PEMBENTUKAN KELOMPOK PENDAMPING IBU HAMIL DI DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Diki Retno Yuliani, Ulfah Musdalifah, Affi Zakiyya, Fitria Zuhriyatun

Abstract


Salah satu Program Likes Jateng adalah “jateng gayeng nginceng wong meteng (5 NG)”, yang bertujuan menekan AKI AKB dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam pengawasan ibu sejak sebelum hamil sampai masa nifas. Untuk mensukseskan program tersebut, pengabdi membuat kelompok pendamping ibu hamil didesa karanggintung, kecamatan sumbang, kabupaten banyumas. Tujuan kegiatan adalah terbentuk kelompok pendamping ibu hamil, untuk  meningkatkan pencatatan, deteksi dini faktor resiko dan tanda bahaya ibu hamil sampai masa nifas dan neonatus.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa prodi Kebidanan Purwokerto Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2017 dengan sasaran kader kesehatan dan kader PKK sebagai calon pendamping. Kegiatan pembentukan kelompok pendamping meliputi penunjukan calon pendamping, pemaparan materi dan demonstrasi cara pendataan ibu hamil, membangun komitmen bersama, evaluasi tahap awal serta evaluasi tahap akhir.

Hasil yang diperoleh adalah terbentuknya kelompok pendamping ibu hamil yang berkomitmen menjadi pendamping secara sukarela. Kelompok pendamping telah melakukan pendataan ibu hamil. Kendala yang ditemukan adalah pelaksanaan tidak sesuai jadwal, 31% calon pendamping tidak hadir saat pemaparan materi, tabel penolong yang masih memerlukan perbaikan, pendataan tidak lengkap, belum melaksanakan pendataan, serta kegiatan evaluasi tahap akhir yang belum terlaksana. Pendataan awal telah mampu mendeteksi faktor resiko.

Temuan di lapangan yang sesuai dengan kepustakaan adalah peran serta kader PKK dalam pendampingan ibu hamil. Sedangkan temuan yang tidak sesuai dengan kepustakaan adalah HPHT belum dikaji, trimester I tidak melakukan ANC dan hamil pada usia > 35 tahun. Kesimpulan dan saran adalah kelompok pendamping ibu hamil di Desa Karanggintung sudah mulai berjalan, namun diperlukan banyak perbaikan agar dapat berfungsi secara maksimal.


Keywords


pendamping ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. 2016. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta : Kemenkes dan JICA

Dinkes Prov Jateng. Upaya Penurunan AKI Melalui Program KKBPK. Semarang : disampaikan dalam rapat koordinasi daerah (rakorda) KB

Dinkes Prov Jateng. Selamatkan Ibu dan Anak melalui program 5 NG. www.dinkesjatengprov.go.id. Diakses 13 Juli 2017

Dinkes Prov Jateng. LIKES Jateng Resmi Diluncurkan. www.dinkesjatengprov.go.id. Diakses 13 Juli 2017




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v14i1.2935

Article Metrics

Abstract view : 963
Download PDF : 616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License