Peningkatan Keterampilan Pertolongan Pertama Luka Terbuka Pada Siswa Anggota Palang Merah Remaja Menggunakan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray

Maria Wisnu Kanita

Abstract


Kejadian luka terbuka yang tinggi di Indonesia terutama pada kalangan anak-anak sekolah, siswa anggota PMR berperan dalam memberikan pertolongan pertama. Keterampilan yang baik dibutuhkan siswa anggota PMR agar dapat menolong korban yang terluka dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pertolongan pertama luka terbuka pada siswa anggota PMR di SMPN 1 Kartasura. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan quasi experiment pretest-posttest one group design dan besar sampel sebanyak 62 responden. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Tingkat keterampilan pertolongan pertama luka terbuka sebelum diberikan intervensi dalam kategori kurang dan setelah diberikan intervensi dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray meningkat menjadi baik dengan hasil uji wilcoxon 0.000 atau p value <0.05. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan pertolongan pertama luka terbuka.
Keyword : Pertolongan Pertama Luka Terbuka; PMR; Pembelajaran Two Stray Two Stay


Full Text:

PDF

References


Aliyah, M., Ummah, N., & Yogyakarta, K. (2024). Bulletin of Asian Islamic Studies. 1(1), 1–13.

Angriani, S., & Baharuddin, B. (2021). Implementasi Tutor Sebaya dalam Penanganan Cedera Luka di MTS Muhammadiyah Kota Makassar. Bhakti Persada, 7(1), 32–39. https://doi.org/10.31940/bp.v7i1.2314

Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2021). Pengaruh Keterampilan Interpersonal, Pengalaman Kerja, Integritas dan Keterikatan Kerja terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 290–296. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1153

Fitriana, N. F., & Yulistiani, M. (2020). Optimalisasi Kemampuan Penanganan Cedera Rumah Tangga dengan Metode Pemberian Booklet pada Warga Karang Rau Purwokerto. Indonesian Journal of Community Dedication, 2(1), 9–12. https://doi.org/10.35892/community.v2i1.233

Kemenkes RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. In Laporan Nasional Riskesdas 2018 (Vol. 53, Issue 9, pp. 154–165). http://www.yankes.kemkes.go.id/assets/downloads/PMK No. 57 Tahun 2013 tentang PTRM.pdf

Kurnia, H., & Septera, G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Academy of Education Journal, 10(02), 109–121. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.277

Listiana, D., & Silviani, Y. E. (2020). Pelatihan Balut Bidai terhadap Keterampilan pada Mahasiswa/I Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 265–273. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1715

Luthfi Fauzi Baihaqi, & Etlidawati. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Keselamatan Pasien (Patient Safe_ty) Di Ruang Rawat Inap Rsud Kardinah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah , September, 318–325.

Mareta, K., Friansah, D., & Frima, A. (2022). Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo. Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Dan Karya Ilmiah Linggau, 1(1), 1–12. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/376/287

Nugraha, F., & Nurani, R. Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4037–4044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487

Oktafiani, M., & Fitriana, N. F. (2022). Pengaruh Pembelajaran Audiovisual Terhadap Pengetahuan Anggota Pmr Bharaku Smk Negeri 1 Kutasari Tentang Bantuan Hidup Dasar (Bhd). Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 133–141. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3860

Risal Wintoko, A. D. N. Y. (2020). Manajemen Terkini Perawatan Luka. Jurnal Kesehatan Universitas Lampung, 4, 183–189.

Riskesdas Jawa Tengah. (2018). Riskesdas Provinsi Jawa Tengah. In Kementerian Kesehatan RI.

Ristanto, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Ketrampilan Dokter Kecil Pada Penanganan Luka Terbuka. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.109

Saputra, I. (2022). Pertolongan Pertama Penanganan Choking Literature Review Literature Review.

Sri A. Ibrahim, & Meysin Adam. (2021). Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Tentang Pertolongan Pertama Pada Cedera. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(Mi), 5–24.

Susanti, E., & Putri, P. (2021). Pelatihan Bagi Siswa Palang Merah Remaja Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka. ABDIKEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 193–198.

Usman, Almumtahanah, Kawuryan, U., Kartika, W., Halwa, A. S., & Wariani. (2021). Kejadian Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 58–62. https://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jikk/article/download/831/579

Windradi, A. Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Penerapan Metode Two Stay Two Stray (Tsts) Pada Materi Jenis-Jenis Masalah Sosial. Jurnal Penelitian Geografi, 9(1), 21–33.




DOI: https://doi.org/10.31983/j-sikep.v6i1.12678

Article Metrics

Abstract view : 16
Download PDF : 8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Studi Keperawatan  (e-ISSN: 2722-9289), is published by Keperawatan Blora, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Gatot Subroto No.119, Kajangansawan, Sonorejo, Kec. Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58213


Flag Counter