Pengaruh Terapi Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di TK A Kemala Bhayangkari 03 Banjarbaru Tahun Ajaran 2023/2024

Annisa Intan Sulistyani

Abstract


Terapi finger painting adalah metode melukis yang dilakukan secara langsung dengan mengoleskan adonan warna menggunakan jari tangan pada permukaan gambar tanpa alat bantu. Terapi finger painting dapat memberikan pengalaman sensoris langsung kepada anak sehingga dapat meningkatkan kontrol dan kelenturan jari-jemari anak. Hal ini memberikan dampak positif pada kesiapan anak dalam melakukan kegiatan motorik halus. Motorik halus anak usia prasekolah sangat penting untuk dikembangkan karena akan memengaruhi tingkat kemandirian seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak di TK A Kemala Bhayangkari 03 Banjarbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest with control group design. Sampel berjumlah 38 anak, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi (terapi finger painting) dan kelompok kontrol (mewarnai dengan krayon) yang dipilih menggunakan simple random sampling, dengan pemberian intervensi selama 7 pertemuan. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh terapi finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak (p=0,186, α=0,05). Terapi finger painting tidak berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor usia, anak melakukan stimulasi lain selain di penelitian, durasi dan intensitas pemberian intervensi selama penelitian.


Keywords


finger painting; motorik halus; prasekolah

Full Text:

PDF

References


Adetya, S., Gina, F., & Nasir, N. (2023). Kegiatan Mewarnai Gambar untuk Melatih Motorik Halus pada Anak Usia Dini di Sekolah Ameerta Bintara Bekasi Kota. Communnity Development Journal, 4(3), 6897–6901.

Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun pada Era New Normal. Sport Science & Education Journal, 2(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/issue/archive

Ardiyansyah, M. (2022). Perkembangan Gerak dan Motorik pada Anak Usia Dini. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=JxKfEAAAQBAJ

Bahri, K., Astawa, I. M. S., Sriwarthini, N. L. P. N., & Astini, B. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3197

Doloksaribu, T. M. (2018). Finger Painting Berpengaruh Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Denver II pada Anak Usia 3-5 Tahun di Yayasan Puteri Sion Medan.

Febrianti, T., Nursasi, A. Y., & Fitriyani, P. (2022). Hubungan Pengetahuan Tugas Perkembangan Keluarga dengan Penerapan Stimulasi Perkembangan pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan, 11(2), 2721–8007.

Harsismanto, J., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin dengan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2375

Hodriani, Listia, W. N., Alhudawi, U., Sehulina, R., & Siregar, D. T. P. (2023). Media Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=JufDEAAAQBAJ

Kurniasih, P. L., & Ramadhini, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Simbolik Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting (Vol. 1, Issue 1).

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Muhammadiah, M., Putri, N. K., Putri, H., Uce, L., & Ramadhani, W. N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=JnOvEAAAQBAJ

Maghfuroh, L. (2020). Kolase Daun Kering Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Parasekolah. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(2), 403–412. https://doi.org/10.22216/jen.v5i2.4480

Muhibullah, M., Nur, M. S., Wahyuni, A., Winarningsih, U., Wahyuningsih, R., Kafkaylea, A., & Premium, C. (2021). Pendidikan Anak Prasekolah. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=dyEqEAAAQBAJ

Mulianda Sari, M., Heldanita, dan, Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10983

Mulyani, S., & Mariyani. (2023). Efektivitas Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Al-Jihadiah Bekasi Tahun 2023. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9307–9319.

Nurhayati. (2020). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak TK Kelompok B (Effects of Image Coloring Activities on the Fine Motor Capabilities of Kindergarten Children Group B). Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 65–73. https://doi.org/10.32505/atfaluna

Padillah, Firdayani, T., Jaya, M., Fitriyanti, A., & Fathurohman. (2023). Kolase Media Bahan Alam. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=4aOyEAAAQBAJ

Permatasari, I., Maharani, F. T., & Nurdiantami, Y. (2022). Analisis Stimulasi Pertumbuhan pada Anak Usia Early Chilhood Menggunakan Aplikasi SDIDTK. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(1).

Putra, K. D. S. (2021). Pengaruh Permainan Edukatif Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah 4-5 Tahun di TK Kumara Stana Desa Munduk. In Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION (Vol. 6, Issue 1). http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion|6

Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2).

Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10983

Ratnawati, Hayati, F., & Fitriani. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar pada Anak Kelompok A TK Karyawan Kota Baru Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Sari, K., Fadhilah, U., & Erlina Wati Harahap, Y. (2022). Pengaruh Permainan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 12(2), 44–50. https://doi.org/10.59870/jurkep.v13i1.138

Sumardi, Mulyadi, S., & Sopa, A. R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Finger Painting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).

Suranti, Utami, R. T., & Novtasari, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Teknik Menggunting pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Pelita Kasih. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v4i1.10969

Article Metrics

Abstract view : 229
Download PDF : 141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN

e-ISSN 2809-5197

Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah 
Email: jururawattegal@gmail.com

Lokasi: