PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP REMAJA AWAL DENGAN MEDIA “BBB” (BELAJAR, BERMAIN, DAN BERNYANYI)

Ribkha Itha Idhayanti, Eka Ani Safitri, Tuti Sukini, Munayarokh Munayarokh, Masiani Masini

Abstract


Masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa (remaja awal) mereka membutuhkan pendampingan. Di Indonesia jumlah kasus kriminal kesusilaan yang terdiri dari pemerkosaan dan pencabulan meningkat selama lima tahun terakhir. Pada 2016, jumlah kasus tersebut sebanyak 5.237, sementara pada 2020 menjadi 6.872 kasus. Menurut data dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Kebumen pada tahun 2021 masih terjadi 125 kasus. Untuk korbanya paling banyak adalah anak usia remaja awal dan berjenis kelamin perempuan. Salah satu upaya pemerintah untuk melindungi anak dari kekerasan seksual disebutkan dalam pasal 15 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak bahwa setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari kejahatan seksual. Upaya lain yang dapat dilakukan untuk pencegahan kekerasan seksual terhadap anak yaitu melalui pengajaran personal safety skills atau keterampilan keselamatan pribadi pada anak. Pada penelitian ini keterampilan keselamatan pribadi pada anak dikenalkan menggunakan media “BBB” yang merupakan singkatan dari Belajar, Bermain dan Bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media “BBB” (Belajar, Bermain dan Bernyanyi) sebagai pencegahan kekerasan seksual terhadap remaja awal. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, metode yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment), dengan desain penelitian one group pretest-posttes. Teknik pengambilan sampel total populasi sampling atau sampel jenuh, jumlah sampel sebanyak 40 responden. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapat nilai p value = 0.000 yang artinya ada pengaruh signifikan pengetahuan remaja awal tentang pencegahan kekerasan seksual sebelum dan sesudah intervensi media “BBB”. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi media edukasi dalam upaya mencegah terjadinya kekerasan seksual pada remaja awal.


Keywords


Kekerasan Seksual, Remaja Awal, Belajar, Bermain, Bernyanyi

Full Text:

PDF

References


Alifah, A. P., Apsari, N. C., & Taftazani, B. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Remaja Hamil di Luar Nikah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 529–537.

Ariyanti, K. S., Sariyani, M. D., & Utami, L. N. (2019). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1161, 7–11.

Asfiana, M. (2018). Bernyanyi.

Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game. Aksara, 30(1), 133. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i1.223.133-148

Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(20).

Christopher, A. E., Waluyanto, H. D., Wahyudi, A. T., Visual, D. K., Seni, F., & Petra, U. K. (2019). Perancangan Board Game Pembelajaran Toleransi Terhadap Perbedaan Pada Pelajaran PPKn. Jurnal DKV Adiwarna, 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/93

Dewi, I. A. A. (2019). Catcalling : Candaan, Pujian atau Pelecehan Seksual. British Journal of Criminology, 4. https://doi.org/10.1093/bjc/azw093

Dinsos, K. K. (2021). Korban Kekerasan Berbasis Gender & Anak di Kabupaten Kebumen.

Erika, R. (2022). Pendidikan Kesehatan dengan Metode Creativa and Joyful dalam Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Sekolah.

Fajriah, D. N. (2022). Latihan Asertif untuk Mencegah Bullying pada Remaja.

Faridah, F., & Ariyanto, A. (2021). Efektivitas Senam Otak dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an pada Siswa SMP-IT Ash-Shidiqi di Kecamatan Pemayung. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. https://doi.org/10.36565/jab.v10i2.391

Fitriyah, Rofiah, S., & Idhayanti, R. I. (2022). Pendidikan Kesehatan dengan Media Video terhadap Sikap Ibu Hamil Trimester III tentang IUD Pasca Persalinan.

Gunawan, V. (2014). Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi. Journal Education, 1–13.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.

Hidayat, A. A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Salemba Medika.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reabilitas. Health Books Publishing.

