EFEKTIVITAS EDUKASI FISIOTERAPIS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Zuyina Luklukaningsih

Abstract


Abstrak

 

Strategi pemecahan masalah belajar sangat diperlukan khususnya bagi mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan potensial nilai akademik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman strategi pemecahan masalah belajar. Terdapat dua kelompok yang dipilih secara random yaitu kelompok sebelum edukasi dan kelompok setelah diberi edukasi keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini diujicobakan pada mahasiswa Universitas Widya Dharma Klaten sejumlah 7 mahasiswa, terdiri dari 2  mahasiswa perempuan dan 5 mahasiswa laki laki. Analisis data yang digunakan yaitu  analisis inferensial dengan uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan  P.sig<Alpha atau 0.000<0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan sebelum pemberian edukasi dengan setelah diberikan edukasi keterampilan pemecahan masalah. P-value yaitu Asymp. Sig. (2-tailed) pada hasil pretest 0.997 dan postest 0.955 keterampilan menyelesaikan masalah. Hasil yang diperoleh terdapat perbedaan keterampilan sebelum pemberian edukasi dengan setelah diberikan edukasi dan dapat dikatakan bahwa pemberian edukasi fisioterapis efektif terhadap keterampilan problem solving belajar mahasiswa. Hasil ini mengindikasikan bahwa pemberian edukasi fisioterapis efektif meningkatakan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan kesulitan belajarnya.


Keywords


Keterampilan pemecahan masalah; Masalah belajar; Efektifitas edukasi fisioterapis

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2008). Sikap manusia. Teori dan pengukurannya. Edisi ke 2. Cetakan XII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2002). The pursuit of meaningfulness in life. Handbook of positif psychology (pp.608-628). New York: Oxford University Press.

Brits. (2000). Plobem Solving In Early Childhood Classrooms. Eric digest. Clearing House on Elementary and Early Childhood Education University Of Illinois. Urbana_champaign. Diambil dari: Http://www.ericps.ed.uiuc.edu/eece/index Html.

DJarwanto, P. (2003). Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Grasindo.

Ifanali. (2014). Penerapan langkah-langkah polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pecahan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 147-158.

King, L. (2010). Psikologi umum. Jakarta: Salemba Humanika.

Mahrita & Mulyati, R. (2007). Hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kemampuan pemecahan masalah (problem solving ) pada remaja. (Naskah Publikasi). Rogram Studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogy.

Mu’qodin, Z. (2002). Mengenal kecerdasan emosional remaja. Bandung : Kaifa.

.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. P. (2009). Psikologi sosial Edisi 12. Jakarta: : Kencana Prenada Media Group.

Mu’qodin, Z. (2002). Mengenal kecerdasan emosional remaja. Bandung : Kaifa.

Abidin, Z. (2007). Analisiseksistensial. Jakarta: Raja GrafindoPersada

Ahmadi, A. (1998). Psikologisosial. Bandung: Mizan.

Arikunto, S. (2006). Prosedurpenelitian. Suatupendekatanpraktik. EdisiRevisi VI. Cetakan XIII. Jakarta: RinekaCipta.

Azwar, S. (1998). Metodepenelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Bailey, R.W. (1989). Human performance engineering. New Jersey

Newcomb, TM., Turner, RH. & Converse, PE. (1978). Psikologisosial. Bandung: Diponegoro.

Walgito, B. (2003). Psikologisosial ,suatupengantar. Yogyakarta: Andi Offset.

Watson, D.L. (2002). Self directed behavior. California: Brooks Press.

Wibowo, I. (2009). Psikologisosial. Tim PenulisFakultasPsikologi UI. Jakarta: PenerbitSalembaHumanika. (penyunting: SaelitoWirawan).

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian. suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi VI. Cetakan XIII. Jakarta: Rineka Cipta.

.

Notoatmodjo, S. (2005). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Lubis, Y.U. (2005). Kelola konflik dengan cantik. dalam http://www.eramuslim.com.

Schultz, D. (1991). Psikologi pertumbuhan, model-model kepribadian sehat. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.31983/link.v15i1.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail:

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License