Ketepatan Penggunaan Singkatan Dan Simbol Pada Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Diagnosis Schizophrenia

Harjanti Janti

Abstract


Hasil penelitian pada formulir Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) bahwa terdapat simbol yang terdapat pada buku pedoman yaitu 10 simbol atau 93,41%. Selain itu dalam penggunaan singkatan yang tidak tepat ada 11, 75% dan yang tidak terdapat dalam buku pedoman ada 10, 41%.  Maka dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan dokumen rekam medis diagnosis schizophrenia. Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi ketepatan penggunaan simbol dan singkatan pada dokumen schizophrenia.. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan retrospectif. Populasi dalam penelitian yaitu Dokumen Rekam Medis Rawat Inap dengan Diagnosis Schizophrenia pada Tribulan III (Tiga) pada tahun 2017 sejumlah 163 Dokumen. Besar sampel yaitu 62 dokumen rekam medis dengan sampling sistematis. Instrumen penelitian checklist dengan metode observasi dan studi Dokumentasi. Tehnik pengolahan data dengan pengumpulan, edit, klasifikasi, tabulasi dan penyajian data. Analisis data yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil observasi dan studi dokumentasi bahwa singkatan yang tidak tepat 13%, tidak ada di buku pedoman ada 17%. Sedangkan simbol yang tidak ada dalam buku pedoman ada 83%. Buku simbol dan singkatan yang dimiliki RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta hanya 1 dan tidak diklasifikasikan menjadi simbol, singkatan dan tanda lainya yang boleh digunakan dan tidak boleh digunakan. Sebaiknya buku dipisahkan antara simbol dan singkatan yang boleh digunakan dan tidak boleh digunaikan. Selain itu dilaksanakan evaluasi dalam pelaksanaan penggunaan simbol dan singkatan serta buku yang digunakan karena masih ada beberapa simbol dan singkatan yang belum tercantum dalam buku.


Keywords


Simbol dan Singkatan, Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS)

Full Text:

PDF

References


Dorland WA Newman. 2010. Kamus Kedokteran Dorland. Jakarta : EGC.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. 2017. Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. Jakarta : Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Muthia & Ardian M. 2017. Tinjauan Petugas dalam Penggunaan Simbol dan Singkatan Medis Pada Berkas Rekam Medis Terkait Persiapan Akreditasi KARS Rumah Sakit H. Anna Lasmanah Banjarnegara Tahun 2017. [internet]. [Diunduh 2018 Maret 6]. Tersedia pada eprints.dinus.ac.id.

Munawaroh & Harjanti. 2018. Analisis Ketepatan Penggunaan Simbol dan Singkatan pada formulir Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT) di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta. Karanganyar: STIKes Mitra Husada Karanganyar [Karya Tulis Ilmiah]

Notoatmodjo S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika. Hal 91-92.

Nuryati. 2011. Terminologi Medis Pengenalan Istilah Medis. Yogyakarta : Quantum Sinergis Medis.

Sekar, R.A. 2014. Kepatuhan Penggunaan Simbol dan Singkatan Medis Dalam Berkas Rekam Medis Terkait Persiapan Akreditasi KARS Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. [internet]. [Diunduh 2017 November 26]. Tersedia pada http://etd.repository.ugm.ac.id/.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Hal 117-118.




DOI: https://doi.org/10.31983/jrmik.v2i1.3916

Article Metrics

Abstract view : 3112
Download PDF : 992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (p-ISSN: 2622-1863 e-ISSN: 2622-7614), is published by Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)76479188 Public Services : e-mail: jurnalrmik2018@gmail.com

Creative Commons License


Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

View My Stats