Idhayanti, R. I., Ayuningtyas, A., & Siti, M. (2020). Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ikawati, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Edukatif Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Huda 01 Pandanarum Blitar. http://repo.uinsatu.ac.id/24011/

Kemensesneg, R. (2014). Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. UU Perlindungan Anak, 48. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1). https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022

Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Ular Tangga dan Bernyanyi terhadap Perilaku Personal Hygiene pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kecamatan Paron, Ngawi. In Bitkom Research (Vol. 63, Issue 2). http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 –Bitkom

Lahamado, I. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Materi Bernyanyi Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN Rarampadende. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 35–51. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3432

Lupitasari, A. R. (2021). Jalan Terjal Penghapusan Kekerasan Seksual terhadap Anak. Penerbit Buku Kompas.

Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.157

Mashudi, E. A. (2015). Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak melalui Pengajaran Personal Safety Skills. Metodik Didaktik, 9(1), 60–71.

Notoatmodjo, S. (2018a). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018b). METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN (3rd ed.). Rineka Cipta.

Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Sosio Informa, 1(1), 13–28. https://doi.org/10.33007/inf.v1i1.87

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Nusir, L., & Zulfa, M. Y. (2022). Keterampilan Bernyanyi Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Mau’izhah, 11(1), 1–32. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.55

Nuzliati T. Djama, N. L. dan I. A. B. (2022). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja. Eureka Media Aksara.

Output pengolahan data statistik. (2023). http://localhost:8080

Pahlevi, R. (2021). Jumlah Kasus Pemerkosaan dan Pencabulan Meningkat 31% dalam Lima Tahun Terakhir. Databoks, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/15/jumlah-kasus-pemerkosaan-dan-pencabulan-meningkat-31-dalam-lima-tahun-terakhir

Permanda, T. P. :Wahyudi. (2020). Efektivitas Media Board Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. JSD:Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 18–24.

Priatna, A. dan G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4.

R.Septiani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Ekonomi Siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 14 Pekanbaru. 10–40.

Rahmawati, D. A., Sukini, T., & Damailia, H. T. (2021). Efektivitas GACOKAN (Game Mencocokkan) dan GALAGA (Game Ular Tangga) dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri tentang Kebersihan Genitalia saat Menstruasi.

Ramadhanty, N. (2021). Pengaruh Sex Education Aku Ceria (Aku Tau Cara Lindungi Diriku dari Bahaya) Terhadap Pengetahuan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Orang Tua Anak Usia Dini. Poltekkes Kemenkes Semarang.

Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi Board Games Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p19-28

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala : Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1).

Ruspita, R. K. S. dan R. R. (2022). Kesehatan Reproduksi pada Remaja. Gosyen Publishing.

Safitri, A. N. (2017). Pengaruh Edukasi Dengan Media Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Upaya Pencegahan Seks Pranikah Di SMPN 1 Besuki, Tulungagung. In Ir-perpustakaan Universitas AIRLANGGA (Issue 2014).

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Sari, E., Ningsih, B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual pada Anak di Kabupaten Karawang.

Setiyawan, Y. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas III B MIN Bandar Lampung. 1–14.

Sukini, T., Anggraeni, D. F., & Idhayanti, R. I. (2022). Pengaruh Model Belajar “CERIA” Terhadap Pengetahuan dan Empati Remaja tentang Pernikahan Dini. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/10.51544/jmkm.v7i2.3434

Sukini, T., & Chunaeni, S. (2020). Education media based on visuals in the form of ladders to improve acceptance attitudes in the time of the menopause. Annals of the Romanian Society for Cell Biology.

Syah, M. (2020). Bermain dan Permainan Anak. 1–61.

Tirtayanti, S. dan F. R. (2021). Perbedaan Penggunaan Media Video Animasi dan Kartu Bergambar terhadap Pencegahan Sexual Abuse pada Anak Usia Sekolah. 4(2), 2–7. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jika/article/view/799

Wahyuningrum, A. D., Issabella, C. M., Puspadewi, Y. A., Wartisa, F., Wijaya, Y. M., Umar, L. A., Desriva, N., Badi’ah, A., Dhamanik, R., & Khayati, N. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Prakonsepsi. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=_FCeEAAAQBAJ

Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997

Wiratna Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055




DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v3i2.10917

Article Metrics

Abstract view : 240
Download PDF : 252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN

e-ISSN 2809-5197

Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah 
Email: jururawattegal@gmail.com

Lokasi: