PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP REMAJA AWAL DENGAN MEDIA “BBB” (BELAJAR, BERMAIN, DAN BERNYANYI)
Abstract
Masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa (remaja awal) mereka membutuhkan pendampingan. Di Indonesia jumlah kasus kriminal kesusilaan yang terdiri dari pemerkosaan dan pencabulan meningkat selama lima tahun terakhir. Pada 2016, jumlah kasus tersebut sebanyak 5.237, sementara pada 2020 menjadi 6.872 kasus. Menurut data dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Kebumen pada tahun 2021 masih terjadi 125 kasus. Untuk korbanya paling banyak adalah anak usia remaja awal dan berjenis kelamin perempuan. Salah satu upaya pemerintah untuk melindungi anak dari kekerasan seksual disebutkan dalam pasal 15 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak bahwa setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari kejahatan seksual. Upaya lain yang dapat dilakukan untuk pencegahan kekerasan seksual terhadap anak yaitu melalui pengajaran personal safety skills atau keterampilan keselamatan pribadi pada anak. Pada penelitian ini keterampilan keselamatan pribadi pada anak dikenalkan menggunakan media “BBB” yang merupakan singkatan dari Belajar, Bermain dan Bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media “BBB” (Belajar, Bermain dan Bernyanyi) sebagai pencegahan kekerasan seksual terhadap remaja awal. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, metode yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment), dengan desain penelitian one group pretest-posttes. Teknik pengambilan sampel total populasi sampling atau sampel jenuh, jumlah sampel sebanyak 40 responden. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapat nilai p value = 0.000 yang artinya ada pengaruh signifikan pengetahuan remaja awal tentang pencegahan kekerasan seksual sebelum dan sesudah intervensi media “BBB”. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi media edukasi dalam upaya mencegah terjadinya kekerasan seksual pada remaja awal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifah, A. P., Apsari, N. C., & Taftazani, B. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Remaja Hamil di Luar Nikah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 529–537.
Ariyanti, K. S., Sariyani, M. D., & Utami, L. N. (2019). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1161, 7–11.
Asfiana, M. (2018). Bernyanyi.
Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game. Aksara, 30(1), 133. https://doi.org/10.29255/aksara.v30i1.223.133-148
Busyaeri, A., Udin, T., & Zenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(20).
Christopher, A. E., Waluyanto, H. D., Wahyudi, A. T., Visual, D. K., Seni, F., & Petra, U. K. (2019). Perancangan Board Game Pembelajaran Toleransi Terhadap Perbedaan Pada Pelajaran PPKn. Jurnal DKV Adiwarna, 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/93
Dewi, I. A. A. (2019). Catcalling : Candaan, Pujian atau Pelecehan Seksual. British Journal of Criminology, 4. https://doi.org/10.1093/bjc/azw093
Dinsos, K. K. (2021). Korban Kekerasan Berbasis Gender & Anak di Kabupaten Kebumen.
Erika, R. (2022). Pendidikan Kesehatan dengan Metode Creativa and Joyful dalam Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Usia Sekolah.
Fajriah, D. N. (2022). Latihan Asertif untuk Mencegah Bullying pada Remaja.
Faridah, F., & Ariyanto, A. (2021). Efektivitas Senam Otak dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an pada Siswa SMP-IT Ash-Shidiqi di Kecamatan Pemayung. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. https://doi.org/10.36565/jab.v10i2.391
Fitriyah, Rofiah, S., & Idhayanti, R. I. (2022). Pendidikan Kesehatan dengan Media Video terhadap Sikap Ibu Hamil Trimester III tentang IUD Pasca Persalinan.
Gunawan, V. (2014). Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi. Journal Education, 1–13.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Hidayat, A. A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Salemba Medika.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reabilitas. Health Books Publishing.
Idhayanti, R. I., Ayuningtyas, A., & Siti, M. (2020). Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ikawati, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Edukatif Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MI Al-Huda 01 Pandanarum Blitar. http://repo.uinsatu.ac.id/24011/
Kemensesneg, R. (2014). Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. UU Perlindungan Anak, 48. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1). https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356
Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022
Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Ular Tangga dan Bernyanyi terhadap Perilaku Personal Hygiene pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kecamatan Paron, Ngawi. In Bitkom Research (Vol. 63, Issue 2). http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 –Bitkom
Lahamado, I. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Materi Bernyanyi Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDN Rarampadende. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 35–51. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3432
Lupitasari, A. R. (2021). Jalan Terjal Penghapusan Kekerasan Seksual terhadap Anak. Penerbit Buku Kompas.
Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.157
Mashudi, E. A. (2015). Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak melalui Pengajaran Personal Safety Skills. Metodik Didaktik, 9(1), 60–71.
Notoatmodjo, S. (2018a). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018b). METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN (3rd ed.). Rineka Cipta.
Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Sosio Informa, 1(1), 13–28. https://doi.org/10.33007/inf.v1i1.87
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597
Nusir, L., & Zulfa, M. Y. (2022). Keterampilan Bernyanyi Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Mau’izhah, 11(1), 1–32. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.55
Nuzliati T. Djama, N. L. dan I. A. B. (2022). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja. Eureka Media Aksara.
Output pengolahan data statistik. (2023). http://localhost:8080
Pahlevi, R. (2021). Jumlah Kasus Pemerkosaan dan Pencabulan Meningkat 31% dalam Lima Tahun Terakhir. Databoks, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/15/jumlah-kasus-pemerkosaan-dan-pencabulan-meningkat-31-dalam-lima-tahun-terakhir
Permanda, T. P. :Wahyudi. (2020). Efektivitas Media Board Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. JSD:Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 18–24.
Priatna, A. dan G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4.
R.Septiani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Ekonomi Siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 14 Pekanbaru. 10–40.
Rahmawati, D. A., Sukini, T., & Damailia, H. T. (2021). Efektivitas GACOKAN (Game Mencocokkan) dan GALAGA (Game Ular Tangga) dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri tentang Kebersihan Genitalia saat Menstruasi.
Ramadhanty, N. (2021). Pengaruh Sex Education Aku Ceria (Aku Tau Cara Lindungi Diriku dari Bahaya) Terhadap Pengetahuan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Orang Tua Anak Usia Dini. Poltekkes Kemenkes Semarang.
Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi Board Games Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 19. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p19-28
Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala : Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(1).
Ruspita, R. K. S. dan R. R. (2022). Kesehatan Reproduksi pada Remaja. Gosyen Publishing.
Safitri, A. N. (2017). Pengaruh Edukasi Dengan Media Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Upaya Pencegahan Seks Pranikah Di SMPN 1 Besuki, Tulungagung. In Ir-perpustakaan Universitas AIRLANGGA (Issue 2014).
Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362
Sari, E., Ningsih, B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual pada Anak di Kabupaten Karawang.
Setiyawan, Y. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas III B MIN Bandar Lampung. 1–14.
Sukini, T., Anggraeni, D. F., & Idhayanti, R. I. (2022). Pengaruh Model Belajar “CERIA” Terhadap Pengetahuan dan Empati Remaja tentang Pernikahan Dini. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/10.51544/jmkm.v7i2.3434
Sukini, T., & Chunaeni, S. (2020). Education media based on visuals in the form of ladders to improve acceptance attitudes in the time of the menopause. Annals of the Romanian Society for Cell Biology.
Syah, M. (2020). Bermain dan Permainan Anak. 1–61.
Tirtayanti, S. dan F. R. (2021). Perbedaan Penggunaan Media Video Animasi dan Kartu Bergambar terhadap Pencegahan Sexual Abuse pada Anak Usia Sekolah. 4(2), 2–7. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jika/article/view/799
Wahyuningrum, A. D., Issabella, C. M., Puspadewi, Y. A., Wartisa, F., Wijaya, Y. M., Umar, L. A., Desriva, N., Badi’ah, A., Dhamanik, R., & Khayati, N. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Prakonsepsi. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=_FCeEAAAQBAJ
Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997
Wiratna Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
DOI: https://doi.org/10.31983/juk.v3i2.10917
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURU RAWAT. JURNAL UPDATE KEPERAWATAN
e-ISSN 2809-5197
Published by : Program Studi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang
Jalan Dewi Sartika No.1 Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah
Email: jururawattegal@gmail.com
Lokasi: