EFFECTIVENESS BETWEEN MEDIA VIDEO AND EDUCATIONAL GAMES ABOUT THE BEHAVIOR OF BRUSHING YOUR TEETH

Elmalia Fitri

Abstract


Background: The causes of dental and oral health problems are behaviors, behaviors that often ignore dental and oral hygiene. In Indonesia, 94.7% of daily brushing behaviors were shown, but only 2.8% brushed their teeth at the correct time. One of the efforts in improving the degree of dental and oral health is by promoting or promoting health. In health promotion efforts to facilitate the delivery of messages or information is usually used by the media. Many media can be used, one of which is video media and educational games to help the delivery of information. Media is also included in socialization agents that can play a role in developing and influencing one's behavior. Method: This type of research is literature review research. The data used in literature review research is secondary data that can be obtained from various forms of literature. The secondary data source uses 3 databases: PubMed, Google Scholar and Ebsco. Literature is searched by keyword and Boolean operator (AND, OR, and NOT). Criteria for inclusion and exclusion of literature using PICOS strategy. Result: The journal's findings show educational videos and games can improve knowledge, dental and oral health attitudes, and teeth brushing skills. Conclusion:  Educational game media is more effective in improving knowledge, attitudes and actions of dental and oral hygiene. The advice for health workers is expected to provide dental health counseling using video or educational games in improving knowledge, attitudes and actions of brushing teeth

Keywords: media; video; educational games; behavior; brushing teeth

 

Latar Belakang: Penyebab permasalahan kesehatan gigi dan mulut yaitu perilaku, perilaku yang sering mengabaikan kebersihan gigi dan mulut. Di indonesia menunjukkan perilaku menyikat gigi setiap hari sebesar 94,7%, tetapi hanya 2,8% yang menyikat gigi di waktu yang benar. Salah satu upaya dalam peningkatan derajat kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan cara promotif atau promosi kesehatan. Dalam upaya promosi kesehatan untuk memudahkan penyampaian pesan atau informasi biasanya digunakan media. Banyak media yang dapat digunakan salah satunya media video dan game edukasi untuk membantu penyampaian informasi. Media juga termasuk dalam agen  sosialisasi yang dapat memberikan peran dalam mengembangkan dan memengaruhi perilaku seseorang. Metode: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai efektivitas antara media video dan game edukasi tentang perilaku menyikat gigi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literature review. Data yang digunakan dalam penelitian literature review adalah data sekunder yang dapat diperoleh dari berbagai macam bentuk literature. Sumber data-data sekunder tersebut menggunakan 3 database yaitu: PubMed, Google Scholar dan Ebsco. Literatur dicari berdasarkan keyword (kata kunci) dan boolean operator (AND,OR, dan NOT). Kriteria inklusi dan ekslusi literatur menggunakan strategi PICOS. Hasil: temuan jurnal menunjukkan video dan game edukasi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap kesehatan gigi dan mulut, dan keterampilan menggosok gigi. Kesimpulan: Media game edukasi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan kebersihan gigi dan mulut. Adapun saran untuk bagi petugas kesehatan diharapkan perlu memberikan penyuluhan kesehatan gigi menggunakan video ataupun game edukasi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan menyikat gigi.

Kata Kunci: media; video; game edukasi; perilaku; menyikat gigi


Keywords


media; video; educational games; behavior; brushing teeth

Full Text:

PDF

References


Aljafari, A., Rice, C., Gallagher, J. E., & Hosey, M. T. (2015). An Oral Health Education Video Game For High Caries Risk Children: Study Protocol For A Randomized Controlled Trial. Trials, 16(1), 1-10.

Anderson, Ronald H., (1987). Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta.

Arifin, S., et al. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi pada Kondisi Tanggap Darurat. Banjarmasin: Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Ariyanto, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeliharaan Kebersihan Gigi Dan Mulut di Kelurahan Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. Jurnal Analis Kesehatan, 7(2), 744-748.

Arsyad, A., (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Batuwael, E., Dkk, (2016). Analisis Dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android. E-Jurnal Teknik Informatika.

Budiharto, (2009). Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan Dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Egc. Jakarta.

Cochrane (2020). 4.S1 Technical Supplement To Chapter 4: Searching For And Selecting Studies|Cochrane Training. 2020. Available At: Https://Training.Cochrane.Org/Handbook/Archive/V6/Chapter-04-Technical-Supplement-Searching-And-Selecting-Studies#_Ref19193187 (Accessed: November 2020).

Cochrane (2020). Chapter 3: Defining The Criteria For Including Studies And How They Will Be Grouped For The Synthesis | Cochrane Training. Available At: Https://Training.Cochrane.Org/Handbook/Archive/V6/Chapter-03 (Accessed: November 2020).

Depkes, 2009. Pedoman Penyelenggaraan Upaya Pelayanan Kesehatan Gigi di Puskesmas, Jakarta.

Ekawati, P. L., Dan Falani, A.Z. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia. Jurnal Link.

Fadlillah, Dkk. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan Menyenangkan (Edisi 1). Kencana. Jakarta.

Ghofur, A., (2012). Buku Pintar Kesehatan Gigi Dan Mulut. Mitra Buku. Yogyakarta.

Handriyantini, E., Kom, S. And Mt, M., (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer Untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia.

Harapan, I. K., & Adam, J. Z. (2020). Efektivitas Metode Aplikasi Video Inovatif Dengan Metode Demontrasi Menyikat Gigi Terhadap Kebersihan Gigi Dan Mulut Siswa Sekolah Dasar Inpres Buntong Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Kesehatan Gigi, 7(2), 108-112.

Henry, Samuel (2010). Cerdas Dengan Game Panduan Praktis Bagi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Pt Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Heramawan, R., (2010). Menyehatkan Daerah Mulut. Buku Biru. Jogjakarta.

Herijulianti, Dkk, (2001). Pendidikan Kesehatan Gigi. Buku Kedokteran Gigi. Egc. Jakarta.

Hidayat, R., Dan Tandiari, A., (2016). Kesehatan Gigi Dan Mulut-Apa Yangsebaiknya Anda Tahu?. Andi. Yogyakarta.

Higgins J., Et Al. (2020). Cochrane Handbook For Systematic Review Of Interventions Version 6.1. Cochrane. Available At: Www.Training.Cochrane.Org/Handbook.

Jacobson, D., Jacobson, J., Leong, T., Lourenco, S., Mancl, L., & Chi, D. L. (2019). Evaluating Child Toothbrushing Behavior Changes Associated With A Mobile Game App: A Single Arm Pre/Post Pilot Study. Pediatric Dentistry, 41(4), 299-303.

Joanna T., (2015). Systematic Review Resource Package, Joanna Briggs Institute. Adelaide: Joanna Briggs Institute.

Kbbi, 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia Di

Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Video. Diakses 30 Januari 2020.

Kemenkes Ri., (2018). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kristianto, J., Priharti, D., & Abral, A. (2018). Efektifitas Peyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Media Video Melalui Whatsapp Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Panti Asuhan Yos Sudarso Jakarta. Quality: Jurnal Kesehatan, 12(1), 8-13.

Latuconsina, R., & Maelissa, S. R. (2019). Keberhasilan Metode Audiovisual Dan Simulasi Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Siswa. Moluccas Health Journal, 1(1).

Machfoedz, I., & Suryani, E., (2006). Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Fitramaya. Yogyakarta.

Marimbun, B. E., Mintjelungan, C. N., & Pangemanan, D. H. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Status Karies Gigi Pada Penyandang Tunanetra. E-Gigi, 4(2).

Maulani, (2005). Panduan Orang Tua Dalam Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Anak-Anaknya. Gramedia. Jakarta.

Megawati, R. R., Hartati, E., & Supriyono, M. (2016). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Oleh Peer Group Terhadap Pengetahuan Menggosok Gigi Kelas 4 Dan 5 Di Sdn Kalicari 01 Semarang. Karya Ilmiah.

Methley A. M., Et Al. (2014). ‘Pico , Picos And Spider : A Comparison Study Of Specificity And Sensitivity In Three Search Tools For Qualitative Systematic Reviews’. Pp. 1–10. Doi: 10.1186/S12913-014-0579-0.

Moher D., Et Al. (2020). ‘Guidelines And Guidance Preferred Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses: The Prisma Statement’. Doi: 10.1371/Journal.Pmed.1000097.

Notoatmodjo, (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Notoatmodjo, (2005). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, (2007). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, (2010). Ilmu Prilaku Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, (2010). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Nursalam, (2020). Penulisan Literature Review Dan Systematic Review Pada Pendidikan Kesehatan (Contoh). Surabaya: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Okoli C., (2015). ‘A Guide To Conducting A Standalone Systematic Literature Review’. Communications Of The Association For Information Systems. 37(1). Pp. 879–910. Doi: 10.17705/1cais.03743.

Palguna, Y.N., Wiranatha, A.K.A.C. And Buana, P.W., (2020). Aplikasi Game Rpg Little Krishna Adventure. Jitter: Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(2), Pp.274-284.

Pratiwi, D. A., Yuniar, N., & Erawan, P. E. M. (2016). Pengaruh Penyuluhan Metode Permainan Edukatif Dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Diare Pada Murid Sd Di Kecamatan Poasia Kota Kendari Tahun 2015. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 1(2).

Priyanto, S., Pribadi, P., & Hamdi, A. (2014). Game Edukasi “Matching Three” Untuk Anak Usia Dini. Telematika, 7(2).

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus (Pp. 1-7).

Putri, M. H., Herijulianti, E., & Nurjannah, N., (2013). Ilmu Pencegahan Penyakit Jaringan Keras Dan Jaringan Pendukung Gigi. Egc. Jakarta.

Ramadhan, A. G., (2010). Serba Serbi Kesehatan Gigi Dan Mulut. Bukune. Jakarta.

Sadiman Arief S., Dkk, (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Pt Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Santoso, B., Anwar, M. C., & Muliadi, M. (2019). Monopoly Game As Android-Based Dental Health Education Media. Journal Of Applied Health Management And Technology, 1(1), 7-15.

Sari, N. N. R. P., Purwanti, I. S., & Juanamasta, I. G. (2019). Edukasi Film Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Pada Anak Usia 6-8 Tahun. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 152-158.

Sara, P. (2016). Efektifitas Metode Pendidikan Kesehatan dengan Simulasi Permainan Ular Tangga terhadap Perubahan Sikap tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah di SDN 03 Singkawang Tengah. Jurnal ProNers, 3(1).

Seobroto, I., (2009). Apa Yang Tidak Dikatakan Dokter Tentang Gigi Anda. Bookmarks. Jogjakarta.

Setiawati S., Dermawan A.C., (2008). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Kesehatan. Trans Info Media. Jakarta.

Setyaningrum, W. Dan Waryanto, N.H., (2017). Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik?. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), Pp.40-56.

Syifa D. A., (2020). Penggunaan Media Permainan Uno Stacko Untuk Penguasaan Kosa Kata Dalam Pembelajarn Bahasa Jepang Level Dasar, Jurnal Universitas Negri Surabaya, Surabaya.

Tauchid, N. S., Dkk, (2016). Buku Ajar Pendidikan Kesehatan Gigi. Egc. Jakarta.

Tibertius, A. W. D., Limbu, R., & Boeky, D. L. (2020). Increase In Knowledge Of Dental Health Using Animated Video. Lontar: Journal Of Community Health, 2(1), 21-25.

Wulandari, A.D., (2012). Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (Rpg) Maker Xp Sebagai Media Pembelajaran Di Smp Negeri 2 Kalibawang. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.

Yusmanijar, & Abdulhaq, M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesgilut Dengan Perilaku Perawatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Di Sd Islam Al Amal Jaticempaka. Afiat, 5(01), 80-91.

Zed M., (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Cetakan Ke). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31983/jahmt.v6i1.8291

Article Metrics

Abstract view : 213
Download PDF : 79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Applied Health Management and Technology (p-ISSN: 2715-3061  e-ISSN: 2715-307X , Postgraduate Program, Poltekkes Kemenkes Semarang.
St. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang City, Central Java, Indonesia, Postal code 50268 Telp./Fax: (024)76479189

https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/gacor4d/https://htn.parahikma.ac.id/sbotop/https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/slotraffi/https://kemahasiswaan.mercubaktijaya.ac.id/sistem/