10.30591/pjif.v.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrmik.v8i1.12563

Article Metrics

Abstract view : 7
Download PDF : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (p-ISSN: 2622-1863 e-ISSN: 2622-7614), is published by Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)76479188 Public Services : e-mail: jurnalrmik2018@gmail.com

Creative Commons License


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats