PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN BANK SAMPAH DI KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG

Sri Mulyati, Emi Murniati, Jeffri Ardiyanto, Gatot Murti Wibowo

Abstract


Kelurahan Meteseh adalah salah satu Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Tembalang Semarang. Secara demografis memiliki banyak potensi, diantaranya bidang peternakan sapi, perikanan, pertanian dan kewirausahaan yang dapat dioptimalkan dalam usaha untuk pembangunan Kelurahan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan tersebut. Masyarakat memandang masalah sampah menjadi hal yang patut diprioritaskan mengingat pengelolaan sampah melalui bank sampah dapat berimbas baik secara ekonomi, kesehatan maupun lingkungan pada masyarakat sekitar. Salah satunya adalah Prodi D-IV Teknik Radiologi Jurusan Teknik Radiodiagnostik Dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang yang memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan tri Dharma Perguruan Tinggi dalam wujud pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini merupakan stimulan yang dilakukan melalui pemberdayaan kepada masyarakat melalui pembentukan dan pendampingan pentingnya Bank Sampah sebagai salah satu wadah untuk pengelolaan sampah yaitu dengan terbentuknya Bank Sampah Mulia sejahtera di Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Dengan slogan mengubah sampah menjadi Berkah. Harapan kami, nantinya kegiatan ini dapat ditindaklanjuti oleh warga untuk pemilahan dan pengolahan sampah. Sehingga, dapat terwujud masyarakat yang bersih, sehat dan sejahtera.

 


Keywords


Bank Sampah, Pemberdayaan Masyarakat, Bersih, Sehat dan Sejahtera

Full Text:

PDF

References


Anonim, "Bersama Membangun Ekonomi Rakyat". BLH Kota Bengkulu, 2014

Anonim, “Bank sampah”, Pemerintah Kota Bandung, 2014

Masnellyarti, 2014"Bank Sampah:Dari Sampah Menjadi Rupiah".

World Bank, 2014"Bank Sampah di Indonesia:Menabung, Mengubah Perilaku".




DOI: http://dx.doi.org/10.31983/link.v15i1.4109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail:

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License