MOZAIK DAN PUZZLE MAMPU MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH

Ribkha Itha Idhayanti

Abstract


Perkembangan motorik halus anak prasekolah sangat penting dilatih sejak dini karena ini adalah usia emas anak untuk dilatih dengan stimulasi perkembangan. Namun untuk menunjang hal itu dibutuhkan stimulasi yang baik. Salah satunya yaitu stimulasi perkembangan motorik halus yang memiliki tujuan untuk melatih kelincahan jari jemari anak. Teknik ketrampilan supaya bisa meningkatkan ketrampilan  motorik halus dengan menggunakan mozaik dan Puzzle. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan perkembangan motoric halus dengan menggunakan media mozaik dan juga puzzle bagi anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan di wilayah RA Kebumen, Pringsurat Temanggung. Metode penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimen dengan teknik pegambilan data purposive samping. Sampel yang terbagi 18 responden dengan mozaik dan 18 responden dengan Puzzle. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon mozaik menunjukkan hasil 0,000< 0.05 dan Puzzle 0.008 <0.05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh mozaik dan Puzzle terhadap peningkatan perkembangan motorik halus anak prasekolah. Selanjutnya Uji Mann-Whitney ditemukan p value = 0.000 dan  p<0.05 yang berarti mozaik dan Puzzle sama sama mampu meningkatkan  perkembangan motorik halus anak prasekolah. Dari hasil penelitian, mozaik maupun puzzle  bisa menjadi rekomendasi kedepannya sebagai salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak prasekolah dengan melibatkan  pengawasan orang terdekat

Keywords


Kata kunci: motorik halus; mozaik; puzzle

Full Text:

PDF

References


Arfiana, A. L. (2016) Asuhan Neonatus Bayi Balita dan Anak Pra Sekolah. Yogyakarta: Trans Medika.

Coleen, Boyle, Benjamin Zablotsky, Lindsey I Black, Matthew J Maenner, Laura A Schieve, Melissa L Danielson, Rebecca H Bitsko, Stephen J Blumberg, M. D. K. (2019) ‘Prevalence and trends of developmental disabilities among children in the United States: 2009–2017’, National Library Of Medicine, 144(4). doi: 10.1542/peds.2019-0811.

Dewi, Vivian, N. L. (2013) Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. V. Jakarta: Salemba Medika.

Fadilah M (2017) Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Grup.

Idhayanti, R. I. et al. (2019) ‘Pelatihan Peran Ayah Dalam Stimulasi Tumbuh Kembang Balita Dengan KPSP’, Prosiding UMY. Available at: file:///C:/Users/user/Downloads/506-Article Text-1648-1-10-20210401 (4).pdf.

Juli Maini Sitepu, S. R. J. (2016a) ‘Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.’, Jurnal INTIQAD, 8(2), pp. 78–83. Available at: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad/article/view/729.

Kemenkes RI (2018) Riskesdas Jateng. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018.

Lailatul. Istiqomah (2017) ‘Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. PAUD Teratai’, PAUD Teratai, 6(3). Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/20065.

Maghfuroh, L. (2018) ‘Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra sekolah’, Jurnal Endurance, 3(1), pp. 55–60. Available at: http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/view/2488.

Marmi, K. R. (2018) Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maulida, R. and Henni Anggraini, A. A. (2019) ‘Pengaruh Teknik Mozaik Terhadap Kemampuan Kreatifitas Menciptakan Bentuk Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 3 Sukonolo Kecamatan Bululuwang Kabupaten Malang’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen, 3. Available at: file:///C:/Users/user/Downloads/407-Article Text-631-1-10-20200122 (1).pdf.

Permendikbud (2014) Standar Nasional Penilian PAUD No. 137. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan ,Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 65(879), 2004–2006. Jakarta: Kemenkes RI. Available at: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf.

Rahayuningrum, L. M. and Dewi, F. R. (2016) ‘Pengaruh Intervensi Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun)’, Journal of Ners Communityunity, 7(2), pp. 136–148. doi: https://doi.org/10.5281/j%20ners%20community.v7i2.265.

Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020) ‘Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar.’, Jurnal Pemikiran Dan Tematik Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), p. 15. doi: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434.

Ribkha Itha Idhayanti, Siti Rofi’ah, A. S. (2018) ‘Media Gambar Flashcard Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun’, Jendela Inovasi Daerah, 1(2), pp. 78–92. Available at: http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/19.

Rofik Jalal Rosyanafi (2018) ‘Pengaruh Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini’, Journal Of Arabic Learning, 1(1). doi: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.5016.

Satriani, S. N. H. I. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Puzzle Jari Tangan Dalam Mengembangkan Motorik Halus Di Taman Kanak-Kanak.’, TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), p. 84. doi: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20290.

Soetjiningsih, I. N. G. R. (2015) Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: EGC.

Solichah, S. (2017) Keterampilan Mozaik. Yogyakarta: Indopubllika.

Sugiyono (2017) Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sulistyawati, Ari (2017) Deteksi Tumbuh Kembang Anak. III. Jakarta: Salemba Medika.

Sulistyawati, A (2017) Deteksi Tumbuh Kembang Anak. III. Jakarta: Salemba Medika.

WHO (2020) ‘World Health Statistics 2020.’, In Modos De Ver, 21(1). doi: https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027.

Yuniati, E. (2018) ‘Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di TK AT Taqwa Mekasrsari Cimahai’, Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(2), pp. 65–74. doi: https://doi.org/10.32763/juke.v11i2.55.




DOI: https://doi.org/10.31983/jsk.v4i1.8226

Article Metrics

Abstract view : 656
Download PDF : 611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Commitment to quality

Single-blind peer review. Immidiate open acces. Authors retain copyright. No author fees. Published binually.

Jurnal Sains Kebidanan (JSK), its website and the articles published therein are licensed under a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International Licence.

Jurnal Sains Kebidanan is published by Prodi DIII Kebidanan Purwokerto, Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang.