Efektivitas Terapi Aktivitas Kelompok Distraksi Halusinasi Pada Klien Dengan Halusinasi Auditori Di Rumah Pemulihan Efata Provinsi Jawa Tengah

Manzilina Hani, Christin Wibowo, Erna Agustina Yudiati

Abstract


Dampak halusinasi pendengaran dapat menyebabkan perubahan perilaku seperti perilaku agresif, bunuh diri, menarik diri dari lingkungan, atau menyakiti diri sendiri, maupun orang lain di lingkungan sekitar. Salah satu intervensi yang dapat diberikan kepada pasien halusinasi pendengaran ialah dengan terapi aktivitas kelompok (TAK) dengan memberikan edukasi kepada klien mengenai cara mengontrol halusinasi dengan Teknik distraksi. Metode penelitian pre-experiment dengan desain penelitian one group pre-test post-test with design. Subyek penelitian ini berjumlah tiga responden dengan kriteria inklusi halusinasi pendengaran di Rumah Pemulihan Efata Kabupaten Semarang. Untuk menguji efektifitas dilakukan menggunakan uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya terapi aktivitas kelompok (TAK) efektif meningkatkan kemampuan kognitif (p-value: 0,001) dan kemampuan psikomotor (p-value: 0,000) antara sebelum dan setelah dilakukannya intervensi pada setiap kliennya, maka dapat disimpulkan bahwa terapi aktivitas kelompok distraksi halusinasi efektif diberikan kepada klien dengan halusinasi pendengaran guna mengontrol halusinasi pendengaran yang muncul.


Keywords


halusinasi pendengaran ; TAK ; persepsi sensori

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, L. D., & Widiyanti, W. (2019). Distraction Techniques: Telling Stories To Decrease Pain For Preschool Children During Infusion. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 23–30. https://doi.org/10.7454/JKI.V22I1.887

Artifa, I. M., Wardani, I. Y., Nasution, N., Amalya, R., & Suryana, N. (2019). Efektivitas Melakukan Aktivitas Terjadwal: Mendengarkan Musik Dalam Menurunkan Gejala Halusinasi Pendengaran Pada Klien Skizofrenia = Effectiveness of Conducting Scheduled Activities: Listening to Music in Reducing the Risk of Auditory Hallucinations in Schizophrenic Clients [Universitas Indonesia]. https://lontar.ui.ac.id/detail?id=20496972

Ayu. 2010. Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Kemampuan Mengontrol Halusinasi.

Azizah, Lilik Ma’rifatul, dkk. 2016. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Indomedia Pustaka

Copel, Linda Carman. 2007. Buku Kesehatan Jiwa dan Psikiatri: Edisi 2. Jakarta (terjemahan) EGC.

Feri Fernandes (2019) Pengaruh tehnik distraksi menghardik dengan spiritual terhadap halusinasi pasien. Vol 11 No.3 September https://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/548

Halawa, Aristina. (2014) Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok: Stimulasi Persepsi Sesi 1-2 terhadap Kemampuan Mengontrol Halusinasi Pendengaran pada Pasien Skizofrenia di Ruang Flamboyan Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya.

Handayani, D., Sriati, A., & Widianti, E. (2017). Tingkat Kemandirian Pasien Mengontrol Halusinasi setelah Terapi Aktivitas Kelompok. JKP (Jurnal Keperawatan Padjajaran), 1(1), 56–62. https://doi.org/10.24198/JKP.V1N1.7

Hertati, Hertati. Wijoyo, Eriyono Budi. Nuraini, Nuraini. (2022). Pengaruh Pengendalian Halusinasi Teknik Distraksi Menghardik terhadap Penurunan Halusinasi Pendengaran: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia. Vol 5, No 2.

Keliat, B.A., Akemat. 2016. Keperawatan Jiwa: Terapi Aktivitas Kelompok. Jakarta: EGC.

Khamida, K., & Meilisa, M. (2016). TERAPI Aktivitas Kelompok (Tak) Stimulasi Persepsi Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.33086/JHS.V9I2.173

Kusumawati F dan Hartono Y. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Nurlaili, N., Nurdin, A. E., Putri, D. E., Arif, Y., Basmanelly, B., & Fernandes, F. (2019). Pengaruh tehnik distraksi menghardik dengan spiritual terhadap halusinasi pasien. Jurnal Keperawatan, 11(3), 177–190. https://doi.org/10.32583/KEPERAWATAN.V11I3.548

Purwaningsih dan Karlina. 2010. Asuhan Keperawatan Jiwa dilengkapi Terapi Modalitas dan Standard Operating Procedure (SOP). Yogyakarta: Nuha Medika

Riyadi, Sujono & Sukarmin. 2009. Asuhan Keperawatan Pada Anak, Yogyakarta-. Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutinah, & Mardiansyah. (2017). Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Stimulasi Persepsi Berpengaruh Terhadap Perawatan Kebersihan Diri Klien Skizofrenia. 6(2), 108–114.

Ulum, M. M., & Nugroho, S. (2017). Gambaran Pengetahuan Kader Kesehatan Jiwa Tentang TAK Stimulasi Persepsi Mengontrol Halusinasi Di Wilayah UPTD Puskesmas Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 4(3), 211–217. https://doi.org/10.26699/JNK.V4I3.ART.P211-217

Wardah, G. N., Purwanto, S., & Adhisty, K. (2019). Pengaruh Teknik Distraksi Audio terhadap Penurunan Skala Nyeri pada Proses Pemasangan Intravena Fluid Drip. Citra Delima, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.33862/CITRADELIMA.V3I2.75

Yosep, H. Iyus & Sutini, T. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa dan Advance Mental Health Nursing. Bandung: Refika Aditama

Yusuf, Ahmad Dkk. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v19i2.9847

Article Metrics

Abstract view : 291
Download PDF : 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License