KUESIONER PRA SKRINING PERKEMBANGAN (KPSP) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Aulia Ridla Fauzi, Neli Sunarni, Rosidah Solihah

Abstract


Keterlambatan perkembangan anak pada masa emas terjadi karena kurangnya stimulasi pada otak. Salah satu instrumen deteksi dini perkembangan pada anak adalah kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Pemantauan tersebut merupakan salah satu kewenangan Bidan. Selama ini, pengisian KPSP dilakukan secara konvensional dari lembaran formulir. Maka dari itu, diciptakan sebuah aplikasi KPSP berbasis android yang digunakan dalam proses pembelajaran mahasiswa. Tujuan penelitian ini merancang dan membangun format deteksi dini perkembangan (KPSP) berbasis android yang dipasang pada smartphone agar memudahkan mahasiswa dalam proses skrining. Desain penelitian ini adalah rancang bangun dengan pendekatan waterfall tahapan software development life cycle (SDLC) dan dianalisis menggunakan User Experiment Questionnaire (UEQ). Responden terdiri dari mahasiswa D3 Kebidanan semester 4 dan 6. Statistik data menunjukkan interpretasi seluruh komponen 50% hasil yang baik/memuaskan dan 25% lainnya tidak memuaskan. Empat komponen bernilai positif dari aplikasi KPSP diantaranya adalah daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan. Sedangkan komponen stimulasi dan kebaruan bernilai netral. Aplikasi KPSP perlu perbaikan pada aspek kebaruan, keterbatasan tampilan (user interface), isi, dan bahasa aplikasi ini perlu dimodifikasi agar lebih interaktif dan mutakhir sesuai dengan minat pengguna.

Keywords


Kuesioner Pra Skrining Perkembangan; Aplikasi Android;

Full Text:

PDF

References


Apriningrum, Nelly, Carudin Carudin, and Maria Alia Rahayu. 2018. “Rancang Bangun Aplikasi KPSP Berbasis Android Bagi Anak Balita Sampai Pra Sekolah Di Kabupaten Karawang.” Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN) 6(4):200. doi: 10.26418/justin.v6i4.27385.

Díaz-Oreiro, López, Quesada, and Guerrero. 2019. “Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review.” Proceedings 31(1):14. doi: 10.3390/proceedings2019031014.

Hanafi. 2017. “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan.” Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 4(2):129–50.

James P. Guevara, Marsha Gerdes, Russell Localio, Yuanshung V. Huang, Jennifer Pinto-Martin, Cynthia S. Minkovitz, Diane Hsu, Lara Kyriakou, Sofia Baglivo, Jane Kavanagh, Susmita Pati. 2013. “Effectiveness of Developmental Screening in an Urban Setting.” Pediatrics 131 (1)(30–37). doi: 10.1542/peds.2012-0765.

Kemenkes RI. 2014. Peraturan Kementerian Kesehatan RI Nomor 66 Tahun 2014.

Kemenkes RI. 2016. SURAT EDARAN NOMOR HK.03.03/V/0595/2016 TENTANG PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH.

Martin Schrepp, Andreas Hinderks, Jörg Thomaschewski. 2018. “User Experience Questionnaire (UEQ).” Retrieved (https://www.ueq-online.org/).

Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramdhani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Muisarif Jamaludin, Janner Simarmata. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Prodi D3 Kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis. 2019. Kurikulum Prodi D3 Kebidanan Tahun 2018. Ciamis.

Santoso, Harry B., Martin Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, Andika Yudha Utomo, and Bilih Priyogi. 2016. “Measuring User Experience of the Student-Centered E-Learning Environment.” Journal of Educators Online 13(1):1–79.

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun. Yogyakarta: IKAPI.

Schrepp, M.; Hinderks, A. & Thomaschewski, J. 2017. “Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal.” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence 4(4):40–44.

Schrepp, Martin; Hinderks, Andreas; Thomaschewski, Jörg. 2017. “Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S).” IJIMAI 4(6):103–108.

Windiyani, Winda, Sri Wahyuni Sundari, and Dewi Nurdianti. 2019. “Rancang Bangun Aplikasi Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK) Bagi Bidan Di Posyandu.” Jurnal Riset Kebidanan Indonesia 3(2):87–94. doi: 10.32536/jrki.v3i2.59.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v17i2.7663

Article Metrics

Abstract view : 1587
Download PDF : 737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License