INOVASI KANTONG DEVELOPMENT SCREENING ONE NO DAY UNTUK DETEKSI DINI PERKEMBANGAN BALITA

Wanodya Hapsari, Diki Retno Yuliani, Sumiyati Sumiyati

Abstract


Penelitian ini dilakukan implementasi kantong development screening one no day oleh orangtua yang memiliki balita, karena sangat diperlukan untuk menilai produk yang digunakan.  Keterlambatan perkembangan pada balita dapat disebabkan karena kurangnya kepedulian orang tua dalam melakukan stimulasi, deteksi dini, serta intervensi. Selama ini ibu balita menggunakan buku Kesehatan Ibu Anak sebagai media untuk stimulasi dan deteksi dini perkembangan anak. Sayangnya pemanfaatan media buku KIA oleh ibu balita termasuk kategori kurang, orangtua tidak membaca buku KIA dengan berbagai alasan. Pemberian stimulasi dengan cara memberikan penyuluhan konvensional, membuat materi tidak diterima baik. Oleh karena itu, pada penelitian ini mengusulkan implementasi kantong development screening one no day untuk menilai respon orang tua terhadap produk tersebut. Keunggulannya dapat ditempatkan di dinding sehingga mudah terlihat oleh anggota keluarga lainnya, dibuat dengan bahan dasar murah, ekonomis, praktis, dapat digunakan oleh masyarakat di seluruh pelosok daerah.

Penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan instructional design dengan pendekatan ADDIE: analisis, design, development, implementation, evaluation. Validasi pakar materi oleh dokter spesialis anak, dosen askeb neonatus, bayi, balita dan bidan Puskesmas. Implementasi produk kepada pengguna, kepada 30 orang tua balita. Kesimpulan: media inovasi kantong development screening one no day untuk deteksi dini perkembangan balita dinyatakan layak oleh ahli.


Keywords


kantong; development; skrining; deteksi; balita

Full Text:

PDF

References


Ainun, K. (2022). The Effect of Mother Toddler Class Training on Increasing Parents' Knowledge About Child Development at the Binjai Serbangan Health Center, Air Joman District in 2021. Science Midwifery, 10(2), 614-621.

Anshori, A. F. (2017). Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Dasar 3A (Asah, Asih, Asuh) Oleh Pengasuh Terhadap Perkembangan Personal Sosial Balita Di Taman Penitipan Anak. Universitas Airlangga.

Arifuddin, M., Hidayah, N., & Mahtari, S. (2021). The development of electronic modules with science literature through direct instruction of impulse and momentum materials. Paper presented at the Journal of Physics: Conference Series.

Arini, D., & Ernawati, D. (2020). Pengaruh Penyuluhan Metode Stimulasi Game Pada Kader Dalam Memberi Stimulasi Kognitif Anak Stunting Di Wilayah Puskesmas Kenjeran. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(1), 41-49.

Asih, Y. (2017). Hubungan Pemberian Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Balita Di Posyandu. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 11(2), 211-215.

Asiyah, S. (2008). Metode Stimulasi Perkembangan Satu Jam bersama Ibu pada anak usia 12-24 bulan sebagai salah satu upaya Pembinaan anak Usia Dini. Universitas Airlangga.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722): Springer Science & Business Media.

Chen, H.-J., Ko, M. H.-J., Li, S.-T., Chiu, N.-C., & Hung, K.-L. (2020). Prevalence of preschool children developmental disabilities in northeastern Taiwan-Screening with Taipei City Developmental Screening Checklist for Preschoolers, 2nd Version. Journal of the Formosan Medical Association, 119(7), 1174-1179.

Dardjito, E., Sistiarani, C., & Nurhayati, S. (2014). Deteksi pertumbuhan dan perkembangan balita melalui penggunaan buku KIA. Kesmas Indonesia, 6(3), 166-175.

Dharmawan, Y., Mawarni, A., Handayani, N., & Pradana, A. R. (2021). Knowledge & Attitudes towards Family Use of Maternal Child Health Handbook. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(3), 322-330.

Feinberg, M., Hotez, E., Roy, K., Ledford, C. J. W., Lewin, A. B., Perez-Brena, N., . . . Berge, J. M. (2022). Family Health Development: A Theoretical Framework. Pediatrics, 149(Supplement 5). doi:10.1542/peds.2021-053509I

Fenty Agustini, F. A., & Tupriliany Danefi, T. D. (2021). The Utilization of KIA Book in Padasuka Village in Sukarame Community Health Center. JKb Jurnal Kebidanan, 11(1), 63-68.

Fitriani, I. S., & Oktobriariani, R. R. (2017). Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(1), 1-9.

Hoyle, J. N., Laditka, J. N., & Laditka, S. B. (2021). Mental health risks of parents of children with developmental disabilities: A nationally representative study in the United States. Disability and Health Journal, 14(2), 101020.

Jatmika, S. E. D., Jatmika, S. E. D., Maulana, M., KM, S., & Maulana, M. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan.

Khuzaiyah, S., Khanifah, M., & Chabibah, N. (2018). Evaluasi Pencatatan & Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Oleh Bidan, Ibu dan Keluarga. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 2(1), 22-27.

Listya, A. (2019). Konsep dan pengunaan warna dalam infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10-19.

McCoy, D. C., Waldman, M., Team, C. F., & Fink, G. (2018). Measuring early childhood development at a global scale: Evidence from the Caregiver-Reported Early Development Instruments. Early childhood research quarterly, 45, 58-68.

Patrick, M. E., Shaw, K. A., Dietz, P. M., Baio, J., Yeargin-Allsopp, M., Bilder, D. A., . . . Lee, L.-C. (2021). Prevalence of intellectual disability among eight-year-old children from selected communities in the United States, 2014. Disability and Health Journal, 14(2), 101023.

Rasheed, F., & Wahid, A. (2021). Learning style detection in E-learning systems using machine learning techniques. Expert Systems with Applications, 174, 114774.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sumiyati, S., Suparmi, S., Santjaka, A., & Hapsari, W. (2016). Stimulating Development of children ages 4-5 years. LINK, 12(2), 91-95.

Susanti, R., Veftisia, V., & Khayati, Y. N. (2018). Pengaruh Penerapan Stimulasi Perkembangan Balita Pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Candirejo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 1(2).

Sutarto, S., & Winda, T. U. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Desa Binaan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2020. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai, 5(1), 45-49.




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v5i1.9672

Article Metrics

Abstract view : 337
Download PDF : 213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.