LITERASI PSIKOEDUKASI KESEHATAN MENTAL DI MAN 1 KOTA PEKALONGAN

Indar Widowati, Zaenal Amirudin, Norma Nofianto, Yuniske Penyami

Abstract


Permasalahan kesehatan mental di kalangan remaja, khususnya siswa sekolah menengah, semakin mengkhawatirkan di tengah tekanan akademik, sosial, dan perkembangan teknologi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan mental melalui psikoedukasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pekalongan. Peserta sebanyak 30, terdiri atas perwaklan kelas X dan XI, guru BK dan Guru wali. Metode yang digunakan adalah ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan simulasi berbasis masalah. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata skor dari 55% menjadi 85%, artinya peningkatan signifikansi pemahaman siswa terhadap konsep kesehatan mental, identifikasi stres, serta strategi coping yang sehat. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membangun budaya sadar kesehatan mental di lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Farisandy, E.D., Asihputri, A. dan Pontoh, J.S. (2023) ‘Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan Mental’, Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), hlm. 81–90. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/369669712_PENINGKATAN_PENGETAHUAN_DAN_KESADARAN_MASYARAKAT_MENGENAI_KESEHATAN_MENTAL (Diakses pada: 21 Januari 2025).

Gloribarus (2022) Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Tersedia di: https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/ (Diakses pada: 11 Agustus 2025).

ILMPI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) (2025) Dukungan Sosial sebagai Upaya Mengurangi Stigma Negatif Gangguan Kesehatan Mental. Tersedia di: https://ilmpi.org/2025/02/08/dukungan-sosial-sebagai-upaya-mengurangi-stigma-negatif-gangguan-kesehatan-mental/ (Diakses pada: 11 Januari 2025).

Syifa, M., & Oktavia, C. (2020). Efektivitas Psikoedukasi Strategi Belajar dan Manajemen Stres pada Siswa SMA Negeri 1 Cerme, Gresik. Prosiding Temilnas XII: Edisi 3

Novianty, A., Paramita, W., & Rachel, K. (2024). Psikoedukasi Mengenali dan Mengelola Emosi pada Siswa/i SMA. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(8), 1339–1345.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) (2020) Pedoman Pelayanan Kesehatan Jiwa di Sekolah. Jakarta: Kemenkes RI.

Novianty, A. dan Hadjam, M.N.R. (2018) ‘Literasi kesehatan mental dan sikap komunitas sebagai prediktor pencarian pertolongan formal’, Jurnal Psikologi, 44(1), hlm. 50–65. DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.22988.

Santrock, J.W. (2016) Adolescence: Development through Adulthood. New York: McGraw-Hill Education. Tersedia di: https://www.mheducation.com/unitas/highered/sample-chapters/9781260058789.pdf

Sarafino, E.P. dan Smith, T.W. (2014) Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. 8th edn. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Sutanti, E. (2015) Pemahaman Masyarakat Mengenai Gangguan Jiwa dan Perilaku terhadap Penderita Gangguan Jiwa. Tersedia di: https://media.neliti.com/media/publications/181605-ID-pemahaman-masyarakat-mengenai-gangguan-j.pdf (Diakses pada: 10 November 2024).

World Health Organization (WHO) (2021) Adolescent Mental Health. Geneva: WHO. Tersedia di: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health (Diakses pada: 11 OKtober 2024).


Article Metrics

Abstract view : 2
Download PDF : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.