PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN GIZI SEIMBANG DAN MAKANAN TAMBAHAN UNTUK PENCEGAHAN RESIKO TINGGI ANEMIA PADA IBU HAMIL DAN GANGGUAN PERTUMBUHAN JANIN

Hartati Hartati, Afiyah Sri Harnany, Sumarni Sumarni, Suryo Pratikwo, Indar Widowati

Abstract


Latar Belakang : Tingginya  ibu hamil   anemia dan kekurangan energi kronis(KEK)  di wilayah Puskesmas Pekalongan Selatan  kota  Pekalongan.  Anemia dan KEK menjadi faktor  resiko tinggi  terjadinya   kematian ibu  dan gangguan pertumbuhan pada janin.  Kematian  dan  gangguan pertumbuhan janin dapat diantisipasi  melalui upaya bidang kesehatan ibu dan anak dan berkolaborasi dengan  ahli gizi. Gizi seimbang bagi ibu hamil dan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil KEK  sebagai upaya dasar dalam bidang kesehatan. Kecukupan gizi pada ibu hamil  dapat mencegah terjadinya anemia yang berdampak perdarahan pada persalinan, sedangkan pemberian makanan tambahan terutama di perlukan untuk ibu hamil yang mengalami Kekurangan energi kronis, supaya tidak berdampak pada gangguan pertumbuhan janin.

Tujuan : Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader dan  ibu hamil  agar mengetahui pencegahan resiko tinggi pada ibu hamil dan janin  melalui  upaya peningkatan Gizi seimbang bagi ibu hamil dan pembuatan makanan tambahan.

Metode : Pemberdayaan dengan pelatihan dan pendampingan tentang Pelatihan gizi seimbang dan makanan tambahan untuk pencegahan resiko tinggi pada ibu hamil dan janin. Dilakukan pre test sebelum dilakukan pelatihan dan pendampingan kemudian post test di akhir. Penambahan deteksi dini menggunakan aplikasi mother serta meningkatkan edukasi variasi menu pada ibu hamil sebagai menu yang menarik dan bergizi.

Hasil : Hasil akhir kegiatan pengabdian ini dapat dilihat pada peningkatan pengetahuan sasaran kegiatan dalam Pelatihan gizi seimbang dan makanan tambahan untuk pencegahan resiko tinggi pada ibu hamil dan janin.

Simpulan : Peningkatkan kemampuan  menyusun  variasi menu sebagai makanan yang menarik serta bergizi untuk ibu hamil.

Keyword : Gizi seimbang , Resiko tinggi Ibu hamil, Resiko tinggi Janin


Full Text:

PDF

References


Almatsier, Sunita. 2009. IlmuGizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dinkes Kota Pekalongan. 2017. Profil Kesehatan Kota Pekalongan Tahun 2017.Pekalongan

Hartati, 2020, Pengaruh modifikasi pembelajaran daring pemberian makanan tambahan extra susu sari kedelai terhadap IMT, LILA HB, kadar albumin pada ibu hamil kurang energi kronis(KEK), JLK, Poltekkes semarang

Herbold, Nanci. 2012. Buku Saku Nutrisi. Jakarta: EGC

He, Z., Han, G., Cheng, T., Fan, B., & Dong, J. (2018). Evolutionary food quality and location strategies for restaurants in competitive online-to-offline food ordering and delivery markets: An agent- based approach. International Journal of Production Economic, 30, 1-12.

Jauhari, A. dan N. Nasution. 2015. Nutrisi dan Keperawatan. Yogyakarta: JayaIlmu

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. (2012). Retrieved November 11, 2019, from https://sbm.binus.ac.id/files/2013/04/Kewirausahaan- dan-Ekonomi-Kreatif.pdf

Kimes, S., & Laque, P. (2011). Online, Mobile, and Text Food Ordering in the U.S Restaurant Industri. Cornell University, 11(Cornell Hospitality Report).

Pilar-pilar Ekonomi Kreatif. (n.d.). Retrieved November 11, 2019, from http://www.feb.unpad.ac.id/id/arsip-fakultas-ekonomi-

unpad/opini/2198-pilar-pilar-ekonomi-kreatif

Sosial Media. (n.d.). Retrieved November 11, 2019, from https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_jejaring_sosial

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/


Article Metrics

Abstract view : 102
Download PDF : 90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.