PENINGKATAN KAPASITAS IBU-IBU ARISAN SEBAGAI INISIATOR GERAKAN MASYARAKAT CERDAS MENGGUNAKAN OBAT (GEMA CERMAT)

Sarmalina Sarmalina, Sarmadi Sarmadi, Mona Rahmi, Sonlimar Mangunsong

Abstract


Abstrak

Penggunaan obat yang benar menjadi kunci keberhasilan terapi. Obat memiliki dosis, cara penggunaan,  aturan pakai, aturan penyimpanan dan peringatan yang berbeda beda, sehingga masyarakat perlu memiliki bekal pengetahuan yang benar, sehingga dapat menggunakan obat dengan benar. Ibu-Ibu Arisan adalah sekelompok ibu-ibu yang secara periodik bertemu dan memiliki potensi menjadi penggerak atau panutan bagi masyarakat disekitarnya dalam berbagai hal. Bila mereka memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai, maka mereka dapat membantu keluarga, teman dan masyarakat disekitarnya untuk bertindak benar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih ketrampilan Ibu-Ibu Arisan dalam memilih dan menggunakan obat dengan benar. Kegiatan ini akan diikuti oleh perwakilan dari beberapa kelompok arisan yang. Nantinya setiap ibu akan melakukan diseminasi tentang materi yang sama di setiap kelompok arisannya. Peserta berjumlah 15 orang berasal dari 8 kelompok arisan yang berbeda. Ibu-ibu dilatih tentang penggunaan dan ketrampilan memilih obat.

Pengetahuan ibu-ibu peserta meningkat dari rata-rata 65 %  menjadi 95 % setelah mendapat penjelasan mengenai penggunaan obat. Mereka melakukan kegiatan berbagi informasi di acara arisan dengan baik.  Dengan demikian maka penyebaran informasi yang bertujuan memberdayakan masyarakat agar cerdas dalam menggunakan obat lebih cepat tercapai dan cakupan wilayahnya lebih luas.

 


Keywords


ibu-ibu; pengetahuan; obat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Begum, A., MdS, Bari., FR Chowdhury., N.Ahmed, KAR Sayeed., 2015. Pattern of Anti-Microbial Sensitivity and Resistance against Salmonella Species in a Tertiary Hospital in Dhaka. Journal of Enam Medical College. Vol 5 No 2 (www.banglajolinfo.)

Dipiro Y.T., et al, 2008. Pharmacoteraphy A Pathophysiologic Approach, seventh edition.Mc Graw Hill Medical, New York (e-book)

IAI, 2014. Informasi Spesialite Obat Indonesia, Volume 49. Ikatan Apoteker Indonesia, PT.ISFI Penerbitan, Jakarta

Inpres, 2017. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,.Jakarta

Kemenkes, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kemenkes, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Quick JD, Rankin JR., Laing RO., dkk (1997). Managing Drug Supply, Edisi kedua, Management Sciences for Health in Collaboration with the World Health Organization. Kumarian Press, Connecticut, USA

Rakornas, 2017. Rapat Koordinasi Nasional Farmalkes, 8-10 Maret 2017. Medan. Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI,




DOI: http://dx.doi.org/10.31983/link.v15i1.3890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail:

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License