PENATALAKSANAAN HIPERTENSI PADA ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Amalia Shabrina Fitri, Ayun Sriatmi, Nurhasmadiar Nandini

Abstract


Pandemi COVID−19 mengakibatkan capaian kinerja pelayanan kesehatan menurun, salah satunya adalah capaian pelayanan hipertensi. Puskesmas Mlati II merupakan puskesmas yang mengalami penurunan capaian pelayanan hipertensi secara drastis hingga 21,10%. Untuk menjaga kesinambungan upaya kesehatan, puskesmas melakukan adaptasi mekanisme pelayanan. Namun dalam pelaksanaanya puskesmas masih menghadapi banyak keterbatasan sehingga hasilnya belum optimal. Berdasarkan hal tersebut, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan hipertensi pada era adaptasi kebiasaan baru dengan menganalisis aspek input dan proses. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek input ditemukan kader belum memiliki pedoman pelaksanaan deteksi dini di masa adaptasi kebiasaan baru, kurangnya tenaga perawat dan jumlah thermo gun, tidak adanya media edukasi di puskesmas, dan penggunaan dana yang belum terserap dengan baik. Pada aspek proses menunjukkan bahwa deteksi dini pada era adaptasi kebiasaan baru terhambat karena pelaksanaan posbindu terhenti sementara, serta adanya ketakutan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan ke puskesmas. Pelayanan hipertensi yang dilakukan oleh puskesmas pada era adaptasi kebiasaan baru belum optimal dikarenakan masih adanya kendala pada aspek input dan proses.


Keywords


input, proses, pelayanan hipertensi, pandemi

Full Text:

PDF

References


Adiputra, P. A. T. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 pada Pelayanan Pasien Kanker di Rumah Sakit Tersier di Indonesia: Serial Kasus. JBN (Jurnal Bedah Nasional), 4(1), 29–33.

Agustina, S. (2019). Persepsi Sakit, Pengetahuan dan Kepuasan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 2(3), 274–285.

Andriani, R. M., Wahyuni, K. I., & Anindita, P. R. (2019). Pengaruh Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Pasien Hipertensi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anwar Medika. Journal Of Pharmacy Science and Technology, 2(1), 88–96.

Arsyati, A. M., & Chandra, V. K. (2020). Assesment Kesiapan Kader Posyandu dalam Pelatihan Penggunaan Media Online. Hearty Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 27–32.

Artiyaningrum, B., Azam, M., & Artikel, I. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Tidak Terkendali Pada Penderita Yang Melakukan Pemeriksaan Rutin. Public Health Perspective Journal, 1(1), 12–20.

Darnindro, N., & Sarwono, J. (2017). Prevalensi Ketidakpatuhan Kunjungan Kontrol pada Pasien Hipertensi yang Berobat di Rumah Sakit Rujukan Primer dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 4(3), 123–127.

Herawati, C., Yasinta, & Indragiri, S. (2021). Faktor Determinan Perilaku dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), 52–59.

Kemenkes RI. (2013). Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Umum Pos Pembinaa Terpadu Penyakit Tidak Menular.

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018.

Kurnianingsih, M. (2019). Efektivitas Penggunaan Kombinasi Media Audio Visual dan Booklet dibanding Media Booklet terhadap Pengetahuan Toilet Training pada Ibu yang Memiliki Balita. Smart Medical Journal, 2(1), 1–10.

Kusuma, Y. L. H., Puspitaningsih, D., & Kartiningrum, E. D. (2020). Penguatan Pengetahuan Kader Posbindu-PTM Rajawali Desa Sumbertebu Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19. Jurnal Abdimakes, 1(1), 22–31.

Nurfikri, A., Supriadi, & Aufa, B. Al. (2020). Evaluasi Pelayanan Posbindu Penyakit Tidak Menular di Wilayah Kerja Puskesmas Jagasatru Kota Cirebon Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 3(1), 15–20.

Nurwita, A., Wisdyana, Lestari, M. D., & Yuniarti, S. (2021). Posbindu Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di Wilayah Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Masyaraat Kesehatan, 2(1), 27–32.

Puspitaningtyas, A., Indarwati, & Kartikasari, D. (2014). Pelaksanaan Sistem Rujukan Di RSUD Banyudono. Gaster | Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(2), 25–36.

Rahmadani, A. N., Surjoputro, A., & Budiyanti, R. T. (2021). Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Penderita Diabetes Mellitus Di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 149–156.

Sinaga, E. J. (2016). Analisis Rendahnya Penyerapan Anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) Dan Pemerintah Daerah. Jurnal RECHTSVINDING: Media Pembinaan Hukum Nasional, 5(2), 261–274.

Susanti, N., Qodariah, Harnani, Y., & Rasyid, Z. (2017). Efektifitas Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Mengatur Pola Makan Lansia Penderita Hipertensi Di Puskesmas Serasan Kabupaten Natuna. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 7(2), 33–38.

Taufiqi, S. S. P., Jati, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2020). Analisis Pemanfaataan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Di Puskesmas Jetak Kabupaten Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 9–15.

Wardana, I. E., Sriatmi, A., & Kusumastuti, W. (2020). Analisis Proses Penatalaksanaan Hipertensi (Studi Kasus Di Puskesmas Purwoyoso Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 76–86.

Wulansari, T. (2015). Studi Deskriptif Implementasi Program Posyandu Lanjut Usia di RW IV Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(1), 1–9.

Zudi, M., Suryoputro, A., & Arso, S. P. (2021). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 165–179.




DOI: https://doi.org/10.31983/link.v17i2.6966

Article Metrics

Abstract view : 1071
Download PDF : 1850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LINK (ISSN: 1829-5754 e-ISSN: 2461-1077), dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Poltekkes Kemenkes Semarang, Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah 50268, Indonesia; Telp./Fax: (024)7460274

Public Services : 

 E-mail: link@poltekkes-smg.ac.id

View statistics

Creative Commons License LINK is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License