PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PROMOSI KESEHATAN TENTANG DETEKSI DINI GANGGUAN KESEHATAN JIWA
Abstract
Latar Belakang : Jumlah gangguan jiwa secara global menurut data WHO (2020) terdapat 280 juta jiwa di dunia mengalami depresi dan 800 ribu jiwa meninggal dunia karena bunuh diri. di Kota
Pekalongan tahun 2019 sarana pelayanan kesehatan tingkat lanjut yaitu 18.190 jiwa dengan sasaran
ODGJ berat pada kecamatan Pekalongan Utara daerah Dukuh yaitu 52 jiwa. Di berbagai daerah banyak penderita gangguan kesehatan jiwa belum tertangani dengan baik. Dalam pelayanan kesehatan jiwa sekarang, tidak hanya berfokus pada pengobatan atau penyembuhan saja. Akan tetapi dilakukan berbagai upaya lain seperti pendidikan kesehatan jiwa, pencegahan atau deteksi dini gangguan jiwa dan pemberdayaan pada Masyarakat.
Tujuan : untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama dalam promosi mengenai deteksi dini
gangguan kesehatan jiwa yang berguna bagi masyarakat dan petugas kesehatan
Metode : Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan pre-post test with control group design
Hasil : Nilai p=0,000 (p<0,005) artinya ada perbedaan yang bermakna tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah perlakuan kelompok berpasangan sebelum dan sesudah perlakuan metode sosio drama dan diskusi. Dan juga kelompok kontrol berpasangan. Sedangkan hasil uji beda kelompok tidak berpasangan kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebelum yaitu ada perbedaan yang bermakna tingkat pengetahuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebelum perlakuan. Dan juga setelah perlakuan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol.
Simpulan : penelitian tingkat pengetahuan responden pada kelompok intervensi dengan metode
sosiodrama dan diskusi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pengetahuan responden tentang deteksi dini gangguan kesehatan jiwa
Kata Kunci : Sosiodrama, Deteksi Dini, Kesehatan Jiwa
Full Text:
PDFReferences
Ah. Yusuf, Rizky Fitriyasari PK, H. E. N. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa (Ganiajri & Faqihani (Ed.)). Salemba Medika.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI.
Banowati, L. (2020). Hubungan Karakteristik Kader Dengan Kehadiran Dalam Pengelolaan Posyandu. Jurnal Kesehatan, 9(2), 1179–1189. https://doi.org/10.38165/jk.v9i2.85
BPS. (2022). Analisis Profil Penduduk Indonesia. In Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/
Budiman, & Riyanto. (2013). Kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Salemba Medika.
Budi Anna Keliat, A. P. (2017). Keperawatan Jiwa: Terapi Aktivitas Kelompok (A.&Bhetsy (Ed.); 2nd ed.). Penerbit Buku Kedokteran EGC. Deden
Dermawan & Rusdi. (2013). Konsep dan Kerangka Kerja Asuhan KeperawatanJiwa (Rahayuningsih & Tutik (Ed.); 1st ed.). GosyenPublishing.
Direja, A. H. S. (2017). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Jiwa (aBay (Ed.)). Nuha Medika.
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
DPP PPNI. Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan: Definisi dan Keperawatan Indonesia (1st ed.).
DPP PPNI. Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1st ed.).
Effendy, Nasrul. 1998. Dasar-dasar Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Febrianto, T., PH, L., & Indrayati, N. (2019). Peningkatan Pengetahuan Kader tentang Deteksi Dini Kesehatan Jiwa melalui Pendidikan Kesehatan Jiwa. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.17
Febtrina, R., & Maulinda, D. (2020). Analisis Tanda Dan Gejala Resiko Perilaku Kekerasan Pada Sign And Symptom Analysis Of Violence Behaviour For Schizopernia Patients. 3(1), 65–74.
Iswanti, D. I., Lestari, S. P., & Hapsari, R. D. (2018). PERAN KADER KESEHATAN JIWA DALAM MELAKUKAN PENANGANAN GANGGUAN JIWA. 1(1), 33–37.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (n.d.). No Title. Retrieved August 11,2021,from https://www.kemkes.go.id/ Khaska, M. (2021). Pemenuhan Spiritual Care Oleh Perawat Di Rumah Sakit. 4,165–174.
Mashudi, S. (n.d.). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Skizofrenia (N. Kholis (Ed.);1sted.). Global Aksara Pres.
Notoatmodjo S, 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Rineka Cipta.
----------------. 2005. Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
----------------. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
----------------. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.
Nugraha, A. B., & Ajie, G. R. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 408. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22692
Prabowo, E. (2018). Konsep & Aplikasi Asuhan Keperawatan Jiwa.
Pratama, B. D., & Widodo, A. (2017). Hubungan Pengetahuan dengan Efikasi Diri pada Caregiver Keluarga Pasien Gangguan Jiwa di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi. Jurnal Kesehatan, 10(2), 13–22. https://doi.org/10.23917/jk.v10i2.5524
Purnomo, H. J. (2018). Promosi Kesehatan Untuk Mengetahui Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Kecenderungan Berperilaku Pada Kader Yang Ada Anggota Masyarakatnya Yang Mengalami Gangguan Jiwa Di Kabupaten Sukoharjo. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Risnasari, N. (2019). Keperawatan Jiwa: Modul Bahan Ajar Keperawatan. In Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sahriana. (2018). Peran Kader Kesehatan Jiwa dalam Progeam Kesehatan Jiwa di Komunitas. Jurnal Nursing, 3, 2–9. https://repository.unair.ac.id/78476/%0Ahttps://repository.unair.ac.id/78476/2/TKP 95_18 Sah p.pdf
Sasmita, N. R., Ilmi, A. A., & Huriati. (2019). Peningkatan pengetahuan tentang cuci tangan melalui pendidikan kesehatan dengan media audiovisual. 2, 43–51.
Sidjabat, F., Bella Alycia Macado, R., Puspitasari, W., Alayda Akrima, D., Marvionada, O., Toto Paniulin, I., Kuntari, T., Anis Subagio, N., & Zahra Nurfajri Sabarno, R. (2022). Pemberdayaan Remaja Berbasis Online Sebagai Promotor Kesehatan Jiwa. COVIT (Community Service of Health), 2(1), 20–30. https://doi.org/10.31004/covit.v2i1.3893
Sutejo. (2019). Keperawatan Jiwa Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa: Gangguan Jiwa dan Psikososial. PUSTAKA BARU PRESS.
Syalafiah, M., & Rima, I. (2020). Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Siswa Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3),80. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.4908
Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia: Definisidan Indikator Diagnostik (1st ed.)
Witojo, D., & Widodo, A. (2005). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Penurunan Tingkat Perilaku Kekerasan Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. 1–6. Y.
Susilowati dkk. (2015). Penatalaksanaan Pasien Gangguan Jiwa Dengan Perilaku Kekerrasan Di Ruang Citro Anggodo Rsjd Dr. Amino Gondohutomo Semarang.
DOI: https://doi.org/10.31983/jlk.v5i2.12253
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Lintas Keperawatan (JLK) is published by Prodi Diploma III Keperawatan Pekalongan, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan Telp. (0285) 421642-429373, Fax. (0285) 421642 Email : d3keperawatan-pkl@poltekkes-smg.ac.id.
Jurnal Lintas Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
View My Stats